patung dada soedjana kassan di Kebun Raya Bogor 2

Jika Anda berjalan-jalan ke arah Utara Kebun Raya Bogor Anda akan menemui sebuah taman dimana ada “Garuda” menebar sayap di antara hijaunya rumput. Lokasi taman ini berada tepat di pinggir tembok yang membatasi KRB dengan Jalan Jalak Harupat dan Lapangan Sempur.

Taman ini bernama Taman Lebak Soedjana Kassan. Tamannya indah dengan hamparan rumput dan dihiasi dengan banyak bunga bougainville alias si bunga kertas.

Salah satu tempat favorit bagi pengunjung yang membawa rombongan berwisata di kebun botani pertama di Asia ini.

lokasi pemotretan foto pra wedding terbaik di BogorTetapi, tahukah Anda siapa sih sebenarnya Soedjana Kassan sehingga namanya diabadikan sebagai salah satu bagian dari tempat paling terkenal dan sekaligus bersejarah di Kota Bogor itu.

Soedjana Kassan : Si Pencinta Tanaman Hias

Soedjana Kassan adalah nama seorang pria yang lahir dari keluarga pendeta desa. Dikenal sebagai seorang pecinta tanaman hias, terutama anggrek.

Pendidikannya juga tidak tinggi dan hanya merupakan lulusan MULO atau setara SMP di masa sekarang.

Namanya berkibar, terutama di kalangan pecinta anggrek dan tanaman hias karena berbagai tanaman tumbuh subur ketika ditanganinya. Bahkan, tanaman-tanaman yang hampir mati pun akan sembuh dan hidup ketika mendapat sentuhan tangannya.

Tetapi, bukan itu yang menyebabkan namanya diabadikan menjadi sebuah taman indah yang memiliki lambang Garuda di tengahnya.

foto soedjana kassanYang membuat nama Soedjana Kassan disematkan pada taman di dalam Kebun Raya Bogor adalah ia merupakan orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Kepala Kebun Raya Bogor. Jabatan ini diembannya antara tahun 1959 hingga 1964 atau sekitar 142 tahun sejak kebun botani ini berdiri di tahun 1817.

Sebelumnya para kepala KRB adalah orang Belanda. Memang ada satu nama Indonesia lainnya, yaitu Kusnoto Setyodiwiryo (1949-1959) yang pernah mengepalainya, tetapi pada saat itu KRB masih di bawah Lembaga Pusat Penyelidikan Alam, yaitu badan yang mengawasi tempat yang dulunya bernama Lands Plantentuin ini pada masa peralihan wewenang dari Belanda ke Indonesia.

kusnoto setyodiwiryo

Figur Soedjana Kassan dikenal sebagai orang yang dekat dengan pegawai. Ia dikenal sebagai orang yang jarang di kantor karena lebih suka turun ke lapangan dan berbaur dengan pengelola disana.

Ia banyak mengajarkan secara langsung berbagai pengetahuannya tentang cara merawat tanaman kepada mereka yang berada di bawah komandonya. Beberapa taman di dalam KRB merupakan hasil karyanya.

Keahlian dan pengetahuannya dalam tanaman hias inilah yang mengundang perhatian dari Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno.

Pada tahun 1962, menjelang pelaksanaan Asean Games di Jakarta, Soedjana Kassan diminta untuk menata kebun di Hotel Indonesia dan berbagai fasilitas terkait ajang pesta olahraga Asia ini.

Kecintaannya pada pekerjaan di lapangan membuatnya memutuskan untuk meletakkan jabatannya pada tahun 1965 dan memutuskan untuk menggunakan waktunya beraktivotas lebih banyak di kebun.

Soedjana Kassan pensiun pada tahun 1972 atau 46 tahun yang lalu.

taman lebak soedjana kassan 2Namanya diabadikan pada taman ini untuk mengenang jasa-jasanya bagi Kebun Raya Bogor. Apalagi kalau mengingat pada masa itu lokasi yang sekarang menjadi Taman Lebak Soedjana Kassan itu adalah bekas tempat pembuangan sampah Kota Bogor. Tetapi, yang terlihat sekarang adalah sebuah taman yang indah dan nyaman sekali bagi mereka yang berwisata.

(Baca juga : Kebun Raya Bogor – Tempat Mana Yang Menarik)

Sebagai tanda penghargaan di taman itu juga ada sebuah patung dada sang pecinta anggrek itu di sebelah Timur Taman yang menghadap ke tangga.

Jangan pernah lupa main kesini yah.

LEAVE A REPLY