Lovely Bogor LogoMaaf, Kawan Pembaca Lovely Bogor. Bukan saya mau komplen atau mengeluh, hanya heran bin bingung saja.

Sepertinya, kebiasaan “malas” benar-benar menghinggapi banyak orang Indonesia yah. Bahkan untuk sekedar membaca dengan teliti sebuah artikel dalam mencari informasi saja kok tidak dilakukan.

Begini ceritanya.

Rasanya sudah cukup banyak juga pertanyaan yang diajukan via kolom komentar berbagai artikel di Lovely Bogor yang mencerminkan hal seperti itu, seperti contohnya :

Pak, tolong informasinya tentang jam keberangkatan paling awal dan paling akhir Bus Damri Bogor Soetta” (ada di tulisan Jadwal Bus Damri Bogor – Bandara Soetta)

Halah!

Kenapa saya nyeletuk seperti itu? Yah, karena komentar itu ditulis di sebuah tulisan dimana informasi yang dicari tersedia. Padahal di artikel itu, jadwal bus sudah tersedia lengkap, mulai yang keberangkatan terpagi hingga yang termalam.

Kok masih ditanyakan? Yang menulis komentar sebenarnya hanya perlu melihat sendiri jadwalnya dan menemukan informasi yang dicari.

Ia akan menemukannya. Tetapi, ia pilih bertanya. Yang berarti ia tidak membaca dengan teliti jadwal tersebut dan lebih suka bertanya karena “malas” menelusuri data yang ada.

Ini hanya satu contoh saja dari lumayan banyak pertanyaan sejenis.

Bukan saya malas membalas komentar, tetapi bingung saja kenapa untuk kepentingan sendiri saja malas untuk mencari tahu. Sudah tersedia saja kok malas mencarinya sendiri.

Biasanya saya hanya membalas dengan “silakan baca di artikel di atas”. itu saja. Bukan karena merasa bete, tetapi karena saya merasa itu jawaban terbaik.

Informasinya sudah tersedia dan tinggal dibaca saja. Hal yang sebenarnya tidak menyusahkan sama sekali dan lebih susah mengumpulkan informasinya dibandingkan membacanya dengan teliti.

Kalau untuk sekedar membaca saja malas, ya hopeless deh. Tidak bisa ngomong apa-apa.

Jadi, kawan pembaca. Kalau Anda menanyakan sesuatu dan kemudian jawaban saya seperti itu, jangan pernah berpikir saya tidak mau membantu. Cobalah baca sekali lagi tulisan yang ada, karena kemungkinan besar memang sudah ada disana. Tidak bayar kok. Gratis.

 

LEAVE A REPLY