Bangunan Ramah Lingkungan - Kampus IPB Dramaga 01

Tak hanya terkenal sebagai kota hujan, Bogor kini juga ternyata semakin dikenal sebagai kota dengan jumlah bangunan ramah lingkungan yang terus bertambah di Indonesia.

Menurut sebuah laporan, Bogor pun kini sudah termasuk ke dalam 4 kota dengan bangunan ramah lingkungan paling banyak.

Bangunan-bangunan tersebut digagas keberadaannya oleh pemerintah dan menyebar merata di seluruh area, misalnya di wilayah wisata seperti Suryakencana. Selain itu, ada bangunan apa lagi yang termasuk ke dalam bangunan ramah lingkungan di Bogor?

Berikut beberapa ulasannya.

Kampus IPB Dramaga

Tahun 2015, kampus ini menduduki posisi ke 36 dalam ranking UI Greenmetric dengan total skor 6130.

Kampus ini juga menggunakan panel surya dan sudah dengan disiplin memisahkan sampah organik dengan sampah anorganik. Pohon-pohon pun banyak ditanam di sini, tentu semakin menambah kesejukan dan keasrian lingkungan kampus.

SMA-SMAK Bogor (Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor)

Sekolah yang sangat terkenal karena kualitas siswa juga lulusannya ini pernah menerima Penghargaan Adiwiyata Mandiri tahun 2015 lalu.

Dalam penilaian Adiwiyata sendiri ada 4 indikator yang dipertimbangkan yaitu: Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan, Pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan, Pengembangan Kegiatan Berbasis Partisipatif serta Pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah.

Sekolah ini bahkan juga memasukkan pemasangan Mini Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) paling lambat 30 Juni 2016 pada sasaran mutu tahun pelajaran 2015/2016.

Pabrik Indocement

Produsen semen ini baru saja meresmikan pabrik barunya, yaitu plant-14 bulan Oktober lalu.

Pabrik ini terletak di area Citeureup Bogor dan diklaim sangat ramah lingkungan karena memiliki penangkap debu serta cooler gas berstandar internasional. Jadi tidak hanya mementingkan bisnis saja, dampak terhadap lingkungan pun menjadi prioritas utama.

——–

(Catatan : artikel ini merupakan kontribusi dari Lamudi Indonesia).

LEAVE A REPLY