Kalau ditanya, apa fasilitas penunjang terpenting di stasiun Commuter Line / KRL, kira-kira apa jawaban Anda? Musholla? Benar. Kursi? Bisa jadi. Ruang Kesehatan? Bisa benar juga.

Tetapi, kalau melihat foto-foto di bawah ini, mungkin pandangan cukup banyak penumpang CL agak berbeda.

Coba lihat sendiri.

Fasilitas Penunjang Terpenting di Stasiun Ternyata Charger HP Gratis

Yap benar sekali. Bagi cukup banyak penumpang, fasilitas penunjang terpenting di sebuah stasiun adalah charger HP gratis yang sekarang sudah tersedia di semua stasiun kereta di bawah asuhan PT KCJ dan KAI.

Tidak mengherankan sebenarnya karena kebutuhan manusia di masa sekarang sudah berubah. Komunikasi sudah menjelma menjadi sesuatu “keharusan” dan tentunya tidak menyenangkan kalau hal itu terganggu hanya karena HP-nya low batt.

charger hp gratis di stasiun

Rupanya kebutuhan yang ini disadari oleh orang-orang yang mengelola keretanya Indonesia. Sekarang di setiap stasiun, baik untuk kereta luar kota maupun kereta komuter, selalu tersedia paling sedikit dua buah charger HP gratis yang posisinya menyebar di setiap peron atau sudut stasiun. Di stasiun Bogor sendiri, saya hitung ada lebih dari 8-10 tempat dimana penumpang bisa mengisi baterai gadget mereka.

Dan, berdasarkan pengamatan, lokasi-lokasi dimana ada colokan listrik untuk mengisi baterai HP atau smartphone ini menjadi salah satu tempat favorit para penumpang kereta.

Maklum. Kebutuhan.

Fasilitas Penunjang Terpenting di Stasiun Ternyata Charger HP Gratis 3

Satu kata saja. BRAVO. Yap, salut pada para pengelola kereta Indonesia yang semakin sadar akan kebutuhan penumpang dan berusaha membuat mereka menjadi nyaman selama berada di wilayah yang mereka komandoi. Salah satu usaha membuat kereta, jenis apapun, dan stasiun menjadi sangat passenger friendly alias ramah penumpang.

Judulnya saya beri [intermezzo] karena tidak menunjukkan sebuah kenyataan yang sebenarnya. Toilet dan kemudian disusul oleh musholla untuk umat muslim beribadah merupakan fasilitas penunjang terpenting di stasiun. Hanya memang menarik mengamati perilaku penumpang terhadap fasilitas charger gadget gratis ini.

6 COMMENTS

  1. Pak, klo dr bandara soeta naik krl ke bogornya dari stasiun mana? Terus d bogor turun d stasiun apa? Tujuannya daerah mekarsari cielengsi.
    Terima kasih infonya pak,

    • Tidak ada krl dari soetta ke bogor. Kereta bandara juga belum beroperasi, jadi jangan naik krl. Apalagi kalau tujuannya ke Cileungsi, dari bogor masih jauh lagi.

      Lebih baik pakai Damri Soetta ke Cibinong saja. Cilengsi lebih dekat ke Cibinong. Dari pool Damri Cibinong banyak angkot ke arah cileungsi daripada di kota bogor

  2. Adanya sumber listrik utk mengisi daya baterai …sepertinya perlu diacungi jempol…terutama buat yang memfhoto mengabadikan adegan tersebut.Sipppp pakai telurrr….oyyyy….. 🙂

    jng2…ini fhoto yang di lombakan kemaren………yo Pak ?? 🙂

    Melihat kotak yang berbentuk segi 4 dengan banyak lubang colokan yang terkotak – kotak kecil…..membuat saya ingat sewaktu datang ke Kantor pajak.

    Waktu itu saya lihat di dekat tiang ada kotak ukuran 1 x 1,5 Meter dan penuh dengan sekatan yang berbentuk kotak2 serta di dalam kotaknya ada lubang colokan listrik.

    saya sempat bertanya dalam hati ” ini kotak buat apa yach ” ?? banyak amat lubangnya…..kayak lubang sarang tawon…….”

    Tidak ada orang yang terlihat menggunakan Fasilitas yang bisa nyentrum ini pada waktu itu.Sehingga saya masih binggung akan fungsinya….padahal saya tahu puluhan lubang itu adalah lubang yang mengandung aliran listrik.

    Masak lubang listrik dibuat selebay ini……emangnya kary.di kantor ini suka berebutan colokan listirk sehingga dibuat banyak ….” Pikir saya waktu dulu.

    Lalu……..

    Ada suara merdu Wanita yang keluar dari Microphone…… No Urut 25 silakan ke konter 2.
    Saya pun kaget dan mencoba melupakan Misteri Kotak Colokan tersebut jauh – jauh………

    Hingga akhirnya saya membaca artikel di blog LB ini yaitu artikel sebelumnya / selain diatas……tentang colokan listirk juga…silakan tanya ke Admin diatas kalau pembaca ingin tahu….namun orangnya galak…..jadi ngk usah tanya……tanya sama saya sajahhh,,,,,hehehe.

    Dengan membaca artikel sebelumnya maka, saya baru tahu …….ternyata lubang yg buanyak tersebut untuk ngecas Hp toh…… !!! saya pikir hanya pemanis Ruangan….. 🙂

    • Hahahhaha nongol lagi si akang cerewet neh… iyah salah satunya saya ikutkan ke dalam lomba krn lucu… ?

      • dan…hasil lombanya blm ada kabar yach Pak…..?

        • Udah Kang.. rupanya saya masih perlu belajar lebih jauh lagi tentang memotret. Juaranya fotonya keren-keren euy

LEAVE A REPLY