Stasiun Cilebut Bogor
Pemandangan Stasiun Cilebut Bogor di malam hari

Stasiun Cilebut adalah stasiun yang dalam rute Commuter Line terletak setelah atau sebelum Stasiun Bogor. Bagi yang berangkat dari stasiun Bogor, stasiun ini adalah yang pertama disinggahi. Sedangkan bagi yang menuju ke arah Bogor, stasiun ini adalah sebelum stasiun akhir, Bogor.

Bila dihitung waktu tempuh dengan menggunakan kereta, maka jaraknya dengan stasiun akhir, yaitu Bogor adalah 7-8 menit saja.

Lokasi Stasiun Cilebut

Alamat resmi stasiun ini berada di jalan Raya Cilebut, Desa Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Lokasinya berada di perbatasan antara Kabupaten dan Kotamadya Bogor.

Stasiun Cilebut berada di lokasi pertemuan tiga buah jalan. Jalan pertama adalah Jalan Raya Cilebut yang menghubungkan Cilebut dengan Jalan Soleh Iskandar. Yang kedua adalah Jalan Raya Bojong Gede yang berhubungan dengan Bojong Gede. Yang terakhir Jalan Pendidikan yang menghubungkan Cilebut dengan kawasan Kayu Manis.

Kawasan dimana stasiun ini didirikan sekarang merupakan kawasan yang padat penduduk. Terutama sejak perkembangan Bogor yang begitu cepat.Sejak 10 tahun terakhir banyak perumahan didirikan di kawasan ini, seperti Pesona Cilebut I dan II, Cilebut Residence , Perumahan PMI dan masih ada beberapa perumahan lagi yang terus merebak dan merambah kawasan Cilebut.

Lokasinya inilah yang menyebabkan stasiun Cilebut tidak pernah sepi dari pagi hari sampai malam hari.

Stasiun Cilebut Bogor
Stasiun Cilebut Bogor

Stasiun Cilebut dan fasilitas

Seiring dengan berbagai perbaikan sarana dan prasarana perkereta- apian Indonesia, stasiun Cilebut pun mendapatkan imbasnya. Berbagai perubahan telah dilakukan terhadap stasiun ini sejak tiga tahun terakhir.

Bila 3 tahun yang lalu, penumpang harus berdesak-desakan di peron karena sebagian lahannya dipergunakan untuk berdagang, hal tersebut tidak ada lagi. Seluruh kios pedagang di dalam stasiun telah dibongkar setelah masa sewa berakhir. Peron sejak saat itu hanya diperuntukan bagi penumpang.

Stasiun Cilebut juga diperluas dengan penambahan bangunan baru. Dulunya tepat di sebelah stasiun adalah sebuah pasar kecil dengan toko-toko yang berjejer menempel ke dinding stasiun. Sekarang tempat tersebut diubah menjadi area keluar masuk penumpang lengkap beserta “gate tap in” dan loket. Begitu pula di bagian Timur stasiun, satu set gerbang dan loket tersedia.

Stasiun Cilebut Bogor
Gerai Alfamart di dalam stasiun Cilebut Bogor

Fasilitas-fasilitas yang ditujukan untuk penumpang terus ditambahkan seperti musholla yang mempergunakan bangunan lama stasiun. Toilet gratis dan bahkan sebuah taman kecil ditambahkan di dalam lingkungan stasiun.

Sarana-sarana penunjang berbau modern yang serba elektronik semakin banyak tersedia. Sebuah ATM Mandiri berada di depan loket. Mesin isi ulang Flazz dan BNI Tap Cash berdiri di depan pintu keluar masuk. Bagi penumpang yang haus atau lapar, saat ini sudah tersedia sebuah gerai Alfamart dan Roti-O.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi tersedia sebuah area parkir motor sebelah Utara bangunan stasiun dan untuk mobil di sebelah Selatan. Sistem yang dipakai juga adalah sistem kartu elektronik.

Untuk menjaga ketertiban di lingkungan stasiun, sejumlah Petugas Keamanan Dalam berlalu lalang setiap saat. Mereka selain menjaga keamanan juga memberikan bantuan kepada penumpang.

Stasiun Cilebut juga menerapkan aturan bebas asap rokok di seluruh bagian dalam stasiun.

——-

Banyak pengunjung kota hujan ini yang memanfaatkan jasa si ulat besi hanya tahu bahwa untuk menuju Kota Bogor berarti harus turun di perhentian terakhir, yaitu stasiun Bogor. Padahal perkembangan zaman telah merubah kota ini begitu banyak. Berbagai hal yang sebelumnya hanya terdapat di pusat kota, sekarang juga terdapat di area pinggiran.

Stasiun Cilebut Bogor
Stasiun Cilebut Bogor

Seperti contoh, untuk membeli oleh-oleh khas Bogor seperti Lapis Talas Sangkuriang, Asinan Gedong Dalem dan Roti Unyil, mereka hanya tahu harus berhenti di stasiun akhir. Kemudian dilanjutkan dengan naik angkot ke gerai-gerai yang berada di jalan Suryakencana dan Pajajaran. Padahal ketiga merk tersebut sudah memilik cabang/gerai yang lebih cepat dijangkau dari stasiun Cilebut.

Contoh yang lain, mungkin anda sudah dengar Marco Polo Water Adeventure. Tempat hiburan yang berada di lingkungan Perumahan Bukit Cimanggu City ini lebih mudah dijangkau dari stasiun Cilebut dibandingkan dari Stasiun Bogor

Sudah jenuhnya pusat kota Bogor, membuat perkembangan sekarang beralih ke kawasan di Utara kota talas ini. Banyak perumahan-perumahan baru didirikan di area sekitar Cilebut dan jalan Soleh Iskandar. Pusat bisnis pun mulai beralih ke arah yang sama.

Apa yang sebelumnya hanya bisa ditemukan di pusat kota, sekarang dengan mudah bisa ditemukan di area-area perbatasan dengan Kabupaten Bogor. Daerah-daerah yang justru lebih mudah dijangkau dari stasiun ini.

Oleh karena itu, apabila anda hendak berkunjung ke Bogor, ada bagusnya anda cek alamat tujuan dan dimana beradanya. Setelah itu bisa ditentukan apakah harus berhenti di Stasiun Cilebut atau Stasiun Bogor.

——-

Stasiun Cilebut Bogor
Peron Stasiun Cilebut Bogor

Cara Menuju Stasiun Cilebut

Hanya ada satu trayek angkutan yang melalui Stasiun Cilebut. No trayeknya adalah 07 Biru dengan Rute Bojong Gede – Pasar Anyar. Angkot bernomor ini akan lewat persis di depan stasiun. Tarifnya tergantung darimana anda naik tetapi rata-rata Rp. 4,000-6,000.-

1) menuju ke pusat kota : arah yang harus dituju adalah Selatan (kalau dari posisi pintu keluar utama, arah yang harus anda ambil adalah KIRI)

2) menuju ke Bojong Gede : arah sebaliknya yang harus anda ambil

Angkutan lain yang ada di depan stasiun adalah OJEK atau OJEG (tergantung anda mau melafalkan seperti apa). Biasanya dipakai untuk tujuan yang memakai Jalan Pendidikan karena tidak ada rute angkot yang langsung dari depan stasiun. Salah satu tujuan yang bisa dipakai dengan ojeg adalah Marco Polo Water Adventure yang saya sebutkan tadi.

Bila tujuan anda ada di Barat Kota Bogor, seperti Kampus IPB Dramaga, Perumahan Taman Yasmin, Tamansari Persada dan lain-lain yang memakai jalur Jalan Soleh Iskandar (SOLIS), anda bisa naik angkot no 06 Biru ke arah pusat kota. Anda harus berhenti tepat di depan jalan Kebon Pedes. Kemudian lanjutkan berjalan kaki sedikit ke tempat angkot no 32 Biru yang trayeknya menyusuri jalan Solis.

Rute ini juga bisa dipakai kalau anda ingin membeli Roti Unyil, Lapis Bogor Sangkuriang dan Asinan Gedong Dalem sekaligus. Letak ketiga gerai ini berada di satu area di dekat Bogor Indah Plaza. Lihat tulisan saya mengenai jalan Soleh Iskandar dan juga Bogor Indah Plaza untuk lebih jelasnya.

Mudah-mudahan informasi ini bisa membantu anda

2 COMMENTS

  1. Kondisi jalan depan stasiun mengenaskan. Macet luar biasa. Sebaiknya cari jalan alternatif, jalan lewat depan stasiun, karena pedagang dan parkir menyebabkan macet parah

    • Memang.. amat sangat macet apalagi pada saat hujan. Seperti tidak ada aturan dan sopan santun berlalu lintas disana.. Belum lagi ojeg dan pedagangnya…

LEAVE A REPLY