fOTO-FOTO INI TIDAK BISA DIHASILKAN DENGAN KAMERA DEPAN SMARTPHONE

Coba sendiri kalau Anda tidak percaya. Sudah pasti foto-foto keindahan alam di Bogor ini tidak akan bisa dihasilkan menggunakan kamera depan smartphone.

Foto-foto betapa moleknya danau Borcess, yang terletak di kawasan Salabenda, Kabupaten Bogor tidak akan pernah bisa dihasilkan oleh seseorang yang terbiasa dan terlalu tergila-gila menggunakan kamera depan dan bukan kamera smartphone miliknya.

Sudah pasti itu.

Keindahan Danau Borcess 5

Bukan hanya karena si pemotret tidak bisa melihat fokus dan posisinya saat menggunakan kamera depan smartphonenya, tetapi juga karena mereka akan cenderung melewatkan keindahan seperti ini. Perhatian mereka hanya terfokus pada dirinya sendiri saja.

Memang untuk itulah kamera depan sebuah smartphone diciptakan. Tujuannya memang agar manusia bisa memotret dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain. Kamera depan smartphone tidak pernah diciptakan untuk bercerita kepada dunia tentang hal lain, selain bercerita tentang diri sang pemotretnya.

keindahan danau borcess 7

Bukan sebuah masalah sebenarnya. Hanya ketika menjadi berlebihan memakainya, sang pengguna akan menjadi terlalu sibuk memamerkan dirinya sendiri. Biasanya mereka tidak akan ingat bahwa foto dirinya belum tentu memberikan manfaat kepada orang lain.

Bandingkan dengan menggunakan kamera belakang smartphone. Manusia akan bisa bercerita tentang betapa indah kotanya, apa ide yang ada di kepalanya, perasaan yang ingin diceritakan kepada orang lain. Hal-hal tersebut tidak akan terlintas di kepala ketika manusia hanya sibuk bercerita tentang dirinya sendiri dan mengabaikan tentang apa manfaat dirinya bagi manusia lainnya.

Untung saja, si kribo cilik, Arya Fatin Krisnansyah, anak semata wayang kami, mengerti betul tentang makna kamera depan dan kamera belakang dengan baik. Kalau tidak foto-foto keindahan alam di sekitar sekolahnya ini tidak akan bisa ditampilkan di Lovely Bogor.

4 COMMENTS

  1. pak itu tempat enak banget di liatnya, di jakarta ga bisa liat yang kaya gitu
    ngomong – ngomong ini fotonya pake smartphone dan anaknya yang potret?
    bagus banget.

    • Memang sekolahnya si Kribo waktu SMP ya begitu. Danaunya memang enak dilihat.

      Yap, betul sekali. Itu hasil karya si kribo cilik. Dia sejak di SMP gemar memotret dan saya ajarkan cara-cara memotret, baik dengan smartphone atau kamera DSLR. Foto dalam artikel ini dipotret memakai smartphone ASUS T00N.

      • kalah saya ama si Kribo..ha..ha.ha..

        • Hahahahaha.. nggak ada kalah atau menang Mas.. Fotografi itu untuk dinikmati dan dijalani. Bukan saingan..:D

LEAVE A REPLY