Tugu Kujang dan Lawang Salapan

Bila Anda memasuki Kota Bogor dari arah jalan tol Jagorawi, tentunya Anda akan menemukan sesuatu yang agak tidak biasa di sekitar Tugu Kujang.

Di sebelah Utara tugu tersebut, tepat di pertigaan dengan jalan Otista, terlihat pembangunan 9 buah pilar yang mirip dengan pilar zaman Romawi Kuno. Di kedua sisinya diapit dua buah bangunan yang menyerupai Monumen Lady Raffles yang ada di Kebun Raya Bogor.

Itulah yang dikenal dengan nama Lawang Salapan atau Gerbang Sembilan.

Saat ini terus terang banyak warga Bogor yang masih bertanya-tanya apa tujuan dari pembangunan Lawang Salapan tersebut. Apa pula maknanya? Masih belum jelas karena Pemda Kota Bogor belum memberikan penjelasan secara gamblang dan juga bangunannya belum selesai.

Meskipun demikian, sepertinya Lawang Salapan akan menjadi salah satu landmark dari kota hujan ini dimasa yang akan datang. Pembangunannya melibatkan banyak budayawan dan sejarawan.

Seharusnya bermakna cukup penting.

Sambil menunggu sumber informasi mengenai apa itu Lawang Salapan dan juga maknanya, saya sempat mengambil foto Tugu Kujang dan Lawang Salapan dari beberapa sudut.

Silakan lihat hasilnya seperti di artikel ini.

Tugu Kujang dan Lawang Salapan 2 Tugu Kujang dan Lawang Salapan 3 Tugu Kujang dan Lawang Salapan 4 Tugu Kujang dan Lawang Salapan Tugu Kujang dan Lawang Salapan 6

Masih belum selesai, memang. Tetapi, kalau sudah komplit, kelihatannya kehadiran sang Lawang Sembilan atau Gerbang Sembilan membuat tampilan Tugu Kujang, yang dibangun tahun 1982 ini terlihat lebih menarik.

Mungkin akan banyak yang berpendapat berbeda, tetapi bukan lah sebuah masalah. Perbedaan adalah hal yang wajar.

6 COMMENTS

  1. koreksi kang, itu pilarnya diitung ada 10? bukan 9?

    • Namanya tetap Lawang Salapan (Pintu 9), bukan saya yang memberi nama soalnya… aku belum sempet nulis lagi penjelasannya. Karena banyak mengandung makna…

    • jangan hitung pilarnya, tapi coba hitung pintunya (lawang), pasti ada 9

      • Benr juga tah Kang.. saya ga ngitung…topp

    • Iya kang.. mudah-mudahn begitu

LEAVE A REPLY