patung budha di halaman belakang Istana Bogor

Patung Budha di atas teratai di halaman belakang Istana Bogor ini memang tersembunyi dan tidak akan terlihat oleh pengunjung Kebun Raya Bogor dari arah Danau Gunting, lokasi favorit untuk mengambil foto.

Untuk melihat patung sang Sidharta Gautama dalam posisi bersemedi ini butuh sedikit usaha. Lokasinya berada di sebuah kolam kecil dekat Pintu Gerbang Istana Bogor yang berhubungan dengan Kebun Raya. Biasanya gerbang ini tertutup dan dijaga oleh pak tentara, apalagi kalau pak Jokowi sedang berada disana.

Lagipula, pandangan akan tertutup oleh pepohonan, jadi patung Budha di atas teratai ini memang ngumpet dan tidak akan terlihat jika kita tidak melongok melalui celah pagar.

patung budha di atas teratai di pekarangan belakang Istana Bogor

Terus terang. Lovely Bogor tidak tahu sejarah atau cerita terkait dengan patung ini. Tetapi, kalau menilik banyaknya benda-benda seni yang berada di pekarangan belakang istana kebanggaan Indonesia itu, pastilah patung Budha di atas teratai ini memiliki nilai khusus.

Beberapa patung bernilai seni memang diletakkan disana, seperti Patung Tangan Tuhan atau The Hand of God yang penampakan menjadi pemandangan menarik. Patung, yang kelihatannya terbuat dari logam setinggi kurang lebih satu meter ini tentulah memiliki sejarah dan bernilai seni tinggi.

Sayangnya, meskipun sudah berusaha mencari tahu, via internet, tidak ada rujukan yang bisa menjelaskan mengenai hal-hal yang terkait dengan patung Budha ini. Website Istana Bogor hanya menyebutkan ada sebuah patung Budha di Istana Bogor yang merupakan hadiah dari Burma (Myanmar sekarang) tetapi tidak menyebutkan lokasi dan letaknya.

Sayang sekali padahal tentunya akan sangat memberikan pengetahuan bila hal itu bisa disampaikan.

Mudah-mudahan di lain waktu ada yang bisa memberikan penjelasan tentang patung Budha di atas teratai ini.

Mungkin Anda bisa membantu?

2 COMMENTS

  1. mmmm..sungguh Info yang membutuhkan sebuah pejuangan dan tidak asal tulis saja…pencarian info yang lebih mendalam sebelum ditulis…saluttt…

    • Salut juga buat Kang Nata..:D

LEAVE A REPLY