“Pak, tempat wisata di Bogor yang bagus untuk dikunjungi mana saja?”

Pertanyaan sejuta dollar. Disampaikan via email ke admin Lovely Bogor beberapa waktu yang lalu. Itu pertanyaan terakhir dari beberapa pertanyaan sejenis yang menanyakan informasi mengenai tempat wisata di Bogor, si Kota Hujan.

Tempat Wisata Di Bogor

Saya sebut pertanyaan sejuta dollar karena hanya sebaris saja. Tidak panjang dan hanya terdiri dari beberapa kata saja. Simple. Sederhana. Tidak ruwet. Jelas sekali.

Disebut susah untuk menjawabnya tidak juga. Bogor sebagai kota yang dikunjungi lebih dari 4 juta pelancong setiap tahun memiliki banyak sekali obyek wisata yang bisa disebutkan.

Disitulah letak masalahnya. Banyak sekali!

Sebuah ungkapan yang menunjukkan bahwa jumlah pastinya tidak tentu. Tidak diketahui dengan jelas. Bahkan, bagi saya yang sudah tinggal lebih dari 38 tahun di Kota Hujan ini, jumlah pastinya susah disebutkan.

Pertanyaan yang luar biasa juga. Mengucapkan kalimatnya kurang dari semenit saja, tetapi bagi pihak yang ditanya akan membutuhkan waktu yang panjang untuk menjelaskannya.

Sangat panjang.  Saya, setelah memutuskan untuk menjawabnya dalam bentuk artikel , membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu untuk menyusun artikel ini.

Curug Cigamea Bogor

Bukan karena balas dendam menerima pertanyaan seperti itu, tetapi saya akan coba membawa Anda berkeliling ke berbagai tempat wisata di Bogor, di dunia maya tentunya. Saya akan menjadi tour guide untuk menelusuri berbagai tempat wisata di Bogor.

Kalau di dunia nyata, perjalanan itu bisa memakan waktu berbulan-bulan, artikel ini kemungkinan besar akan memerlukan 1-2 jam waktu Anda. Sekali lagi, bukan karena ingin membuat Anda capek, tetapi kalau jawabannya pendek, maka hanya sedikit informasi yang didapat.

Jadi bersiaplah untuk sedikit berkelana menelusuri pelosok-pelosok Bogor. Persiapkan bekal, tidak perlu pakai ransel, tetapi satu-dua gelas kopi hangat dan cemilan akan menjadi teman yang menyenangkan. Artikel ini berisi kurang lebih 10.000 kata.

Kalau Anda ragu bisa menuntaskannya dalam sekali baca, lebih baik halaman ini di-boomark. Anda bisa kembali setelah ada waktu luang.

Anda boleh anggap saya sebagai tour guide selama berada di artikel ini. Kalau ada pertanyaan terkait tempat wisata di Bogor, silakan meninggalkan pesan di kolom komentar.

Nah, saya akan mulai perjalanan ke

50 Tempat Wisata di Bogor

Untuk sementara, jumlahnya akan dibatasi 50 buah tempat wisata di Bogor dulu. Hanya saja, ini bukan angka yang statis alias tidak akan berubah.

Banyak sekali tempat yang dulunya tidak terkenal tiba-tiba menjadi santer di sosial media sebagai tempat wisata di Bogor. Jumlahnya terus bertambah. Lagipula, saat ini belum semua tempat wisata di Bogor yang bisa dimasukkan ke dalam daftar karena saya sebagai penulis masih butuh informasi lebih lanjut.

Daftar tempat wisata di Bogor ini akan diupdate terus menerus. Penambahan akan dilakukan setiap 10 obyek wisata yang artikelnya sudah saya tulis.

Pembagian Kategori Tempat Wisata Di Bogor

Berbagai tempat wisata di Bogor yang ada di artikel ini akan dibagi dalam beberapa kategori, yaitu :

Kategori Wisata Khusus :

Dua buah tempat wisata di Bogor yang bisa dikata menjadi ikon kota/kabupaten bersimbol Kujang ini. Posisinya sangat istimewa karena menyangkut bukan sekedar wisata saja tetapi juga sejarah di Bogor.

Kategori Wisata Alam dan Air

Berbagai obyek wisata di Bogor yang penekanannya pada unsur keindahan alam dan tempat bermain air. Bisa berupa obyek wisata alami atau buatan.

Kategori Wisata Budaya dan Pendidikan

Kategori ini untuk semua tempat wisata di Bogor yang menekankan unsur budaya, seperti sejarah, seni, budaya sebagai daya tariknya.

Kategori Wisata Permainan

Tempat wisata di Bogor yang mengajak pengunjungnya untuk fun alias kesenangan akan dimasukkan pada kategori ini. Biasanya berupa lokasi wisata buatan.

Terkadang satu tempat wisata di Bogor sebenarnya bisa dimasukkan dalam 2-3 kategori, hanya kalau itu dilakukan akan terjadi pengulangan. Jadi meskipun, ada yang seperti itu, maka obyek tersebut akan dimasukkan ke kategori yang paling mendekati karakter obyek wisata tersebut.

Kategori wisata kuliner akan dibuatkan terpisah. Terlalu panjang kalau harus menulis juga tentang perkulineran di Bogor.

Tidak ada favoritisme atau kata-kata bombastis

Daftar ini tidak dibuat sebagai rekomendasi. Justru, saya berharap Anda bisa memilih sendiri tempat wisata di Bogor yang mana yang sesuai dengan keinginan.

Juga tidak ada kata-kata menipu dan bombastis, seperti “tempat wisata di Bogor yang wajib dikunjungi“, “tempat nongkrong paling favorit di Bogor“, dan sejenisnya.

Masing-masing orang punya selera. Masing-masing orang punya tempat favorit. Tidak pernah ada survey mengenai yang mana yang favorit dan tidak. Jadi, penggunaan kata-kata itu tidak akan digunakan dalam menjelaskan tentang sebuah lokasi wisata.

Nomor bukan menunjukkan peringkat, hanya sekedar nomor urut agar penulis, dan tentunya pembaca tahu sudah berapa banyak yang ditulis/dibaca. 😀

Warung Nasi Curug Nangka

Nah, cukup sudah wejangan dari sang pemandu wisata. Saya tahu Anda sudah tidak sabar untuk melihat seperti apa 50 tempat wisata di Bogor yang ada dalam artikel ini.

Baiklah, kita mulai dari

——–

Kategori : Tempat Wisata Khusus

1) Kebun Raya Bogor

The Canary Avenue in Bogor BOtanical GardensBoleh lah blog-blog atau website lain menyebut tempat lain sebagai favorit yang wajib dikunjungi, tetapi Lovely Bogor akan selalu menempatkan Kebun Botani pertama di Asia Tenggara ini pada urutan puncak tempat wisata di Bogor yang tidak boleh dilewatkan.

Tempat ini mengandung sejarah panjang dan diyakini banyak orang sebagai tempat yang terkait dengan lahirnya Bogor. Belum lagi di Kebun Seluas 87 hektar ini terkandung banyak sekali pengetahuan, terutama yang terkait dengan hutan, pertanian, flora dan fauna Indonesia.

Kebun Raya Bogor lebih dari hanya sekedar tujuan wisata biasa. Tempat ini memiliki lebih dari itu. Oleh karena itu saya akan bilang, kalau Anda belum pernah mengunjungi yang satu ini, berarti Anda belum ke Bogor.

Kalau Anda merasa tempat ini membosankan karena isinya hanya pepohonan, saya akan bantu Anda menemukan keindahannya pada artikel sebelumnya Kebun Raya Bogor – Tempat Mana Yang Menarik?

2) Istana Bogor

Istana Bogor Dan Tangan Tuhan
Patung Tangan Tuhan di Istana Bogor

Seharusnya saya tidak memasukkannya ke dalam daftar tempat wisata di Bogor. Tempat ini tidak terbuka untuk umum dan kunjungan wisata setiap harinya. Hanya pada saat ada even khusus, publik dapat berkunjung setelah mendapatkan izin.

Salah satu even dimana pengunjung umum dapat berkunjung dan melihat-lihat salah satu sisi Istana Bogor adalah pada saat setiap HUT Kota Bogor. Pada saat itu dikenal istilah Istura, atau Istana Untuk Rakyat dimana semua orang boleh masuk setelah mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Meskipun tertutup, memang tidak salah juga bahwa Istana iBogor setiap minggunya akan dibanjiri wisatawan lokal atau dari luar kota. Mereka tidak memasuki wilayah istana, tetapi hanya sampai pagarnya saja.

Pagar Istana Bogor di sekitar Jalan Juanda adalah tempat favorit untuk memberi makan rusa totol yang hidup di halaman Istana Bogor. Setiap akhir pekan atau di kala hari libur, trotoar di sepanjang pagar Istana Bogor tidak bedanya dengan kebun binatang. Para pengunjung yang kebanyakan keluarga bergerombol untuk menyuapkan sayuran ke mulut hewan cantik bertotol yang memunculkan moncongnya di sela pagar.

Jadi, meskipun bukan seratus persen tempat wisata, tidak ada salahnya juga dimasukkan ke dalam daftar tempat wisata di Bogor, dengan catatan KHUSUS.

Nah, cukup dua tempat wisata  itu yang dibuatkan kategori spesial, bahkan sangat spesial.

———

Kategori : Tempat Wisata Alam Dan Air

Diapit oleh tiga buah gunung di Jawa Barat, Gunung Gede, Pangrango, dan Salak, Bogor dianugerahi oleh pemandangan alam yang indah dan air terjun kecil, yang disebut dengan curug.

Tidak sebesar Air Terjun Niagara, tetapi cukup untuk mendingnkan kepala yang panas karena rutinitas sehari-hari. Mayoritas airnya dingin dan sejuk karena berasal dari sumber mata air pegunungan.

Mayoritas tempat wisata di Bogor mengandalkan kedua hal ini sebagai daya tarik. Meskipun demikian beberapa lokasi wisata air buatan modern juga bisa ditemukan.

Dalam kategori ini, saya akan memulainya dari tiga buah tempat wisata air buatan.

3) Marcopolo Water Adventure

Karakter Lucu Ikan Paus di Marcopolo
Ikan Paus

Walaupun kecil, hanya seluas kurang lebih 118 kilometer persegi, Kota Bogor memiliki 2 buah waterpark yang cukup terkenal. Pengunjungnya bukan hanya berasal dari dalam Bogor saja, terkadang banyak pengunjung dari wilayah seperti Serang, Lebak, bahkan Cirebon datang untuk bermain disini.

Salah satu yang terkenal adalah Marcopolo Water Adventure atau kerap juga dikenal dengan Marcopolo Waterpark.

Waterboom ini memiliki cukup banyak wahana yang akan memuaskan pengunjung yang gemar berenang, ciprat-cipratan air dan berseluncur dari ketinggian ke dalam kolam.

Tema yang dipergunakan di waterpark dalam perumahan Bukit Cimanggu City ini (tempat saya tinggal) bernuansa lautan atau samudera, sesuai dengan namanya yang diambil dari penjelajah terkenal berabad yang lalu. Ada banyak patung lucu yang terdapat di dalam waterpark ini.

Untuk selengkapnya dan untuk menemukan wahana apa saja, serta apa yang bisa dinikmati di Marcopolo Water Adventure silakan baca

4) The Jungle Water Adventure

The Jungle Water Adventure Bogor
Hutan Di The Jungle Water Adventure

Tempat wisata di Bogor yang bertemakan dunia air berikutnya adalah The Jungle Water Adventure.

Namanya memang berarti hutan, tetapi sebenarnya disini adalah tempat bermain air yang seru. Pengunjung akan dibawa berkelana ke dalam sebuah lingkungan “hutan” Indonesia. Oleh karena itu, jangan heran kalau berbagai nama wahana yang ada disana sangat berbau Indonesia.

Unik, menarik dan sebuah tempat yang menawarkan serunya bermain air yang bukan hanya berenang.

Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan pengunjung di The Jungle Water Adventure. Kalau Anda ingin membuat rencana kegiatan dan juga ingin tahu apa yang menarik disana, bisa baca dua tulisan di bawah ini

5) Kolam Renang Mila Kancana

Kolam Renang MIla Kancana
Kolam Anak di Mila Kancana

Kolam Renang, sekarang tertua di Kota Bogor yang masih beroperasi, meski tidak memiliki sarana atau wahana semegah waterpark, bisa dijadikan pilihan kalau hanya ingin bermain air saja.

Lokasinya tidak jauh dari pusat kota dan juga sangat murah tarif masuknya.

———

Nah, selanjutnya adalah tempat wisata di Bogor yang sifatnya natural atau alami. Bagian yang ini akan dimulai dari

6) Curug Nangka

Curug Nangka Taman Sari Bogor
Curug Nangka, 2016

Salah satu tempat wisata di Bogor yang namanya cukup terkenal adalah Curug Nangka, atau Air Terjun Nangka. Kawasan di kaki Gunung Salak ini merupakan favorit banyak pelancong yang datang ke Bogor.

Bukan hanya karena keberadaan air terjun bernama buah tersebut, tetapi kawasan ini juga menawarkan keindahan alam. Hal ini dikarenakan Taman Wisata Curug Nangka berada di kawasan hutan pinus dengan hawa yang dingin dan sejuk.

Lokasi air terjunnya sendiri yang agak tersembunyi, memberikan sebuah tantangan tersendiri bagi yang ingin sekedar melihat atau bermain air di kolam di bawah air terjun.

Di dalam kawasan ini pun sebenarnya terdapat 2 buah curug yang lebih kecil dan berasal dari aliran yang sama , salah satunya adalah Curug Daun.

Lokasinya pun tidak seberapa sulit untuk dijangkau, walau tentunya dengan kemacetn di Kota Bogor, tetap butuh perjuangan untuk mencapainya.

Silakan lihat ulasannya di artikel

7) Curug Luhur

City Blogger - Foto Curug Luhur
Curug Luhur

Meskipun mendapat banyak sorotan karena tingkah pengelolanya yang tidak profesional, salah satu tempat wisata di Bogor bisa menjadi salah satu pilihan untuk menikmati wisata air.

Berbeda dengan beberapa curug lainnya, yang mengandalkan kealamian air terjun dan lingkungan sekitarnya, pengelola Curug Luhur sudah menambahkan fasilitas ala waterboom. Beberapa kolam renang dibuat dengan memanfaatkan aliran air terjun. Juga beberapa wahana sederhana dibangun sehingga menyerupai waterpark.

Dibandingkan dengan tempat wisata sejenis yang lain, tarif masuk obyek wisata ini yang paling mahal. Begitu pula, tarif parkirnya yang bahkan melebihi tarif maksimal di mall-mall Kota Bogor.

Meskipun demikian, bila Anda memang berminat untuk bermain air saja, tempat ini bisa dipertimbangkan. Lokasinya yang paling mudah dicapai dari jalan umum bila menggunakan kendaraan pribadi. Posisinya berada hanya beberapa kilometer dari Curug Nangka.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat artikel

8) Curug Cigamea

Curug Cigamea II
Pemandangan Curug Cigamea II bila dilihat dari samping

Curug Cigamea terletak sama dengan dua curug sebelumnya, yaitu di kaki si Gunung Salak, Gunung Perak. Tetapi, untuk mencapainya, siapapun yang berminat melihat si sexy ini harus menempuh arah yang berbeda.

Air terjun Cigamea ini terletak di sebelah Barat dari Gunung Salak. Pelancong harus mengarah ke Cibungbukang, Cibatok untuk mencapainya. Lokasinya berada di sebuah Taman Wisata Gunung Salak Endah, sebuah kawasan wisata alam dimana di dalamnya terdapat beberapa curug dengan pemandangan alam yang indah.

