Menanamkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini Ala SMPIT At-Taufiq 2

Mengapa menanamkan jiwa wirausaha sejak dini penting? Mungkin pelru sedikit berimajinasi untuk bisa mendapatkan jawabannya.

Indonesia, kalau menurut survey tahun 2013/2014 hanya memiliki 1.67% wirausahawan dan walau pada tahun 2016 meski rasionya meningkat menjadi di atas 3 persen, jumlahnya masih sangat sedikit dibandingkan dengan penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 250 juta jiwa itu.

Angka ini berarti hanya sekitar 7.5 juta orang saja. Bandingkan dengan negara Paman Sam, Amerika Serikat yang memiliki lebih dari 27 juta orang pengusaha dengan jumlah penduduk yang tidak berbeda jauh (300 juta orang).

Padahal, peran wirausaha sangatlah penting bagi pertumbuhan sebuah bangsa. Para pengusaha ini selain menggerakkan perekonomian, juga menyediakan lapangan kerja bagi banyak orang lainnya.

Berbeda dari karyawan yang menggantungkan hidup dari bekerja pada orang lain, para wirausahawan akan menjadi tempat bergantung banyak orang.

Begitulah pentingnya wirausaha/pengusaha dalam kehidupan berbangsa.

Itulah mengapa saat hadir di ajang Car Free Day 17 Desember 2017 yang lalu, ada rasa senang melihat jejeran anak-anak dari SMPIT At Taufiq di depan Gedung Monumen dan Museum (Museum PETA).

Senangnya, karena mereka disana bukan sedang berolahraga atau sedang berlari pagi. Anak-anak itu sedang “berjualan” di area CFD Bogor.

Menanamkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini Ala SMPIT At-Taufiq 3

Yang mereka jual hanyalah hal-hal kecil, seperti jajanan, sosis goreng, dan air mineral. Tidak ada sesuatu yang istimewa dari apa yang ditawarkan mereka. Maklum saja, mungkin itupun mereka mendapatkan bantuan dari para orangtuanya (bahkan untuk berjualan pun masih diantar) dan masih dalam bimbingan sekolah.

Hanya saja, walau sederhana dan terlihat kecanggungan mereka saat menawarkan dagangannya, ada rasa senang melihatnya.

Para siswa SMP ini sedang belajar sesuatu yang mungkin akan berguna di masa datang. Mereka sedang belajar “berbisnis” istilah kerennya.

Mereka diajarkan secara langsung bagaimana memasarkan sebuah produk, melayani pelanggan, dan banyak hal lainnya yang merupakan dasar dari seorang wirausaha.

Menanamkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini Ala SMPIT At-Taufiq

Tidak semua dari mereka-mereka ini akan menjadi pengusaha di masa yang akan datang. Mungkin hanya beberapa dari mereka yang mengikuti kegiatan ini yang akan benar-benar menekuni dunia bisnis di masa depan.

Bukan sebuah masalah juga.

Tetapi, kalau ada beberapa saja dari anak-anak ini yang kemudian benar-benar memilih jalan menjadi wirausahawan, maka bisa dipastikan akan membantu ketersediaan lapangan kerja bagi orang lainnya.

Sesuatu yang tentunya diharapkan dan semakin banyak semakin baik.

Menanamkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini Ala SMPIT At-Taufiq 4

Kegiatan yang diberi nama “Pengusaha Muda Inspiratif” ini bisa dikata sesuatu yang sangat positif.

Sudah saatnya pemikiran bahwa bersekolah adalah untuk mendapatkan pekerjaan diganti dengan yang lebih maju. Bersekolah untuk kemudian menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.

Tentunya tidak mudah. Butuh waktu dan perjuangan, tetapi hal itu tidak akan terwujud kalau tidak ada yang mau menanamkan jiwa wirausaha sejak dini seperti ini.

Kalau tidak ada yang mau melakukan, maka Indonesia akan tetap seperti sekarang dimana kebanyakan rakyatnya akan kesulitan mencari lapangan pekerjaan, karena tidak ada “yang menciptakan lapangan kerja”.

Jempol dari saya untuk SMPIT At Taufiq dalam hal ini.

LEAVE A REPLY