Gunung Kapur Ciampea

Memang bukan sebuah pemandangan spektakuler atau kata orang pemandangan satu juta dollar. Hanya sebuah pemandangan bukit setengah gundul dan terlihat gersang.

Meskipun demikian, Gunung Kapur Ciampea bila dilihat dari sudut tertentu ternyata menyajikan sebuah pemandangan yang cukup indah dan enak dipandang mata.

Perhatikan foto di atas yang diambil dengan kamera Fuji Finepic HS35EXR dengan mode auto. Posisi bangunan kantor terminal Ciampea baru dengan latar belakang Gunung Kapur Ciampea ternyata menyajikan sebuah pemandangan bak sebuah tempat wisata.

Warna putih bebatuan gunung, yang lebih tepat disebut bukit, setinggi 250 meter terlihat unik dan memberi latar berbeda. Apalagi posisinya yang 1/2 botak disana-sini. Bak berada di sebuah tempat wisata pemandangan alam. Padahal kalau Anda mendekati bangunan terminal yang ada di foto, maka akan ditemukan kesemrawutan sebuah pasar.

Gunung Kapur Ciampea sendiri, sebenarnya jarang menjadi tempat kunjungan wisatawan. Meskipun menurut informasi gunung kapur ini sering dikunjungi orang, tetapi bukanlah sebuah tempat wisata favorit, apalagi dibandingkan dengan seperti Curug Luhur, Curug Nangka, Curug Cigamea dan lainnya. Namanya hampir tidak terdengar.

Kebanyakan pengunjung yang mendatangi Gunung Kapur Ciampea ini adalah penggemar olahraga panjat tebing. Posturnya yang memang terjal memberikan tantangan tersendiri bagi para penggemar olahraga tersebut. Bisa memacu adrenalin untuk memanjat kesana. Selain itu, warga di wilayah sekitarnya juga sering memanfaatkannya untuk melakukan hiking atau berwisata sejenak mengunjungi beberapa gua kecil yang ada disana.

 

Gunung Kapur Ciampea

Bagi warga Bogor, Gunung Kapur Ciampea akan selalu terlintas dalam ingatan apabila kata Ciampea terdengar. Memang posisi bukit kapur yang berada di pertigaan menuju Ciampea ini adalah ikon bagi kecamatan tersebut. Tidak akan bisa memisahkan imagenya dari wilayah ini.

Keberadaan Gunung Kapur Ciampea juga banyak mengundang spekulasi sendiri. Spekulasinya adalah tentang kemungkinan Bogor pada masa dahulu kala pernah menjadi bagian dari laut. Argumentasinya, karena kapur adalah sesuatu yang banyak ditemukan di dasar laut, seperti yang ada pada karang dan bebatuan laut lainnya. Nah, Gunung Kapur Ciampea yang sebagian besar memang terdiri dari kapur, membuat spekulasi berkembang bahwa Bogor di masa lalu pernah berada di dalam laut. Apalagi, penamaan daerah tetangga Ciampea, yaitu Dramaga atau Dermaga atau Darmaga membuat spekulasi dan obrolan berkembang.

Apakah betul demikian adanya? Belum bisa dipastikan. Meskipun demikian tidak ada salahnya berspekulasi sedikit tentang itu. Toh tidak ada ruginya.

Atau Anda mau mencoba hiking dan naik ke atas Gunung Kapur Ciampea? Lumayan menyenangkan loh dan bisa melatih fisik dan mental.

 

Gunung Kapur Ciampea

 

LEAVE A REPLY