Tidak sulit mencapai lokasinya karena jalan ke arah lokasi bisa disebut bagus. Dari pusat kota Bogor kira-kira 38 kilometer secara total dan harus ditambah dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 800 meter untuk menuju ke lokasi Curug Cigamea.

Curug Cigamea sendiri bisa disebut curug kembar karena terdapat dua buah air terjun yang berdampingan di dalamnya.  Pemandangan di sekitarnya juga sangat wow, menurut saya.

Walau agak melelahkan untuk menuju lokasi, tempat wisata air di Bogor ini, patut lah menjadi salah satu tempat bermain air.

Untuk lebih lengkapnya dan untuk melihat pemandangan seperti apa yang ada di curug yang satu ini, silakan kunjungi artikel-artikel berikut

9) Curug Seribu

Tempat Wisata di Bogor
Curug Seribu

Masih berada di Taman Wisata Gunung Salak Endah, di kaki Gunung Salak, ada sebuah curug lagi yang pasti menguras tenaga untuk melihatnya. Bentuknya adalah sebuah air terjun dan tentunya pemandangan alam yang indah.

Curug ini merupakan yang paling tinggi di antara semua curug yang ada di kawasan itu. Juga yang paling sulit dicapai.

Butuh perjuangan menapaki jalan setapak terjal selama 45 menit hingga 1 setengah jam sekali jalan untuk bisa melihat curug ini. Dengan kata lain hampir 2 jam hingga 3 jam untuk perjalanan saja. Oleh karena itu bagi siapapun yang ingin kesini harus meluangkan waktu agak banyak, karena untuk melihatnya butuh banyaj waktu, dan tentu saja tenaga.

Kalau diukur dari ujung jalan masuk Curug Cigame ke ujung Curug Seribu, hanya ada jalan sepanjang satu kilometer. Tidak jauh dan makan waktu.

Tempat ini akan cocok bagi Anda yang gemar hiking atau mendaki gunung dengan kaki-kaki dan paru-paru yang kuat. Bila Anda tidak memiliki itu, lebih baik mencari tempat yang lebih cocok karena kalau pingsan di tengah jalan akan susah mencari pertolongan.

Mungkin karena itulah Curug Seribu lebih sepi pengunjung dibandingkan beberapa curug yang ada di Gunung Salak Endah.

Anda mau mencoba? Siapkan kaki dan fisik Anda!

10) Curug Ngumpet 2

Pemandangan di Curug Ngumpet Bogor 04Tempat wisata di Bogor berbentuk curug sangat banyak. Terima kasih untuk posisi geografis Kota Hujan ini yang terletak di antara tiga buah gunung.

Satu lagi obyek wisata air terjun yang ada di kawasan yang sama dengan Curug Cigamea dan Curug Seribu adalah Curug Ngumpet 2 atau dikenal juga sebagai Curug Kondang.

Namanya mungkin diberikan pada saat belum dibangun jalan menuju ke lokasi, agak ngumpet. Saat ini mudah sekali mencapai air terjun kecil ini, hanya sekitar 1 kilometer dari pintu masuk Curug Seribu untuk menuju parkiran curug ini.

Untuk menuju lokasi curug Ngumpet, masih diperlukan perjalanan di atas kaki melewati jalan setapak sejauh kurang lebih 100-200 meter saja. Tidak seberapa melelahkan.

Air terjunnya kecil dan pendek, tetapi memiliki pemandangan alam yang sangat menyegarkan. Indah dan hijau. Kalau Anda ingin bermain air, tenang saja, ada kok kolam kecil di bawah air terjunnya.

Lokasinya cocok bagi Anda yang tidak kuat berjalan jauh.

Penasaran seperti apa Curug si Kondang ini, silakan liat ulasan dan foto-fotonya di dua artikel berikut ini

11) Curug Cilember

Curug Cilember BogorBeralih dari wilayah Bogor Barat dan Gunung Salak, kita bisa menuju ke Gunung Gede dan Pangrango. Disana ada sebuah kawasan wisata 7 in 1 yang cukup terkenal.

Kawasan Wisata Curug Cilember namanya.

