Menggunakan Ponsel Saat Berkendara 01

Menggunakan ponsel saat berkendara itu berbahaya, bahkan sangat berbahaya, Kawan!

Mungkin pak polisi dan banyak pihak sudah berbusa mulutnya untuk mengingatkan hal ini. Sosialiasi aturan dan Undang-Undang terkait kebiasaan buruk ini sudah berulangkali.

Yang pasti, contoh nyata, sudah terjadi berulangkali dan entah sudah berapa banyak korban jiwa dan harta yang disebabkan oleh penggunaan perangkat ini pada saat yang tidak tepat.

Tetapi, rupanya masih banyak yang tidak jera, kapok, atau takut hal itu akan menimpa dirinya.

Salah satunya pengendara motor pada foto ini, yang dibuat pada hari ini, Minggu 26 Februari 2017 di Jalan Pajajaran, Bogor.

Terlihat jelas bahwa ia asyik menggunakan ponselnya saat berkendara. Pandangannya jelas tidak tertuju pada lalu lintas di depannya, yang seharusnya dilakukannya saat berkendara.

Perhatiannya terfokus pada layar monitor gadget ditangannya. Entah apa yang begitu pentingnya sehingga bisa lebih berharga dibandingkan keselamatannya sendiri.

Laporkan pada yang berwenang?

Ah tidak ada gunanya. Meskipun nomor kendaraannya tertangkap dengan jelas pada foto ini, tetapi tidaklah terlalu banyak gunanya.

Lebih baik, membuat tulisan ini. Untuk mengingatkan pada sesama pengguna jalan raya bahwa menggunakan ponsel saat berkendara bisa berujung maut.

Mungkin sang pemotor dalam foto berpikir bahwa itu adalah haknya, resikonya. Mungkin, dia berpikir kalau terjadi kecelakaan pun ia sendiri yang merasakan dan bukan orang lain.

Memang, sepertinya demikian. Kalau ia tidak peduli terhadap keselamatannya, ya tidak masalah. Silakan saja. Tetapi, saya peduli pada diri sendiri dan juga keluarga saya. Kecelakaan akibat kelalaian seperti ini bisa saja melibatkan orang lain selain si pengendara.

Kalau ia tidak peduli pada nyawanya, silakan. Tetapi, ia harus peduli pada orang lain yang mungkin menjadi korban akibat kelalaiannya.

6 COMMENTS

  1. apa gak apa-apa pak fotonya di pajang?
    nanti orangnya keberatan..

    kalo pake matic sering banget ngeliatnya..
    apalagi pas lampu merah..

    yang paling buat kaget pas ada pake motor besar justru bisa juga gunain ponsel pas di lampu merah..
    yang akhirnya ngeganggu pengguna jalan lain saat lampu hijau nyala..
    karena dia harus ngurusin ponselnya dulu ..

    • Heuheu.. motretnya di tempat umum dan merupakan cerminan citizen journalism. Jadi tidak apa2.. non komersial..

      Buat ngingetin yang lain. Jangan melakulan hal itu. Sesuatu yg tidak boleh dilakukan

      • saya juga heran,,,,kenapa hal tsb,,,tetap saja dilakukan saat kendaraan sedang melaju..padahal membahayakan…..

        apa tidak ada tempat parkir…? apa tidak punya waktu 1 menit untuk sekedar stop sebentar..? apa tidak sayang dengan tubuh dan kendaraan…. ?

        ada juga orang yang membuat vlog sambil mengendarai sepeda motor ……

        sungguh aksi esktrem yang tidak ada untungnya….

        • Yah itu die… kalau dia tidak sayang diri sendiri, ya nggak apa. Cuma jangan bikin celaka orang lain

    • Bang Nasti,,,saya kirim email,,,

      Pak Anton mohon maaf yach,,,saya memberi tahu seseuatu ke Bang Nasti Di kolom ini,soalnya bang nasti sulit dihubungi lewat email.

      • Mangga.. kalau bisa dimanfaatkan buat komunikasi, silakan saja

LEAVE A REPLY