Harus diakui usaha dari Pemerintah Kota Bogor untuk menampung aspirasi dari warganya masuk kategori sangat bagus. Berbagai cara dilakukan untuk memberikan kemudahan siapapun untuk menyampaikan aspirasinya , mulai dari SMS center dan masih banyak lainnya.

Yang terbaru, dan adalah aplikasi BISA atau Bogor Integrated System of Aspiration atau dalam bahasa Indonesianya, Sistem Aspirasi Terintegrasi Bogor. Bentukanya adalah aplikasi yang bisa diinstall ke perangkat Android.

Informasi itu disampaikan oleh Bogor Open Data, salah satu unit Pemda Kota Bogor yang berkaitan dengan transparansi data di organisasi pemerintahan Kota Bogor.

bogorian yang punya keluhan seputar kota bogor bisa langsung download aplikasi “Bisa” di Playstore cc @PemkotaBogor pic.twitter.com/JrFL8DfEfT

Hal ini tentunya akan semakin mempermudah warga Bogor yang kebanyakan menggunakan Android untuk bisa langsung menyampaikan keluhannya di masa datang.

Sebuah hal yang sangat patut diapresiasi karena saluran untuk warga berpendapat, dan mengajukan keluhan, semakin banyak.

Cara Mengaktifkan Aplikasi BISA di Smartphone

Tidak susah. Sangat mudah bahkan. Sama halnya dengan menginstall aplikasi lainnya di Android.

  • Masukkan/Klik PLAYSTORE di perangkat Android Anda
  • Masukkan kata kunci di kolom Search/Cari : BISA BOGOR akan tampil aplikasi ini
  • Install
  • Kalau sudah terinstall jalankan
  • Anda akan diminta untuk mendaftar dan mengisi form yang terdiri dari Nama Depan, Nama Belakang, Alamat Email, lalu password. Itu saja. Sebenarnya juga bisa masuk dengan menggunakan akun Facebook, tetapi saya lebih suka membuat akun di BISA
  • Selesai

cara mendaftar di aplikasi bisaHanya itu saja. Setelahnya Anda akan dibawa masuk ke “ruang” percakapan yang sudah ada.

Bentuknya seperti di bawah ini.

Aplikasi BISA Untuk Yang Hendak Mengajukan Keluhan Seputar Kota BogorMemang sepertinya baru saja diluncurkan, dan seperti biasa akan membutuhkan waktu untuk trial and error, alias uji coba. Meskipun demikian, kehadiran aplikasi BISA ini jelas sebuah hal yang sangat baik.

Keluhan dan aspirasi warga bisa langsung disampaikan secara real time karena smartphone Android itu adalah sesuatu yang umum.

Jadi kawan, kalau memang ada sesuatu yang berhubungan dengan Kota Bogor yang kurang berkenan, foto saja, kemudian pergunakan aplikasi BISA untuk menyampaikannya ke Pemda Kota Bogor.

LEAVE A REPLY