anak kecil bermain dengan ular

Pernah coba bermain dengan ular? Setidaknya mengelus atau sekedar berada dekat (sangat dekat bahkan( dengan satwa melata itu?

Belum?

Jika ingin mencoba, boleh saya sarankan satu tempat untuk mencobanya? Tidak jauh kok. Dekat sekali bahkan, walau tidak bisa juga menjamin Anda akan bisa melakukan persis seperti anak kecil di dalam foto ini. Tetapi, kemungkinan kesempatan itu ada cukup besar.

Dimana?

Museum Zoologi? Bukan. Namanya museum tidak akan ditemukan yang seperti ini. Memang ada ular disana, ada beberapa jenis bahkan tetapi mereka tidak hidup dan tidak bisa bergerak seperti ular hidup. Juga, ular-ular itu ada di dalam etalase kaca dan tidak bisa disentuh.

Taman Safari? Bukan juga. Tempat wisata di Bogor yang sangat terkenal ini lokasinya berada jauh dari pusat kota Bogor. Butuh waktu lumayan lama untuk mencapainya. Belum lagi disanapun ular tidak dibiarkan berada bebas.

Jadi dimana?

Tidak dijamin ya, tetapi datanglah pada Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Jalan Sudirman. Setiap Minggu acara ini digelar rutin dan merupakan satu even yang selalu ramai dipadati oleh warga Bogor yang ingin berekreasi bersama keluarga.

bermain dengan ular di Car Free Day Bogor

Expected the unexpected. Harapkan sesuatu yang tidak diharapkan.

Sebuah ajang biasa yang ada di banyak kota Indonesia ini memang selalu menghadirkan hal-hal yang tidak disangka bisa dilakukan.

Bermain dengan ular tidak akan pernah terbayangkan bisa dilakukan di acara yang sebenarnya ditujukan agar warga Bogor bisa menikmati sejenak udara segar tanpa asap kendaraan.

Tetapi, rupanya banyak warga Bogor yang menggunakan kesempatan ini untuk mencari nafkah, berkreasi dan memamerkan sesuatu.

Sudah paling tidak dua atau tiga kali, saya melihat kehadiran beberapa kelompok (mungkin penyayang binatang tetapi mungkin juga mereka memang berniat memanfaatkan ular ini untuk mendapatkan uang) membawa hewan peliharaannya, yaitu ular.

Mereka membiarkan reptil ini melata di sekitar mereka berada dan membiarkan para pengunjung CFD (sebuatan umum acara itu) untuk bermain dengan hewan-hewan melata itu. Paling tidak pada CFD minggu lalu, ada dua orang yang memamerkan satwa melata ini kepada pengunjung.

anak kecil bermain ular di car free day 04

Tentunya, kehadiran ular-ular ini mengundang perhatian banyak orang. Ada yang takut, tetapi kebanyakan justru tertarik, terutama anak-anak.

Tidak mengherankan karena melihat hewan ini secara langsung bisa dikata sebuah kesempatan langka. Bogor sudah menjadi sebuah kota metropolitan dan hampir semua lahannya sudah berubah menjadi hutan beton yang tentunya bukan merupakan habitat yang cocok untuk tempat tinggal ular.

Kebanyakan dari anak-anak hanya bisa mengetahui keberadaan hewan-hewan ini dari buku atau televisi, atau paling jika ada kesempatan di Kebun Binatang (yang berarti harus pergi ke luar Bogor). Kehadiran ular hidup di dekat mereka mengundang keingintahuan tersendiri bagi mereka.

Tidak heran beberapa anak kecil yang cukup berani mereka justru mendekati ular-ular ini untuk melihat dari dekat. Beberapa anak bahkan mengelus ular-ular tersebut.

Sebuah pengalaman yang tentunya sangat menyenangkan dan berharga bagi mereka. Oleh karena itu banyak orangtua terlihat justru memberikan dorongan kepada anak-anak mereka untuk mencoba mendekati dan bermain dengan ular-ular itu.

Berbahaya kah?

Menurut saya, tidak. Jenis ular yang dibawa bukanlah ular berbisa semacam Kobra. Ular-ular yang dibawa biasanya adalah Sanca atau Boa berukuran 3-4 meter yang tidak berbisa. Mereka terlihat jinak dan tidak mengancam.

Para pawang dan orangtua pun berada di dekat anak-anak tersebut selama disana.

Biayanya, seiklasnya. Bahkan kalaupun Anda tidak memberi, sang pawang/pemilik pun tidak akan menagih. Tetapi, tentunya dengan memberi seiklasnya, hal itu bisa membantu mereka memberi makan piaraannya.

Nah, jika Anda (atau putra dan putri Anda) ingin merasakan sesekali berada dekat dengan sesuatu yang tidak biasa dan sekaligus bisa mengajarkan kepada mereka tentang satwa melata ini dan kebetulan berada di Bogor, luangkan sejenak waktu Anda untuk hadir di CFD Bogor di Jalan Sudirman.

Tapi tidak dijamin ya. Karena sifatnya adalah insidentil, maka ada kemungkinan mereka hadir, tetapi bisa juga tidak. Mungkin apakah tergantung ular (atau pawangnya) sehat atau ada waktu atau tidak.

6 COMMENTS

  1. tumben pak judulnya,,,dibuat penasaran..hehe….saya pikir,,,,sambungan pada judul diatas adalah pergi ke……rumah Pak Anton…hehe.

    ternyata…..ditempat orang2 ramai ngumpul.:)

    ular seperti pada gambar diatas tidak berbisa,,,tetapi kalau membelit, maka tulang bisa remuk Pak…ukurannya juga bisa lebih besar, yang awalnya hanya sebesar jari dan bisa sebesar pohon kelapa.

    bayar tidak pak,,kalau cuma pegang ular tsb…..

    • Hahaha.. sekali kali boleh kan?

      Yupe kalau sendiri akan berbahaya, tetapi pawangnya dan juga orangtuanya berada di dekat ular tersebut kadi kemungkinan kecil hal itu akan terjadi.

      Setahu saya, kalau memang berniat memberi, silakan. Kalaupun tidak, tidak akan diminta

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.