Taman di Kota Bogor
Taman Heulang

Satgas Taman – Kalau bisa mengacungkan empat jempol, saya sudah melakukannya. Sayangnya kalau keempat jempol yang saya punya harus diacungkan, saya bisa jatuh.

Tetapi memang benar, ingin rasanya menyampaikan apresiasi terhadap satgas taman yang dibentuk kelompok belajar bernama Bogor Clear Action (BCA), seperti yang diberitakan di sini.

Di tengah masyarakat dimana kaum mudanya lebih suka bergelut dengan gadget dan sering tidak mau peduli pada sekitarnya, ternyata masih ada remaja atau pemuda yang peduli terhadap lingkungannya. Apalagi mau melakukan tindakan nyata, bukan sekedar omong kosong saja.

Jadi sulit untuk tidak kagum pada apa yang mereka lakukan.

Terlebih memang sebuah kenyataan bahwa masyarakat Bogor masih kurang peduli terhadap lingkungan. Membuang sampah sembarangan sepertinya masih menjadi kebiasaan yang dipandang normal.

Oleh karena itu tidak mengherankan kalau taman-tamannya sering terlihat kotor dan jorok. Coba saja datang berkunjung setiap hari minggu ke beberapa taman favorit di Bogor seperti Taman Heulang, Taman Ekspresi, dan Taman Corat Coret. Anda pasti akn menemukan serakan plastik bekas makanan atau minuman.

Untung sekali dengan adanya satgas taman bentukan BCA ini, kemungkinan besar akan ada tambahan tenaga untuk membantu membersihkan. Tidak hanya mengandalkan pada petugas kebersihan yang jelas sudah kerepotan.

Juga dengan adanya mereka ini, maka tugas Park Ranger, yang biasa menjaga taman akan terbantu. Para pelajar yang tergabung dalam satgas taman tentu bisa mengingatkan pengunjung taman agar ikut menjaga kebersihan. Mereka juga bisa mendorong timbulnya kesadaran terhadap kebersihan.

Taman Ekspresi Bogor
Taman Ekspresi

Sebuah inisiatif yang harus dipuji dan disupport oleh berbagai kalangan.

Bagiamana dengan Anda? Mau ikut membantu? Tidak susah kok sebenarnya. Kalau masih malu untuk turun memunguti sampah di taman-taman di Bogor, atau masih canggung mengingatkan orang lain supaya tidak membuang smpah sembarangan, bisa dengan cara sederhana ini. Jangan buang sampah sembarangan ketika sedang ada di taman.

Paling tidak hal itu akan mengurangi sampah yang harus dipunguti oleh satgas Taman. Juga akan membuat mereka lebih efisien karena jumlah orang yang harus diingatkan akan berkurang.

Mudah kan?

LEAVE A REPLY