Sepeda Motor Boleh Masuk Kebun Raya Bogor

Kata siapa sepeda motor boleh masuk Kebun Raya Bogor? Kata siapa sepeda motor tidak boleh masuk ke dalam Kebun Botani kebanggaan warga Bogor itu?

Yah, kalau menurut aturannya, sepeda motor memang tidak diperkenankan dibawa masuk ke dalam. Para pengunjung harus menyimpannya di tempat parkir yang sudah disediakan, yaitu dekat Pintu I atau Gerbang Utama.

Itu menurut peraturannya yah.

Kenyataan di lapangan, jangan heran kalau menemukan ternyata ada sepeda motor yang berlalu lalang di dalam. Beberapa foto yang di dalam artikel ini merupakan bukti bahwa ada yang memperbolehkan sepeda motor masuk KRB.

Betul kan?

Apakah mereka pengunjung? Bukan. Sepertinya bukan. Setelah mengamati para pengendara sepeda motor yang bisa masuk dan melintas di dalam Kebun Raya, mereka bukan dari kalangan pengunjung.

Permintaan Peninjauan Ulang Kebijakan Mobil Boleh Masuk Kebun Raya Bogor di Hari Libur

Para pengendara motor itu :

1. Pedagang : rupanya ada dispensasi khusus bagi para pedagang untuk bisa membawa sepeda motor ke dalam KRB. Mungkin agar mereka bisa mengangkut barang dagangan ke lokasinya berdagang

2. Petugas : beberapa kali sepeda motor polisi pun masuk, mungkin dalam rangka pengamanan kalau Pak Jokowi ada di Istana Bogor

3. Staff KRB : mungkin ya, karena ada yang tidak berseragam, tetapi terlihat membawa peralatan untuk membersihkan. Mungkin ia petugas kebersihan di KRB

4. Entah siapa : karena tidak berseragam, tidak membawa peralatan, tidak juga berdagang

Jadi, teorinya memang sepeda motor tidak diperbolehkan masuk dan berlalu lalang ke dalam Kebun Raya Bogor. Pada kenyataannya, ternyata ada karena ada izin bagi mereka, yang berkaitan dengan pengelolaan Kebun Botani yang lahir 2 abad lalu itu.

Jadi, jangan heran kalau melihat ada yang lalu lalang dengan sepeda motor disana yah.

Walaupun, bagi saya seharusnya, sebuah aturan tidak boleh tebang pilih seperti itu. Kalau memang tidak diperkenankan, maka semuanya harus tidak diperkenankan.

2 COMMENTS

  1. tahun 2015 saya berkesempatan jadi konsultan pengawas renovasi Istana Bogor, yang setiap hari berada didalam kawasan Kebun Raya, bahkan ngopi bareng diberanda rumah tinggal pak Jokowi yang berada dikawasan Istana…karenanya tentu sedikit hapal bagaimana jeroan kebun raya yang sangat dilarang membawa masuk kendaraan bermotor, kalaupun ada bener mereka itu biasanya petugas

    • Sudah tidak lagi kang.. bukan cuma petugas sekarang. Pedagang juga diperbolehkan dan sudah berulangkali saya melihatnya.

      Pengamatan dilakukan setelah entah berapa puluh kali bolak balik melihat kejadian itu. Kalau petugas bisa dibedakan tetapi kalau membawa barang dagangan jelas bukan petugas.

LEAVE A REPLY