Kedai OpatanSejak film filosofi kopi dirilis, kopi menjadi minuman wajib kawula muda jaman sekarang. Dari yang tidak suka minum kopi menjadi ikut-ikutan suka minum kopi.
Tapi bukan kopi sachet yg biasa kita minum loh, kopi disini adalah yg benar-benar kopi. Para pecinta kopi menyebutnya Single origin coffee.
Kopi seperti ini tentunya tidak tersedia di warung kopi biasa, ada tempat dan alat khusus untuk membuat kopi seperti ini. Di Bogor sudah banyak bahkan hingga menjamur tempatnya.
Kopi yang disediakanpun ada beberapa macam, hampir dari seluruh Indonesia bisa kalian cicipi. Dari mulai kopi Aceh gayo sampai Papua Wamena.
Kedai OpatanNamun untuk orang awam, pasti hanya mengenal beberapa macam kopi saja seperti Kopi Aceh gayo, Tanah toraja, flores dan Bali kintamani.
Dari sekian banyak kedai kopi yang ada di Bogor, saya sendiri sering mengunjungi kedai kopi Opatan yg terletak di Jl. Tegal gundil, bantarjati, Bogor.
Karena kopi adalah masalah rasa, bagi saya kedai kopi yg satu ini adalah yg cocok dengan selera saya. Kopi disinipun banyak macamnya dan memiliki tempat yang cukup nyaman.

Ada apa saja di kedai opatan?

Sudah pasti ada kopi , namun kopi disini ada banyak macamnya. Favorit saya adalah kopi tubruk, V60 dan terkadang french press atau vietnam drip.
Tapi, selain itu ada pula cappucino, moccacino, coffee latte, javanesse coffee, affogato, greentea latte. Untuk yang tidak suka kopi, kalian juga bisa menikmati aneka milkshake chocolate, vanilla, red velvet dll
affogato kedai opatan
Disinipun ada cemilannya seperti risoles, samosa, kentang goreng dan singkong goreng. Teman yang pas untuk ngopi bukan?
Untuk kalian yang ingin makan berat, tenang saja di area kedai opatan sudah tersedia soto betawi dan aneka roti bakar.
Harga menu di kedai opatan
Kalian pasti menyangka harga menu disini mahal dan menguras kantong bukan? Tenang saja, disini tidak sama dengan starbucks coffee. Harganya masih cukup terjangkau kok.
Harga kopi tubruk hanya 12.000 rupiah, V60 18.000 rupiah, French press 18.000 rupiah, vietnam drip 22.000 rupiah, aneka latte dan milkshake 22.000, affogato 22.000 rupiah.
Harga camilan seperti risoles, kentang goreng, samosa dan singkong goreng hanya 15.000 rupiah.
Green Tea Latte Kedai OpatanSuasana dikedai opatan cukup nyaman, disana tersedia satu meja kecil dan empat kursi kecil. Interiornyapun cukup unik, meja dan kursinya menggunakan bahan bekas botol minuman loh.
Temboknyapun dihiasi mural yang cukup unik, cocoklah untuk kalian yang ingin berfoto ria.
Kedai opatan buka sejak pukul 17.00 – 02.00 WIB. Setiap hari sabtu ada live music yang akan menghibur kalian. Para barista disinipun ramah dan sangat antusias jika kalian ajak mengobrol atau diskusi mengenal kopi.
Akses menuju kedai opatan
Jika kalian dari stasiun Bogor, kalian bisa naik angkutan umum no 03 lalu turun di lampu merah setelah taman kencana. Disambung dengan angkutan umum no 08 lalu turun di depan taman corat coret, darisitu kalian tinggal jalan kaki sekitar 30 meter ke sebelah kiri.
Bagaimana, cukup asyik bukan? Jangan bingung cari tempat ngopi lagi ya!
Info
Instagram : opatancoffee
(Catatan : Untuk melihat situasi kedai kopi Opatan, bisa lihat di tulisan terdahulu : Kedai Opatan – Ngopi Yuk!)

2 COMMENTS

  1. Nah ..

    saya masih kurang paham apa itu affogato pak anton..
    apa itu yang ada es krimnya?
    maklum orang desa yang kuno dan kurang gaul ini..

    hehehe

    btw main ke domain baru saya ya
    sudah ganti jadi .id

    • yah begitulah nama modern dari kopi dengan es krim… hahahaha.. jangan salah, saya sendiri juga baru lihat..

      siap gan… nanti meluncur ke tkp

LEAVE A REPLY