Eco Art Park Sentul Bogor

Optimus Prime? Sang pemimpin Autobot dalam film Transformers hadir di Bogor? Yak! Betul sekali. Penampakannya terlihat di Eco Art Park, Sentul City, Kabupaten Bogor.

Memang sih, walau saya berulang kali mengajak ia bicara, sama sekali tidak ada jawaban dari sosok yang perkasa ini. Ditunggu dan ditunggu, ia juga tidak bisa berubah menjadi truk besar.

Mungkin kah karena tidak tercium bau Decepticon?

Tidak mungkin karena semua juga tahu Transformer adalah sebuah film yang dibuat dengan bantuan komputer animasi canggih. Sementara sosok seperti Optimus Prime di Eco Art Park sendiri hanya terbuat dari spare part mobil bekas saja. Jadi tidak mungkinlah sosok tersebut bisa melakukan aksi seperti apa yang dilakukan sang tokoh yang biasa bilang “I am Prime, Optimus Prime”.

Eco Art Park, Sentul City

Eco Art Park Sentul BogorSosok Optimus Prime (saya sebut demikian yah walau ada sedikit beda) hanyalah satu dari beberapa patung menarik yang ada di sebuah taman kecil bernama Eco Art Park tersebut. Ada beberapa patung lain yang tidak kalah menariknya.

Eco Art park Sentul adalah sebuah taman yang dikembangkan dalam kompleks perumahan Sentul City. Sebagai sebuah perumahan yang dikembangkan dengan konsep ramah lingkungan, kehadiran sebuah Ruang Terbuka Hijau menjadi sebuah keharusan dan hal itu diwujudkan dengan adanya taman ini.

Taman ini tidak seberapa luas, kalau diperkirakan hanya sekitar 500 meter persegi saja. Lokasinya tepat berada di pinggir aliran sungai Cikeas dan diapit oleh Bellanova Mall dan tempat wisata terkenal Bogor, Ah Poong.

Eco Art Park sendiri kalai diterjemahkan bisa diartikan sebagai Taman Seni Dan Ekologi. Ekologi, sebuah istilah yang terkait dengan konsep ramah lingkungan dan Art, atau Seni yang dicerminkan pada keberadaan beberapa patung menarik di dalamnya.

Taman ini sebenarnya terbagi dalam dua bagian, meski mungkin pengunjung  tidak menyadari pemisahannya.

Science Garden atau Taman Ilmu Pengetahuan.

Di bagian yang ini terdapat beberapa hal yang membuat Eco Art Park juga memiliki nilai edukatif terhadap pengunjungnya.

Salah satu hal yang mencerminakn bagian ini adalah parabola aktif. Bentuknya hanya dua buah parabola berwarna-warni yang dipisahkan oleh jarak sekitar 15 meter.

Coba Anda berdiri di salah satu sisi dan rekan Anda berdiri di parabola satunya. Lalu ucapkan beberapa kata di dekat parabola itu. Tidak usah berteriak, bicara saja secara normal.

 

Eco Art Park Sentul Bogor Eco Art Park Sentul Bogor

Meskipun, rekan Anda tidak akan bisa mendengar langsung, tetapi kalau ia berada di dekat parabola disisi lain, maka suara Anda akan terdengar olehnya.

Sculpture Garden atau Taman Patung

Nah, ini bagian dari Eco Art Park yang paling membuat suasana menjadi berbeda dengan kebanyakan taman lainnya. Kehadiran beberapa patung berukuran besar dengan bentuk yang unik dan berseni mau tidak mau membuat perhatian kita tertuju pada sosok-sosok ini.

Ada tiga patung menarik disini.

 

Optimus Prime

 

Patung Optimus Prime di Eco Art Park SentulEntah apa nama asli patung ini. Agak beda dengan yang ada di film, patung Optimus Prime yang disini seperti ada kumisnya. Tapi kreatifitas dan imajinasi pembuatnya mau tidak mau harus diacungi jempol.

Berbagai spare part mobil tak terpakai bisa dibentuk menjadi sebuah patung yang sangat menarik.

Tingginya mencapai 5-6 meter membuat kita terasa kecil berada di dekatnya.