Di obyek wisata yang terletak di Cisarua ini memiliki 7 buah curug atau air terjun di dalamnya. Nama tiap curug merupakan angka yang dimulai dengan 7 dan berakhir dengan 1. Seperti tangga juara, 7 merupakan yang terendah dan 1 menunjukkan yang tertinggi.

Curug Cilember merupakan tempat wisata di Bogor yang sekaligus juga menyediakan sarana untuk kemping. Di dalamnya juga terdapat sebuah Taman Kupu-kupu berisikan berbagai spesies serangga cantik tersebut.

Pemandangan pegunungan, hawa sejuk, dan pemandangan alami, serta ke 7 curugnya merupakan daya tarik yang membuat tempat wisata di Kabupaten Bogor ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Untuk mengetahui lebih detil mengenai Curug Cilember, Anda dipersilakan membaca artikel di bawah ini

12) Curug Putri Pelangi

Tempat Wisata Di Bogor Curug Putri Pelangi

Namanya entah kenapa disebut dengan Putri Pelangi. Mungkin konon, katanya seseorang bisa melihat pelangi kalau mandi di kolam di bawah air terjun ini.

Lokasi curug Putri Pelangi berada di daerah Cihideung. Kalau dari pusat Kota Bogor, kira-kira berjarak 8 kilometer. Bisa juga ditempuh dari stasiun Maseng tetapi jaraknya lebih jauh dan ruwet. Lebih mudah memakai angkot yang mengarah ke Cihideung dibandingkan dari Maseng.

Curug ini hanya sebuah air terjun kecil saja. Ketinggiannya kurang lebih 15 meter (perkiraan saya saja ya, kalau salah mohon dimaklum). Tempatnya juga agak ngumpet di tengah perkebunan yang dikelola penduduk setempat.

Butuh sedikit tenaga karena dari jalan utama menuju tempatnya berjarak kurang lebih 1 kilometer. Jarak ini harus ditempuh dengan berjalan kaki.

Ongkos masuknya murah saja dan di lokasi, sama dengan di berbagai curug lainnya tersedia beberapa lokasi dan tempat penduduk sekitar berjualan makanan kecil.

Bisa juga dipergunakan untuk kemping meski lahan yang tersedia tidak seberapa besar.

13) Curug Naga

Tempat Wisata di Bogor

Tempat wisata di Bogor yang satu ini terletak di kawasan favorit orang Jakarta, Puncak. Tepatnya berada di Mega Mendung dan tidak jauh lokasinya dari Curug Panjang. (Ingat ya tidak jauhnya, tidak jauh orang desa yang bisa berarti berjarak beberapa kilometer – saya orang desanya).

Juga karena obyek turisme ini sudah dikelola oleh swasta. Mereka mempersiapkan Curug Naga atau sering disebut dengan Green Canyon ini untuk kelompok dibandingkan untuk perorangan.

Pengunjung yang ingin datang kesini harus membeli paket yang ditawarkan oleh pengelola. Ada berbagai macam paket yang bisa dipilih dengan harga bervariasi. Juga, pembelian harus dilakukan dalam sistem kelompok dengan anngota min 10 orang.

Kawasan wisata ini memang terkenal dengan beberapa aktifitas seperti rafting dan lain-lain. Kesemuanya sangat cocok untuk kegiatan komunitas dibandingkan perorangan. Terdapat berbagai sarana seperti kabin untuk bermalam atau kemping.

Kalau Anda tidak bisa kesini, tidak perlu terlalu kecewa. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, masih ada Curug Panjang yang bisa Anda baca di bawah ini.

14) Curug Panjang

Tempat Wisata di Bogor Curug Panjang

Kalau curug, atau air terjun yang lain selalu dikaitkan dengan tinggi, tempat wisata di Bogor yang ini mengundang keheranan. Namanya sama dimulai dengan curug, tetapi kata di belakangnya tidak berkaitan dengan tinggi.

Nah, ternyata itu ada alasan tersendiri.

Bentuk curug Panjang tidak tegak lurus seperti curug yang lain. Bentuknya seperti bebatuan yang melandai sepanjang kurang lebih 20 meter. