Iga Bakar Sambal Matah Ayam Geprek Istimewa Memang Istimewa

Bingung baca judulnya? Bisa jadi. “Iga bakar sambal matah ayam geprek istimewa” itu maksudnya berbicara tentang iga bakarnya atau ayam gepreknya. Tidak mungkin kan berbicara tentang iga ayam karena tulang iga ayam itu kecil sekali dan jarang dipergunakan untuk membuat masakan bernama iga bakar.

Jadi, tulisan ini akan bercerita tentang yang mana?

Jawabnnya dua-duanya.

Sebelum semakin bingung, penjelasannya seperti ini. Nama Rumah Makannya itu memang “Ayam Geprek Istimewa”. Jadi, mau tidak mau harus dipasang dalam judul karena itu menunjukkan bahwa yang istimewa itu masakan Iga Bakar Sambal Matah dari restoran ini.

Jelas kan?

rumah makan ayam geprek istimewa

Rumah Makan Ayam Geprek Istimewa

Namanya disebut terkenal ya belum, belum terkenal ya ternyata banyak orang yang tinggal di Bogor sebelah Utara sudah kenal RM yang satu ini.

Ada 6 buah cabangnya di Bogor (4 di Kota dan 2 di Kabupaten) dan salah satunya kebetulan berlokasi dekat dengan dimana saya tinggal, yaitu di Jalan Abdullah Bin Nuh. Lokasinya beralamat di Ruko Taman Yasmin Sektor VI No 100, Kota Bogor.

Tidak ada sesuatu yang istimewa dari outletnya disini. Penataannya pun biasa saja dan hanya terdiri dari beberapa meja dengan kursi kayu dan juga ada beberapa tempat untuk pengunjung duduk sambil bersila, atau lesehan di dalamnya.

Biasa saja dari segi tata ruang.

rumah makan ayam geprek istimewa 2rumah makan ayam geprek istimewa 3

Sederhana lah pokoknya. Lokasinya yang menggunakan bangunan ruko memang tidak menyediakan terlalu banyak ruang untuk berimprovisasi dalam penampilan ruangan.

Meskipun demikian, setidaknya jarak antara meja cukup lapang sehingga sangat nyaman untuk pengunjung karena tidak sesak.

Sederhana intinya. Entah kalau di cabang yang lain.

Tetapi, paling tidak saya sudah 3 kali ke sini karena ada sesuatu yang menurut saya sih, istimewa, meski tempatnya biasa saja.

Namanya…

Iga Bakar Sambal Matah

Iga Bakar Sambal Matah Ayam Geprek Istimewa Memang Istimewa 2

Nama resminya sih Iga Sambal Matah tetapi kalau melihat bentuknya pasti prosesnya dibakar/panggang. Soalnya sama sekali tidak berminyak.

Memang nama restorannya menunjukkan menu utamanya berbahan ayam, dan saya sudah mencoba menu ayamnya dan memang enak juga. Tetapi, saya rasa masakan iganya lah yang terasa istimewa.

Ada beberapa jenis masakan iga disini selain Iga Sambal matah, yaitu Iga Bakar, Iga Goreng Pedas, dan Iga Sambal Wangi. Ada juga yang berkuah seperti Iga Asem Pedas dan Sop Iga Sapi. Setidaknya saya sudah mencicip Iga Bakarnya dan memang enak sekali.

Minggu yang lalu, saya memutuskan mencoba Iga Bakar Sambal Matah, dan rasanya memang istimewa.

Meskipun saya suka daging yang dimasak setengah matang dan agak juicy, tapi untuk kali ini tidak ada keberatan meskipun dagingnya agak kering terutama di bagian permukaannya. Rasanya jadi kriuk-kriuk, renyah.

Terlihat seperti gosong, tetapi ternyata tidak. Tidak ada arang di bagian atasnya, hanya kering saja dan tetap enak dikunyah.

Bagian dalamnya sendiri tetap lembut dan empuk. Enak untuk dikunyah.

Dan, ditambah dengan sambal asal Bali, sambal matah yang warnanya menggoda. Ketika semuanya dicampur dan kemudian disuapkan bersama nasi. Hadeuh.. jadi pengen lagi.

Enak bro.

Padahal, saya tidak suka sesuatu yang mentah, apalagi bawang merah, tetapi kali ini tidak ada keberatan sama sekali untuk menelan habis semua sambalnya yang bikin mulut monyong karena pedas.

Ada sensasi unik saat daging yang agak kering berpadu dengan sambal yang mentah dan tidak dimasak itu.

Harganya sendiri normal dan standar saja, Hanya Rp. 42.000 saja per porsi sedangkan harga masakan ayamnya di bawah itu (harga daging sapi memang lebih mahal kan). Ukurannya sendiri lumayan besar dan mengenyangkan, apalagi kalau ditambah nasi dan tahu susur (semacam tahu berontak berisi sayuran). Pasti mengenyangkan.

Untuk itulah saya pikir, kalau kebetulan Anda sedang bermain ke wilayah Kota Bogor sebelah Utara, dan ke perumahan Yasmin. Ada baiknya mampir ke sini. Cicipi saja iga bakarnya, atau masakan iga yang lain.

Sayang kalau dilewatkan.

Iga Bakar Sambal Matah Ayam Geprek Istimewa Memang Istimewa 3

Atau bisa juga Anda mencobanya di outlet-outlet RM Ayam Geprek Istimewa di tempat lain. Cabangnya bisa dilihat di bawah ini.

  1. Cabang Sumeru : Jalan Dr Sumeru, Cilendek Kota Bogor Telp : 0251-8358128
  2. Cabang Bangbarung 54 : Jalan Ahmad Sobana No 54, Bangbarung, Bogor Telp 0251-8363913
  3. Cabang Karadenan : Jalan Raya Pemda, Karadenan, Cibinong, Bogor Telp 0251-8665212
  4. Cabang Bangbarung 27 : Jalan Ahmad Sobana no 27, Bangbarung, Bogor Telp 0251-8385454
  5. Cabang Tajur : Jalan Raya Tajur no 273, Bogor Telp : 0251-8409141
  6. Cabang Taman Yasmin : 0251 7593009 (alamat sudah disebutkan di atas)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.