Jalan Ciwaringin
Ujung Jalan Jalan Ciwaringin di pertigaan Jalan MA Salmun

Tjiwaringin Laan, dalam bahasa Inggris Tjiwaringin Street, atau Jalan Ciwaringin itulah namanya.

Tjiwaringin Laan adalah dalam bahasa Belanda karena jalan ini memang sudah ada ketika Belanda masih bercokol di Indonesia. Saat ini namanya sudah berganti menyesuaikan dengan bahasa Indonesia.

Lokasinya berada di Kecamatan Bogor Tengah dan Kelurangan Ciwaringin.

Jalan ini memiliki panjang kurang lebih 1.5 kilometer yang membentang dari Utara ke Selatan (atau sebaliknya). Pada ujung Utara, Jalan Ciwaringin bertemu dengan Jalan MA Salmun yang menuju ke arah Pasar Anyar. Di bagian Selatan, jalan ini bertemu dengan Jalan RE Martadinata di dekat Balai Besar Penelitian Veteriner.

Posisi jalan ini berada sejajar dengan Jalan Merdeka yang berada di sebelah Barat dan terhubung dengannya di beberapa bagian.

Bukan sebuah tempat yang akan didatangi untuk tujuan wisata karena kawasan Ciwaringin sejak dahulu merupakan sebuah kawasan perumahan.

Pada tahun 1980-an masih bisa terlihat sisa-sisa Bogor dari masa lalu, tetapi sekarang ini, bisa dikata hampir tidak ada sedikitpun ciri khas masa itu disini.

Meskipun demikian, Jalan Ciwaringin adalah jalan yang cukup penting karena merupakan salah satu akses bagi warga Bogor yang tinggal di belahan utara untuk menuju ke bagian Tengah. Terutama karena jalan ini, merupakan salah satu akses untuk menuju Stasiun Bogor.

Jalan Ciwaringin
Ukung Jalan Ciwaringin di pertemuan dengan Jalan RE Martadinata

Cara Menuju Jalan Ciwaringin

Agak repot kalau menggunakan angkutan umum untuk menuju jalan ini. Tidak ada rute angkutan di Kota Bogor yang melewatinya. Beberapa trayek angkot hanya melewati ujungnya saja.

Dengan angkutan umum dari Stasiun Bogor

  1. Lebih baik pergunakan becak bila tujuannya berada di tengah jalan Ciwaringin daripada harus naik angkot. Biasanya becak akan banyak mangkal di dekat Stasiun Bogor dan Jalan Mayor Oking
  2. Kalau mau tetap memakai angkot, bisa pergunakan angkot 12 Merah yang akan melewati Jalan RE Martadinata. Berhenti tepat di ujung jalannya dan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki atau naik becak

Dengan angkutan umum dari Terminal Baranangsiang

  1. Pergunakan angkot no 08 atau 09 merah dan berhenti di depan Regina Pacis. Berjalan sedikit ke arah Jalan Sudirman dan kemudian naik angkot 12 merah. Berhenti di ujung Jalan Ciwaringin dan lanjutkan dengan berjalan kaki atau naik becak.

Jalan Ciwaringin Bogor 3

Dari arah Cibinong

Pergunakan angkot 08 Biru Kabupaten ke arah Pasar Anyar. Berhenti di Taman Air Mancur dan menyeberanglah

Lanjutkan dengan naik angkot no 12 Merah. Lanjutkan seperti di atas.

4 COMMENTS

    • Saya dulu tinggal di Pondok Rumput dan biasa jalan kaki ke SMPN 4. Juga punya teman di Ciwaringin jadi sering mampir main kesana.

      Samapi sekarang rumah di Pondok Rumput masih ada cuma saya sudah pindah ke Bukit Cimanggu

  1. Banyak memori buat saya, krn saya lahir di Ciwaringin. Tahun 70an saya dgn temen2 tetangga tiap hari bisa maen bola, batminton, gala asin, cing benteng, dll di jalanan krn kendaraan masih sangat jarang melintas di jalan Ciwaringin paling banter beca dan delman yg agak sering lewat. Dibandingkan dgn sekarang.. waah jangankan maen bola di jalanan.. kucing aja susah nyebrang hehehe. Rumah keluarga saya itu di Ciwaringin No.13. Mungkin bagi orang2 yg lahir di bawah tahun 80an masih ingat SOBARI ( SBR ) tempat penyewaan alat2 pesta.
    Nuhun kang Anton sudah memposting tempat kelahiran saya dan keluarga besar saya. Salam kenal

    • Salam kenal Kang Hendra.. waahh…senang ketemu orang Bogor Asli..

      Saya pun banyak kenangan disini karena dulu setiap pulang pergi sekolah biasa lewat sini

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.