Bika Bogor Talubi

Bika Bogor Talubi – Pergi ke Bogor tidak membawa oleh-oleh berbau “talas” sering terasa tidak afdol bagi banyak wisatawan. Rasanya tidak salah kalau perasaan itu timbul karena Bogor memang memiliki julukan Kota Talas selain Kota Hujan.

Masalahnya, selain penjual talas Bogor juga semakin sedikit, oleh-oleh khas Kota Hujan lainnya, Lapis Bogor juga sulit didapat. Meskipun pemilik bolu berbahan tepung talas ini sudah menambah produksi berkali lipat, tetap saja peminatnya melebihi suplainya.  Padahal sudah ada beberapa merek selain Sangkuriang, seperti Golden France atau Kaya Bakery.

Jadi haruskah pulang dengan tangan kosong? Tentunya juga jangan sampai hal itu terjadi. Keluarga di rumah atau teman-teman tentunya sudah menanti oleh-oleh khas Bogor.

Lalu?

Jangan khawatir. Orang Bogor kalau soal kuliner atau makanan, kreatifitasnya sangat tinggi. Ada cukup banyak pilihan lain yang sebenarnya tidak kalah menariknya. Mungkin hanya karena baru muncul nama mereka kurang terkenal, tetapi kalau dalam hal rasa dan kekhasannya tidak kalah dari yang sudah lebih dulu hadir.

Bagaimana kalau Lapis Bogornya diganti dengan bika? Bukan bika Ambon atau Bika Medan yang sudah terkenal itu. Yang ini Bika Bogor.

Bentuknya mirip dan tentu saja rasanya tidak kalah enak dengan bika-bika khas daerah lain. Yang membuatnya istimewa adalah karena kue bika ini adalah khas Bogor, maka ada bahannya yang memang berciri Kota Hujan, TALAS!

YAP. Bika Bogor Talubi namanya. Bahan dasarnya tepung sagu dan talas. Mirip dengan lapis Bogor. Nama ini memang belum lama muncul ke permukaan, tetapi sedikit demi sedikit akan segera bergabung dengan Lapis Bogor sebagai oleh-oleh khas kota dimana saya tinggal ini.

Bika Bogor Talubi

Soal bentuk dan teksturnya, mungkin tidak akan ada yang menyangka kalau kue ini terbuat dari talas. Kenyalnya sama. Manisnya juga tidak berbeda.

Variasi rasanya juga beragam karena paling tidak tersedia rasa cocopandan, nangka, ubi madu dan beberapa rasa lainnya.

Ukurannya pun ada 2. Yang satu berupa lempengan yang bisa dipotong, yang satunya lagi ukuran mini untuk satu orang. Rasanya tidak berbeda, hanya bentuknya saja yang berbeda.

Produk lain Bika Bogor Talubi

Tetapi kalau fanatik terhadap Lapis Bogor, bisa juga membeli Lapis Talubi. Bahannya sama dengan lapis talas lainnya, hanya berbeda merek saja.

Penampilannya juga mirip dan tersedia beberapa rasa. Bisa jadi pilihan kalau memang harus membawa lapis Bogor.

Harga Bika Bogor

Harganya berada pada kisaran yang sama antar Rp. 30 ribu hingga 40 ribu untuk bika seukuran lapis bogor. Tergantung variasi rasa juga.

Gerai Bika Bogor Talubi

Gerainya ada dua. Yang satu berada di jalan Pajajaran No 20 M (0251-8249136). Yang satu lagi di Jalan Soleh Iskandar dan letaknya bersebelahan dengan gerai lapis Bogor Sangkuriang yang baru. Jadi kalau kehabisan Lapis Bogor, Anda bisa langsun pesan Bika Bogor Talubi.

Bika Bogor Talubi

Kalau mau ke gerainya yang di jalan Soleh Iskandar, bisa ikuti panduan arah yang sudah ditulis di artikel tentang Lapis Bogor di Kaya Bakery. Lokasinya tidak jauh dari Universitas Ibn Khaldun.

Kalau mau pesan dulu juga boleh. Saya sudah cantumkan no telponnya untuk yang di jalan Pajajaran. Untuk yang di Jalan Soleh Iskandar, foto di atas sudah menyebutkannya.

Nah, jangan pusing untuk bawa oleh-oleh kue atau bolu berbahan talas. Sudah banyak yang menyediakan berbagai jenis wajah modern si talas Bogor (Colocasia Esculenta) sekarang.