Orchard Walk Arcade BNR Bogor
Trotoar di Orchard Walk Arcade

Orchard Walk Arcade – Pejalan kaki di Bogor sering dianggap sebagai anak tiri atau tingkatan paling rendah dalam kasta pengguna jalan. Trotoar, area yang seharusnya menjadi milik mereka seringkali diserobot oleh pemotor dan pedagang kaki lima.

Hanya, tidak demikian adanya di Orchard Walk Arcade. Pejalan kaki disini mendapatkan apa yang seharusnya bisa dinikmatinya, yaitu kenyamanan berjalan kaki.

Orchard Walk Arcade? Di Singapura ?

Bukan. Memang namanya terinspirasi dari sebuah kawasan komersial di negeri Singa tersebut. Di negera tersebut kawasan Orchard Road memang terkenal sebagai surga belanja tetapi juga sebuah tempat yang juga mengistimewakan pejalan kaki. Ide inilah sepertinya yang mengilhami keberadaan Orchard Walk Arcade di Bogor.

Orchard Walk Arcade di Bogor Nirwana Residence Bogor

Orchard Walk Arcade Bogor

Orchard Walk Arcade adalah sebuah kawasan pedestrian sekaligus komersial yang berada di perumahan Bogor Nirwana Residence (BNR). Kalau Anda pernah berkunjung ke The Jungle Water Adventure, tentu pasti akan melewatinya.

(Baca juga : The Jungle Water Adventure – Bertualang (Bukan) Di Hutan)

Kawasan ini memang memberikan keistimewaan bagi para pejalan kaki. Trotoar di kedua sisinya sangat lebar, kurang lebih 8-9 meter di setiap sisinya.

Pejalan kaki pun akan mendapat naungan dari deretan pepohonan yang lumayan rindang di jalan sepanjang kurang lebih 700 M ini (hasil mengukur sendiri).

Beberapa fasilitas juga tersedia untuk memanjakan pejalan kaki. Taman-taman kecil yang bisa dipergunakan untuk duduk ketika lelah berjalan kaki terdapat pada setiap jarak tertentu.

Area Komersial

Orchard Walk Arcade
Ruko di Sepanjang Orchard Walk Arcade

Orchard Walk Arcade selain terinspirasi untuk memanjakan pedestrian juga merupakan sebuah area komersial.

Terdapat puluhan ruko (rumah toko) yang berjejer di kedua sisinya.

Selain itu terdapat sebuah foodcourt dengan bangunan yang disetting serta ditata secara unik.

Orchard Walk Arcade BNR Bogor
Foodcourt di Orchard Walk Arcade

Pengunjung dapat menikmati pemandangan hijau dan lalu lalangnya kendaraan sambil menikmati makanan.

Foodcourt disini terbuka sehingga pandangan pengunjung tidak terbatasi oleh dinding. Atapnya berbentuk unik seperti piramid terbalik.

Orchard Walk Arcade Bogor

Selain itu terdapat pula sebuah area terbuka yang luas di dekat foodcourt dan pertokoan.

Area ini kerap menjadi tempat nongkrong/berkumpul bagi penghuni perumahan BNR. Dengan keberadaan berbagai usaha kuliner disana, situasinya mirip dengan kafe-kafe jalanan di luar negeri.

Gedung UFO

Orchard Walk Arcade
Gedung UFO – BNR Office

Gedung ini merupakan ciri khas dari Orchard Walk Arcade. Bangunannya unik menyerupai sebuah piring terbang.

Silakan baca : Uniknya BNR Office – Mirip Piring Terbang

Selain itu ada beberapa tempat seperti The Jungle Mall , Ashton Hotel di kawasan ini.

Situasinya memang jelas diilhami oleh Orchard Road meski dalam bentuk lebih kecil dan sederhana.

Orchard Walk Arcade

Terus terang, berjalan disini sangat menyenangkan. Tidak ada rasa was was atau kesal takut tiba-tiba pemotor mengklakson. Tidak pula merasa sebal karena perjalanan terhadang oleh kegiatan jual beli PKL.

Sesuatu yang langka bisa dirasakan oleh pejalan kaki di kota ini. Kalau saja konsep seperti ini bisa diadopsi di semua tempat di Bogor, tentu budaya berjalan kaki akan lebih berkembang.

Andai.

LEAVE A REPLY