Home Wisata Orchidarium – Anggrek Dalam Kaca?

Orchidarium – Anggrek Dalam Kaca?

935
0
Orchidarium Kebun Raya Bogor
Gerbang Orchidarium

Orchidarium? Kira-kira apa yang terbayang ketika Anda mendengar kata tersebut.

Mungkinkah Anda membayangkan sesuatu yang mirip dengan akuarium? Dimana ada kaca di segala sisi dan di tengahnya ada anggrek sebagai pengganti ikan karena orchid = anggrek.

Kalau dalam benak Anda terbayang hal tersebut, maka Anda tidak salah seratus persen. Tingkat kesalahan Anda hanya mencapai level 50% saja. Alasannya karena kata orchidarium adalah saudara dekat dari kata akuarium.

Apa itu Orchidarium?

Orchidarium Kebun Raya Bogor
Pemandangan di dalam Orchidarium Kebun Raya Bogor

Orchidarium adalah sebuah turunan dari kata lain bernama Vivarium yang dikhususkan untuk anggrek. Sementara Aquarium/akuarium adalah sebuah Vivarium yang diperuntukkan untuk lingkungan air (aqua).

Sebuah vivarium bisa diartikan sebagai sebuah area yang dipergunakan untuk memelihara dan mengembangbiakkan hewan atau tumbuhan demi kepentingan pengamatan atau penelitian.

Nah, bentuk dan skala sebuah vivarium beragam. Bentuknya bisa berupa sebuah lahan cukup luas, tetapi bisa juga berukuran mini hingga bisa diletakkan di atas sebuah meja.

Aquarium dan Insectarium (untuk serangga) adalah dua jenis vivarium yang biasanya memiliki ukuran portabel atau kecil. Di dalamnya lingkungan hidup ikan atau serangga dibuat dalam ukuran mini.

Sementara Orchidarium, yaitu vivarium untuk tanaman anggrek, mengingat ukuran tanamannya sendiri agak besar, adalah merujuk pada sebuah area atau lahan tertentu. Lahan ini diisi oleh berbagai jenis spesies anggrek. Lingkungannya dibuat sedekat mungkin dengan ekosistem dimana anggrek biasa hidup dan tumbuh.

Tidak jarang sebuah orchidarium dianggap sebagai bagian dari sebuah taman dengan fungsi yang sama, alias tempat hidup si anggrek.

Orchidarium Di Kebun Raya Bogor

Orchidarium Kebun Raya Bogor
Anggrek

Dimana ada Orchidarium di Bogor? Silakan tebak sendiri karena jawabannya sangat mudah. Orchidarium dapat ditemukan di Pusat Konservasi Tanaman LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Kalau Anda asing dengan istilah itu, bagaimana dengan Kebun Raya Bogor. Nama pertama yang disebutkan adalah nama tempat ini.

Orchidarium di Kebun Raya Bogor terletak tidak jauh dari Rumah Anggrek yang pernah ditulis pada Rumah Anggrek – Warna Warni Dalam Rumah Kaca.

Letaknya di bawah Rumah Anggrek sekitar 20-25 meter ke arah Barat. Tidak seberapa luas kira-kira 1000-1500 meter persegi saja. Di depannya terdapat gapura bertuliskan Orchidarium.

Di dalam Orchidarium ini akan terlihat sebuah lingkungan yang agak gelap karena sinar matahari terhalang beberapa pohon besar. Tetapi, tidak seratus persen gelap karena sinar matahari masih bisa menyelusup di antara sela-sela daun. Suasananya mirip dengan suasana hutan dimana anggrek banyak tumbuh di Indonesia.

Memang sama dengan teorinya, Orchidarium di Kebun Raya Bogor juga dipergunakan untuk mengembangkan dan meneliti tanaman anggrek. Oleh karena itu, jenis tanaman anggrek yang dipelihara  kebanyakan adalah anggrek jenis spesies atau anggrek alam.

Orchidarium Kebun Raya BogorHal ini agak berbeda dengan Rumah Anggrek dimana tempat tersebut lebih kepada ruang pamer. Rumah Anggrek juga menjual jenis tanaman ini kepada pengunjung. Fungsinya berbeda sekali dengan Orchidarium yang bisa dikata murni untuk penelitian.

Banyak yang menulis bahwa Orchidarium dipakai sebagai tempat pembudidayaan anggrek yang dijual di Rumag Anggrek. Hanya sebagai salah satu penggemar tanaman hias, Lovely Bogor berpendapat lain. Tidak mungkin anggrek yang dipajang di Rumah Anggrek berasal dari Orchidarium.

Kalau berdasarkan pengamatan, anggrek yang ada di Rumah Anggrek berasal dari “nursery” yang ada di bagian belakangnya. Kalau Anda menemukan berbagai pot dalam kerangkeng besi, dari situlah anggrek di Rumah Anggrek berasal.

Apakah Orchidarium menarik untuk dikunjungi?

Orchidarium Kebun Raya Bogor
Bunga Non Anggrek di Orchidarium Kebun Raya Bogor

Kalau Anda penyuka warna-warni ala anggrek, maka lebih baik Anda berkunjung ke Rumah Anggrek. Suasana disana yang memang dibuat sebagai ruang pamer akan terasa lebih semarak.

Sebaliknya bila Anda penyuka ketenangan dan kehijauan, pilihlah Orchidarium. Terdapat beberapa saung (terbuat dari semen) di bawah pepohonan. Tempat ini sunyi karena jarang pengunjung datang hanya untuk melihat anggrek spesies tergantung di tunggul-tunggul kayu.

Hijau. Hijau. Hijau. Itulah yang ada disini..

Kalaupun ada warna, maka warna tersebut bukan berasal dari sebuah anggrek. Terdapat beberapa jenis tanaman bunga lain tumbuh disini.

LEAVE A REPLY