Boleh saya bertanya? Apa arti Car free Day bagi Anda? Apa maknanya? Tidak kah Anda heran mengapa Bogor, dan juga banyak kota lain di Indonesia mengadakan ajang tersebut?

Secara resmi, Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor diadakan untuk memberikan ruang dan waktu bagi warga sebuah kota agar bisa menikmati suasana tanpa polusi. Bagaimanapun, mencari ruang seperti itu di sebuah kota tidak lagi mudah. Kendaraan bermotor yang jumlah begitu banyak membuat kualitas udara semakin hari semakin menurun dan dipenuhi kandungan gas buang yang bersifat polutif.

Itu secara resmi.

Secara tidak resmi, arti dan makna Car Free Day akan banyak sekali. Sebanyak jumlah orang yang mau memikirkannya.

Bagi mereka yang hendak bepergian atau sedang terburu-buru hendak pergi, acara ini bisa bermakna “GANGGUAN”. Jalan yang ditutup dan tidak memperbolehkan kendaraan bermotor apapun untuk lewat bisa dipastikan akan menghambat kendaraan dan akhirnya menambah waktu perjalanan, yang seringnya sangat tidak menyenangkan.

Sebagian lagi berpendapat bahwa ajang ini adalah sebuah kesia-siaan. Polusi akan tetap ada dan jumlahnya tidak akan bisa dikurangi hanya dengan tidak memperkenankan kendaraan bermotor lewat, di satu titik dan di waktu tertentu. Tidak ada hasilnya.

Tidak sedikit pula yang berpikiran kalau Car Free Day adalah tempat dimana kesemrawutan dan ketidaktertiban ditolerir dan dibiarkan. Pedagang kaki lima dibiarkan beroperasi dan sampah sisa ajang ini biasanya akan berserakan dimana-mana.

apa arti car free day bagi anda 3

Yah, tidak salah.Semua hal itu memang ada di acara mingguan ini. Dimanapun, rasanya tidak berbeda dan akan ditemukan.

Meskipun demikian, ada baiknya kita tidak melupakan bahwa ada banyak sisi dalam segala sesuatunya. Manusia memang akan memilih sisi menurut apa yang menurutnya baik, dan terkadang sifat egois manusia membuatnya sering lupa akan adanya sisi-sisi lain.

Tidak semua orang sama.

Banyak orang yang memandangnya sebagai sebuah kesempatan untuk bercengkerama dengan orang-orang terkasih. Setelah sepanjang minggu bergulat dengan kegiatan mencari nafkah atau kesibukan lainnya, ajang ini sering dipakai sekedar untuk berjalan bersama istri, anak, dan mereka-mereka yang disayangi.

Tidak kalah banyaknya yang datang kesini hanya untuk menemani anak-anak mereka bermain. Kota Bogor tidak seberapa besar dan bisa dikata kekurangan tempat untuk bermain tanpa memikirkan kendaraan yang lewat. Car Free Day menyediakan tempat itu dimana kekhawatiran berkurang.

Bagi sebagian lagi, ajang ini adalah waktu “lembur”, seperti si Sarimin dan pawangnya. Kerumunan dan jumlah orang yang datang adalah lahan menjanjikan adanya pemasukan tambahan yang lebih dari hari biasanya. Uang yang akhirnya bisa membuat dapurnya ngebul.

bukan hari libur untuk Sarimin 03Ada juga yang memandang ajang ini sebagai sebuah pentas dimana mereka bisa mempertunjukkan kebolehannya dalam suatu bidang, baik seni, baik olahraga atau apapun lainnya.

Bisa jadi ada juga yang memandang ajang ini sebagai tempat dimana kemungkinan bertemu dengan “jodoh” terjadi. Who knows? Siapa bisa yang memastikan tidak terjadi?

Dan, masih ada banyak cara pandang lainnya. Tidak pernah ada yang namanya satu sisi tunggal.

Tidak akan ada yang namanya satu arti Car Free Day yang berlaku umum untuk semua, One for All. Tidak akan pernah ada itu. Masing-masing akan melihat dari sisinya.

apa arti car free day bagi anda 2
Foto : Arya Fatin Krisnansyah

Bila Anda merasa terganggu dengan adanya Car Free Day, mungkin yang harus Anda lakukan hanyalah sedikit berempati dan mencoba menempatkan diri pada mereka-mereka yang ada disana.

Disana ada kegembiraan, kebahagiaan, keakraban, dan harapan.

Mungkin bagi kita Hari Bebas Kendaraan Bermotor tidak penting, tetapi jika kita bisa menempatkan diri pada posisi para penjual makanan, pawang topeng monyet dan lainnya, ajang ini adalah sangat penting bagi kehidupannya.

Baik berada disana atau tidak, kita bisa belajar tentang banyak hal, salah satunya adalah berempati terhadap orang lain. Sulit memang karena terkadang keperluan dan kebutuhan kita terganggu, tetapi bukankah ajang itu memberikan kebahagiaan bagi banyak orang dengan cara yang sederhana?

Bagi saya sendiri, Car Free Day bisa berarti banyak, tergantung saya mau memandangnya sebagai apa. Sebagai seorang blogger, saya melihat acara ini sebagai sebuah sumber informasi dan ide bahan tulisan. Sebagai seorang penggemar fotografi, Car Free Day adalah sumber dan model bagi lensa kamera.

Buat saya, Car Free Day mewakili satu sisi kehidupan di kota ini.

Bagaimana dengan Anda? Apa arti dan makna Car Free Day bagi Anda?

 

7 COMMENTS

  1. di tempat saya gak ada car free day pak..

    namun sesekali saya rasa bagus, karena ada waktu dimana para pengguna jalan tanpa kendaraan lebih di utamakan, sekaligus refreshing di akhir pekan..

    • Adain dong bang.. bagus buat interaksi antar warga

  2. iya…sepertinya akan seperti itu… karena banyak moment unik yang bisa kita temui,,,asalkan kita rajin ikut car Free day…seperti yang ditunjukkan pada gambar 2 orang yang makan sambil duduk di samping gerobak…

    • Hahahahahaha…. itu ngambil fotonya ngumpet-ngumpet…

      • haha,,kalau terang- terangan mereka pasti minta bayaran,.,,,hehe.

  3. Car Free Day : hari dimana saya pasti sibuk, mencari gambar 2 unik dan menarik untuk dijadikan bahan tulisan di blog, tidak peduli belum mandi atau keringat yang mengucur di leher.

    disaat orang2 bersenang – senang dengan makanan atau olahraga, maka saya juga bersenang – senang dengan hasil fhoto yang saya peroleh.

    ditempat saya juga ada Car Free Day…Pak, setiap hari minggu pagi.

    • Hahahahaha… percayalah, Kang Nata nantinya pasti sering bolak balik ke Car Free Day.

      Tempat yang bagus untuk berburu foto

LEAVE A REPLY