Belati Spanyol di Taman Meksiko Kebun Raya Bogor
Belati Spanyol di Taman Meksiko Kebun Raya Bogor

Belati Spanyol, atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai Spanish Dagger, adalah salah satu pemandangan menarik yang ada di Taman Meksiko, Kebun Raya Bogor.

Bentuknya terlihat kurus, langsing tetapi juga sekaligus kaku dan terkesan berbahaya. Mirip sekali dengan kata “belati” yang diberikan kepada tanaman ini.

Tanaman yang juga dikenal sebagai Bayonet Spanyol (Spanish Bayonet) memiliki nama ilmiah Yucca Gloriosa. Habitat asli si langsing ini berasal dari benua Amrika Bagian Utara, terutama di kawasan Tenggara Amerika yang memiliki banyak kawasan kering.

Belati Spanyol meskipun pendek pada usia muda dapat tumbuh melebihi 5 M. Biasanya bila sudah mencapai ketinggian tersebut, bentuk si Bayonet Spanyol menjadi seperti bunga pete besar.

Bagian batangnya menjulur tinggi dan terkadang bercabang. Sementara daunnya yang seperti pisau belati itu akan berada di bagian paling atas.

Tanaman Belati Spanyol
Tanaman Belati Spanyol di Taman Meksiko

Daunnya dapat mencapai panjang lebih dari 50 centimeter dengan lebar antar 2-3.5 centimeter. Daun tersebut juga kaku dan cukup keras hingga disebutkan bisa merobek kulit tidak bedanya dengan sebuah bayonet.

Tanaman ini banyak ditemukan di kawasan subtropis tetapi kering. Untuk tumbuh Belati Spanyol hanya memerlukan air tidak terlalu banyak.

Belati Spanyol terkenal sangat tahan terhadap suhu. Flora berdaun kaku ini dapat bertahan hidup bahkan bila temperatur mencapai 20 derajat Celcius di bawah nol.

Bunga Belati Spanyol
Bunga Belati Spanyol

Meskipun terlihat sangat kaku, Yucca Gloriosa memiliki bunga putih yang cantik. Ukurannya kecil dan bergerombol seperti lebah.

Si Belati Spanyol ini merupakan salah satu spesies yang paling menonjol di Taman Meksiko, Kebun Raya Bogor. Bentuknya yang menjulang tinggi dengan daun yang seperti mengarah ke berbagai penjuru terlihat seperti bulu landak.

(Baca juga : Taman Meksiko – Gurun Di Lebatnya Hutan)

Hanya sama persis dengan bulu landak yang runcing, berhati-hatilah ketika berada di dekat si Yucca ini. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, daunnya cukup tajam untuk menimbulkan luka pada kulit.

Jadi ketika hendak berfoto dengan sang belati, berilah jarak yang cukup agar tidak melukainya.

Ok. Selamat menikmati sang Yucca Gloriosa

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY