Bundaran Taman Yasmin Bogor

Bundaran Taman Yasmin adalah nama sebuah taman di dalam kawasan perumahan Taman Yasmin. Bentuknya yang berbentuk lingkaran membuatnya disebut dengan bundaran.

Di taman ini terdapat sebuah kolam dan taman yang dihiasi dengan sebuah tugu unik di tengah kolam.

Tempat ini setiap hari Minggu menjadi salah satu kawasan yang ramai dikunjungi oleh banyak warga Bogor, terutama yang tinggal di belahan Utara Kota Bogor. Alasannya karena pada akhir pekan tersebut, area di sekitarnya menjadi sebuah arena pasar kaget.

Memang di dekat Bundaran Taman Yasmin sudah ada bangunan komersial berbentuk ruko. Hanya, ketika hari Minggu, para pedagang kaki lima menggelar lapak mereka di atas trotoar dan taman yang ada di sekitarnya.

Memang hal ini sebenarnya merupakan sesuatu yang dilarang, tetapi pada kenyataannya kebiasaan ini sudah berlangsung bertahun-tahun lamanya.

Sarapan, Belanja, Bermain di Bundaran Taman Yasmin

Bundaran Taman Yasmin Bogor

Warga Bogor yang berkunjung ke tempat ini biasanya kalau tidak untuk mencari sarapan, ya untuk belanja. Mereka biasanya datang beramai-ramai beserta keluarga atau teman.

Pada hari Minggu, akan mudah ditemukan berbagai makanan untuk mengisi perut. Mulai dari bubur, jajanan hingga masakan Padang. Pengunjung bisa memilih mana yang disuka.

Selain makanan, juga banyak sekali ditemukan penjual pakaian, sepatu, hingga sepeda motor.

Sepeda motor? Ya, ramainya pengunjung pada akhir pekan tersebut sering dimanfaatkan para dealer sepeda motor untuk menawarkan kendaraan roda dua tersebut. Sebagai display, seringkali sepeda motor yang ditawarkan dipajang di atas sebuah pick up.

Karena kebanyakan pengunjung datang beserta keluarga, para penjual mainan anak-anak pun tidak mau ketinggalan meraup rejeki disini. Tukang delman pun berjejer di salah satu sudut jalan menanti anak-anak yang hendak merasakan berkeliling dari atas kereta kuda mereka.

Suasananya setiap Minggu pagi lebih mirip sebagai sebuah tempat wisata dibandingkan sebuah taman di dalam perumahan.

Bundaran Taman Yasmin

Pasar kaget dan kegiatan di Bundaran Taman Yasmin selain memberikan keuntungan terhadap para pelakunya, ternyata kadang juga menimbulkan keluhan.

Keluhan tersebut terutama datang dari masyarakat yang tinggal di perumahan tersebut.

Parkiran motor dan mobil yang memakai badan jalan sering menimbulkan kemacetan. Ditambah dengan pemakaian taman-taman di sekitarnya oleh para pedagang yang merusak keindahan taman.

Oleh karena itu Pemda Kota Bogor secara rutin melakukan pengawasan dan penertiban di kawasan ini. Para Satpol PP, saat LB berkunjung kesana, melakukan penertiban untuk membersihkan trotoar dan taman dari pedagang.

Bundaran Taman Yasmin Bogor

Pasar Kaget Bundaran Taman Yasmin sebenarnya bisa dijadikan daya tarik sendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Bogor. Mereka bisa merasakan kegiatan yang biasa dilakukan warga Bogor setiap Minggu pagi.

Cukup menarik karena bagi penggemar belanja seringkali ditemukan penjaja barang sisa export yang menawarkan barang-barang bermerk (terutama produk fashion) dengan harga murah. Juga bagi penggemar kuliner, tidak jarang penjaja kuliner tradisional nongkrong di kawasan ini.

Pedagang Busana Bundaran Taman Yasmin Bogor

Yang perlu dilakukan adalah penataan agar tidak ada yang merasa dirugikan.

Bila Anda ingin bermain ke Bundaran Taman Yasmin, silakan pakai petunjuk yang sudah ada di Jalan Abdullah Bin Nuh. Perumahan Taman Yasmin terletak di jalan ini.

Berhenti saja di Giant Ekstra atau Graha Pena. Lalu lanjutkan dengan berjalan kaki ke dalam perumahan.

Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY