Melongok Taman Sains dan Teknologi Pertanian f

Judulnya memakai frase “melongok sekilas” karena memang benar-benar itu yang dilakukan. Saya tidak berkeliling ke dalam Taman Sains dan Teknologi Pertanian yang berlokasi di Jalan Tentara Pelajar Cimanggu ini.

Rasa penasaran lah yang mendorong untuk memanfaatkan kesempatan terbukanya gerbang salah satu bagian dari Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu ini. Biasanya gerbang ini selalu berada dalam kondisi tertutup, tetapi beberapa waktu yang lalu gerbangnya terbuka lebar dan tak seorang pun yang ada disana.

Kesempatan. Sudah lama saya ingin mengetahui apa yang ada di dalamnya. Nama yang terpampang di gerbangnya, Taman Sains dan Teknologi Pertanian, membuat penasaran sekali, apa sih yang ada di dalam “taman” ini.

Apakah ada laboratorium luar biasa atau hal-hal berbau penelitian seperti yang sering dilihat di film-film.?

Ternyata..

Tidak ada apa-apa disana. Serius.

Yang terlihat dari pandangan sekilas (tidak benar-benar sekilas sebenarnya karena saya berada di sana lebih dari 10 menitan), hanyalah sebuah area yang berisi berbagai tanaman. Entah tanaman apa. Juga, ada satu dua bangunan yang sepertinya berupa kantor saja.

Selebihnya adalah tanaman, tanaman, dan tanaman yang diselingi dengan jalan setapak.

Melongok Taman Sains dan Teknologi Pertanian e

Melongok Taman Sains dan Teknologi Pertanian bSatu-satunya yang agak menarik perhatian adalah keberadaan sebuah bangunan yang tertutup dengan paranet. Mirip sebuah nursery kecil di lahan sebelah kanan gerbang.

Setelah diamati sekilas, rupanya tidak salah juga disebut dengan nursery kecil karena disana rupanya menjual benih tanaman. Yang lagi-lagi entah bibit tanaman apa yang dijual (karena tidak ada seorang pun yang bisa ditanya).

Melongok Taman Sains dan Teknologi Pertanian d

Jadi, ya akhirnya memang benar-benar sekedar melongok sekilas. Tidak ada hal istimewa yang bisa disampaikan, terutama karena tidak ada seorangpun yang bisa ditanya tentang apa dan untuk apa Taman Sains dan Teknologi Pertanian itu.

Mungkin, suatu waktu saya harus kembali lagi kesini. Tentunya dengan tujuan untuk mendapatkan penjelasan dan informasi lebih lanjut tentang “Taman” yang “tidak terbuka untuk umum ini.

(Baca juga : Kebun Wisata Ilmiah – Kebun Raya Mini Yang Tersembunyi)

Saat ini paling tidak ada satu kesimpulan yang didapat hasil kunjungan singkat ke taman ini, yaitu Taman Sains dan Teknologi Pertanian bukanlah sebuah tempat wisata.

LEAVE A REPLY