Permintaan Peninjauan Ulang Kebijakan Mobil Boleh Masuk Kebun Raya Bogor di Hari Libur

Sebuah postingan di Komunitas Masyarakat Pecinta Bogor (Facebook) menarik perhatian Lovely Bogor dan banyak member lainnya. Berbeda dari kebanyakan status yang hanya ber-hahahaha-hihihihi saja, kali ini nadanya serius. Masalahnya terlihat kecil tetapi sebenarnya besar, yaitu tentang kebijakan mobil boleh masuk Kebun Raya Bogor pada hari libur.

Selama ini memang, antara hari Senin hingga Sabtu (non libur) kendaraan roda empat memang diperkenankan berlalu lalang di dalam kebun botani kebanggaan warga Bogor. Pada hari Minggu atau libur, mobil tidak diperbolehkan masuk.

Beberapa waktu silam memang terdengar kebijakan tersebut dirubah sehingga sekarang bahkan pada hari libur pun mobil boleh masuk ke dalam KRB.

Postingannya seperti di bawah ini.

mobil boleh masuk kebun raya bogor di hari libur 01

Terus terang sangat disayangkan apabila LIPI sebagai pihak yang berwenang mengelola kebun botani pertama di Asia Tenggara ini tidak meninjau ulang kebijakan ini.

Pada hari Minggu, tanpa masuknya mobil pun, Kebun Raya Bogor saja sudah sangat padat dengan pengunjung. Jumlahnya berlipat ganda dibandingkan hari biasa. Sekarang jika dibayangkan ditambah dengan ratusan mobil berlalu lalang, maka suasananya akan menjadi sangat tidak nyaman.

Belum lagi ditambah kebiasaan para pengendara mobil yang sering memarkir kendaraannya sembarangan dan menginjak melindas rumput. Banyak yang tidak peduli dimana mereka parkir, selama ada ruang kosong, maka mobil akan diberhentikan disana.

Kalau mau ditambah, pengendara mobil pun kerap membunyikan klaksonnya kepada para pejalan kaki yang sedang santai menikmati hijaunya pepohonan dan sejuknya udara di Kebun Raya.

Jika di hari Senin-Jum’at, hal itu bisa dimengerti karena pengunjung tidak terlalu banyak. Pada hari Sabtu, jumlahnya pun sudah terasa meningkat dan tingkat kenyamanan berwisata disana sudah berkurang. Apalagi di hari Minggu.

Terlebih parahnya adalah kalau Kebun Raya Bogor dianggap lahan parkir raksasa. Pada hari Minggu, kesulitan mendapat ruang parkir mobil sudah menjadi hal biasa. Bahkan, mencari parkir di Botani Square yang memilik lahan parkir luas saja sulit. Jika KRB terbuka bagi mobil, dengan tarif masuk untuk mobil hanya Rp. 15.000,- KRB bisa menjadi lahan parkir bagi mereka yang kesulitan menemukan parkiran.

Sesuatu yang tidak seharusnya terjadi di sebuah tempat konservasi yang berisi banyak sekali hal tentang Bogor.

Sebuah kebijakan yang sangat mengherankan dan sudah sepantasnya diminta untuk ditinjau ulang.

3 COMMENTS

  1. Malah jangan cuma Minggu saja kendaraan dilarang masuk.
    Setiap hari seharusnya kendaraan dilarang masuk area KRB.
    Lagipula, keliling KRB naik mobil malesin banget ya… kayak pada nggak punya kaki…

LEAVE A REPLY