Lagi-lagi hal kecil nan sederhana, tetapi jika berhasil melaksanakan fungsinya, hal sederhana ini bisa membantu banyak remaja meraih cita-cita mereka. Tangga motivasi, itulah nama yang saya sematkan pada “tangga” yang ada di SMA Negeri 10 Kota Bogor, sekolah tingkat lanjutan atas dimana putra kesayangan kami akan menimba ilmu selama 3 tahun.

Bukan sebuah tangga istimewa dan keren. Bahkan sebenarnya kurang bagus dibandingkan banyak tangga lain dan sama sekali tidak berseni, kusam, dan ada sebagian yang butuh perbaikan. Hanya sebuah jalan berundak yang biasa dipergunakan orang berlalu lalang naik turun dari lantai bawah ke lantai atas dan sebaliknya.

Yang membuatnya berbeda adalah setiap dua undakan akan tertera sebuah kata yang harus dimiliki seseorang untuk meraih kesuksesan dan menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kata-kata itu seperti “Kerja Keras” , “Mandiri”, “Kreatif”, “Disiplin”, dan banyak kata lainnya.

tangga motivasi di sman 10 bogor

Tidak istimewa bagi banyak orang. Apalagi jika dibandingkan dengan berbagai kutipan dari “Mario Teguh”, yang selalu mempunyai “golden way” untuk semua hal.

Meskipun demikian, yang terbayang adalah berapa kali para siswa, yang dalam usia remaja melalui tangga motivasi ini setiap harinya. Sepuluh kali? Mungkin sekali.

Hampir pasti pula kata-kata itu akan terbaca setiap kali kaki para remaja itu melalui setiap undakan. Mau tidak mau karena kalau mereka tidak melihatnya besar kemungkinan mereka tersandung. Otomatis hampir setiap kata akan selalu terlihat oleh mata mereka setiap kali mereka melalui tangga-tangga ini menuju ruang kelas atau kantin.

tangga motivasi di sma negeri 10 bogor

Pada akhirnya sadar tidak sadar para remaja itu akan “hapal” tentang sikap mental seperti apa yang harus dimiliki untuk bisa sukses dalam meraih cita-cita mereka.

Paling tidak, itulah harapan si pembuat tangga motivasi ini, pihak sekolah dan juga harapan dari kami, para orangtua yang menitipkan anaknya.

Sebuah hal kecil, tetapi kalau setiap anak yang belajar disini hapal, kemudian mengerti maknanya, tentunya hal itu akan sangat membantu mereka dalam meraih cita-cita mereka.

LEAVE A REPLY