 

Patung Pesumo

PAtung Pesumo Eco Art Park Sentul BogorLagi-lagi, tidak ada nama patungnya. Hanya saya menyebutkannya dengan patung pesumo. Wajahnya, ukuran dan bentuk badannya mengingatkan pada atlet olahraga asal Jepang tersebut.

(Walau wajahnya mengingatkan pada patung Budha Gautama yang selalu tersenyum)

Eco Art Park SentulKeren.

Aslinya patung ini menggambarkan pria dalam keadaan tanpa pakian, tetapi dengan alasan kesusilaan, patung ini sekarang sudah memakai baju.

Denagn motif kotak-kotak pula. Justru membuatnya tambah lebih menarik dan mirip pesumo yang hendak bertanding.

 

Patung Penyayang Hewan

Ecor Art Park Sentul Bogor

Berkepala botak, berbadan gemuk, gempal sama dengan Patung Pesumo. Tangannya sedang berada tepat di mulut seekor kuda seperti sedang memberi makan. Kemudian sosok seekor burung sedang duduk di bagian belakang kudanya.

Benar-benar seperti seorang penyayang binatang.

Sentil Eco Art Park BogorUkurannya pun tidak kalah besar dengan patung pesumo walau lebih kecil dibandingkan si Optimus Prime berkumis.

Mungkin sang pembuat patung ingin mengingatkan pada kita semua agar juga bisa menyayangi hewan. Toh mereka juga ciptaan Tuhan.

Lagipula, ramah terhadap lingkungan pun juga berarti kita harus memelihara hewan, bukan begitu kawan?

Eco Art PArk Sentul Bogor

Eco Art Park memang tidak besar. Tetapi, tempat ini bisa memberikan sebuah suasana lain bagi pengunjungnya. Apalagi bila ditambah dengan suasana hijau dan pemandangan Sungai Cikeas, maka tidak salah lokasi ini menjadi salah satu tempat favorit.

Kalau lapar pun bukanlah sebuah masalah. Taman ini diapit oleh Ah Poong, pasar apung (akan ditulis dalam tulisan terpisah nanti) dan juga Rumah Makan Mang Kabayan. Juga tersedia gerai J. Co di salah satu sudutnya dengan teras kecil. Jadi sambil mengisi perut, bisa menyegarkan mata dengan pemandangannya.

 

Cara Menuju Eco Art Park Sentul

Tidak susah sebenarnya.

Dengan Kendaraan Pribadi (Mobil)

Eco Art Park Sentul BogorYang termudah adalah melalui Jalan Tol Jagorawi dan keluar di gerbang Tol Sentul Selatan. Sekeluar dari gerbang tol, maka di hadapan Anda akan ada Bellanova Mall.

Berbeloklah ke kiri dan lurus hingga Anda menemukan putaran. Berbeloklah ke kanan. Akan terlihat tulisan Ah Poong dan ikuti saja arah itu.

Anda akan menemukan Mesjid Andalusia di sebelah kiri dan hanya sekitar 20-30 meter saja, di sebelah kanan akan terlihat tulisan Eco Art Park. Harus memutar sedikit di depan dan parkir kendaraan Anda di Ah Poong.

Dari arah Bogor, pergunakan Jalan Tol Lingkar Luar Bogor dan sekeluar dari gerbang tol lurus saja hingga menemukan Bellanova Mall dan putaran seperti di atas.

Dengan Angkutan Umum

Eco Art Park Sentul Kabupaten BogorKalau dari Stasiun Bogor, pergunakan angkot 03 Merah dan berhenti di Botani Square. Berjalan sedikit ke halte Trans Pakuan di Jalan Cidangiang.

Ambil Trayek yang menuju Bellanova Mall. Trans Pakuan trayek ini akan masuk ke area mall tersebut. Setelah itu berjalanlah sedikit ke arah mesji Andalusia dan kemudian berbelok ke kanan.

Tidak jauh.

Kalau dari Terminal Baranangsiang, berjalanlah ke arah pintu masuk terminal dan kemudian menyeberang (pakai Jembatan Penyeberangan Orang ya!) untuk menuju Jalan Cidangiang/Halte Trans Pakuan. Selebihnya sama.

SELAMAT BERTEMU OPTIMUS PRIME BERKUMIS!

LEAVE A REPLY