Atraksi Gajah Di Taman Safari Bogor

Atraksi gajah di Taman Safari Bogor adalah salah satu daya tarik dari Taman Safari pertama di Indonesia yang didirikan tahun 1980 ini.

Bukan hanya karena keterampilan yang dipertunjukkan hewan-hewan raksasa tersebut, atraksi ini memberikan reminder atau pengingat kepada penontonnya.

Seperti apakah atraksi gajah di Taman Safari Bogor?

Mungkin yang terbayang dalam pikiran mereka yang belum pernah menyaksikan, pertunjukan gajah ini hanya seperti dalam sirkus.

Dalam sirkus, biasanya hewan seberat antara 3000-6000 kilogram ini akan diminta untuk menekuk kaki, berdiri di atas kaki belakang, bermain dengan belalai sebelum akhirnya diberi kacang.

Atraksi Gajah DI Taman Safari BogorNah, di Taman Safari Cisarua Bogor, memang sebagian atraksinya juga memakai tehnik-tehnik tersebut.

Bedanya, dalam atraksi gajah disini, ada tema dan jalan ceritanya. Bisa dikata pertunjukan ini lebih tepat disebut sebuah sandiwara.

Para gajah tidak sekedar melakukan gerakan-gerakan sendiri-sendiri. Mereka bergabung dengan para pawang dan staff Taman Safari Bogor untuk menjalankan peran.

Tentu saja, gajah-gajah ini berperan sebagai dirinya sendiri, yaitu gajah. Sementara, pemeran manusia ada yang berperan sebagai petani, pemburu dan lainnya.

Atraksi gajah di Taman Safari BogorTema yang dibawakan adalah mengenai kelestarian lingkungan terutama yang berkaitan dengan kelestarian habitat gajah. Seperti diketahui, habitat asli gajah Sumatera, spesies yang beraksi di panggung Taman Safari ini, berada dalam ancaman. Tema inilah yang dijadikan dasar sandiwara gajah di Taman Safari Bogor ini.

Nah, sandiwara ini menggambarkan bagaimana lingkungan dimana para gajah tinggal mulai dirambah oleh manusia. Petani membabat hutan untuk sawah dan ladang. Pemburu mengejar para gajah dengan senapannya.

Keterampilan para gajah terlihat disini. Ketika suara tembakan (lewat pengeras suara) terdengar, maka pemeran gajah yang tertembak akan pura-pura jatuh dan mati.

Atraksi Gajah Taman Safari BogorJalan cerita sandiwara ini cukup singkat yang diakhiri dengan amukan para gajah. Mereka merusak pemukiman penduduk dan mengejar sang pemburu.

Hingga akhirnya sang pemburu tertangkap.

Pesan Moral Dalam Atraksi Gajah Di Taman Safari

Meskipun atraksi gajah ini sederhana, terselip sebuah pesan moral yang ingin disampaikan pada penontonnya.

Jagalah kelestarian lingkungan. Lindungilah kami, para gajah.

Atraksi Gajah Di Taman Safari BogorManusia harus menyadari bahwa gajah adalah hewan yang semakin langka karena perburuan dan rusaknya habitat dimana mereka tinggal. Ulah manusialah yang menyebabkan semua itu.

Pesan itulah yang terselip dalam atraksi gajah di panggung utama Taman Safari Cisarua Bogor ini.

——

Sandiwara gajah ini merupakan sesuatu yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Taman Safari Cisarua Bogor.

Selain karena kemasannya sendiri menarik dan tidak monoton, tentu saja, saya yakin Anda ingin anak-anak belajar tentang pentingnya menjaga lingkungan dan alam.

Bukan begitu, kawan Lovely Bogor?

LEAVE A REPLY