Home Informasi Cara Menuju Bekasi Dari Bogor Dengan Commuter Line

Cara Menuju Bekasi Dari Bogor Dengan Commuter Line

Cara Menuju Bekasi Dari Bogor Dengan Commuter Line

Cara menuju Bekasi dari Bogor dengan Commuter Line bukanlah hal yang sulit. Yang terpenting adalah mengetahui dimana harus transit dan kemudian menggunakan CL jurusan Bekasi. Itu saja.

Tetapi itu kata saya. Seorang veteran pengguna jasa KRL (Kereta Rel Listrik) atau Commuter Line yang sudah menjalani kehidupan berkereta selama hampir 30 tahun. Jadi, tidak adil kalau orang lain harus berpandangan sama dengan saya.

Apalagi banyak sekali perubahan pada kereta komuter di Indonesia, dan tentunya menghadirkan banyak kebingungan bagi mereka yang belum pernah atau hanya sesekali saja menggunakan jasa si ulat besi ini.

Nah untuk itu, mungkin sharing ini akan membantu bagi mereka yang ingin pergi ke Bekasi dari Bogor (atau Cilebut, Bojonggede, Citayam, Depok, hingga Manggarai) dengan menggunakan Commuter Line.

Percayalah, sangat mudah kok (maksa yah?)

Cara Menuju Bekas dari Bogor Dengan Commuter Line

1) Beli tiket

Dari Bogor tidak ada Commuter Line langsung yang ke arah Bekasi. Untuk mencapai kota di sebelah Timur Jakarta ini, penumpang harus melakukan transit di salah satu stasiun transit, seperti Manggarai dan Jatinegara.

Tetapi, saat membeli tiket, tidak perlu membeli dua kali. Cukup beli langsung THB (Tiket Harian Berjaminan) langsung tujuan Bekasi.

Harap ingat ini, beli langsung tiket menuju Bekasi. Kalau tidak Anda akan terpaksa keluar di stasiun transit dan membeli lagi tiket ke Bekasi atau memakai Fare Adjustment Machine (atau mesin penyesuai tarif) yang bisa dipergunakan untuk mengisi saldo THB dari dalam stasiun.

2) Lakukan Tap In dan masuk ke dalam stasiun

Tahukan kalau sekarang masuk stasiun Commuter Line dimanapun harus menempelkan tiket ke gate masuk supaya pintu terbuka.

Kalau kurang jelas caranya atau menghadapi masalah, jangan ragu untuk meminta bantuan petugas. Biasanya akan ada 1-3 orang yang berada di dekat gerbang elektronik.

Cara Menuju Bekasi Dari Bogor Dengan Commuter Line 2

Nah, ada dua opsi yang bisa Anda pilih untuk menuju ke Bekasi. Keduanya akan memakai stasiun transit dan jurusan CL yang berbeda. Jadi harap perhatikan dengan baik pengumuman yang biasanya disebarkan melalui pengeras suara.

3) Opsi A : Stasiun Transit – Manggarai

a) Anda bisa mempergunakan Commuter Line jurusan manapun dari arah Bogor. Ada dua jurusan keberangkatan, yaitu Stasiun Kota atau Duri/Angke/Jatinegara

b) Naik saja yang manapun dan kemudian turun di Stasiun Manggarai.. Biasanya kereta dari arah Bogor akan masuk di peron 4-6, walau kadang juga di peron 3

Perhatikan ada dua kereta jurusanĀ  Bekasi yang bisa dipergunakan dari Manggarai (C1 dan C2)

c1) Kemudian, dengarkan pengumuman kereta yang ke arah Bekasi dari arah Stasiun Kota, biasanya akan masuk di jalur 3-4. Tidak ada CL ke Bekasi dari arah Tanah Abang, dan hanya dari Stasiun Jakarta Kota saja adanya

c2) Bisa juga naik kereta dari arah Stasiun Jakarta Kota ke Cikarang karena akan melewati Stasiun Bekasi juga.

d) Naik ke kereta dan silakan duduk (kalau kebagian tempat duduk) atau berdiri manis. Stasiun Bekasi akan berada di ujung perjalanan. Kalau Anda naik yang ke arah Cikarang, perhatikan pengumuman dari announcer di dalam kereta untuk memastikan Anda tidak terbawa ke Cikarang.

4) Opsi B : Stasiun Transit – Jatinegara

Nah, opsi yang ini berbeda dan hanya bisa dilakukan menggunakan Commuter Line jurusan Jatinegara.

a) Naik CL jurusan Jatinegara dan kemudian turun di stasiun paling ujung relasi ini

b) Tunggu CL dari arah Manggarai ke arah Cikarang atau Bekasi

c) Selanjutnya sama dengan opsi A

Kalau saya sendiri lebih suka memilih opsi A karena lebih ringkas. Kalau melalui Opsi B, perjalanan kereta harus melingkar ke banyak stasiun dulu dan lebih memakan waktu. Tetapi, kalau memang Anda tidak berkeberatan, opsi B juga bisa membawa Anda sampai ke Bekasi.

Lama perjalanan akan tergantung pada ketersediaan kereta di stasiun Transit. Tetapi, kira-kira akan memakan waktu kurang lebih 1 1/2 -2 jam.

Itulah cara menuju Bekasi dari Stasiun Bogor dengan Commuter Line.

Benar-benar mudah kan?

LEAVE A REPLY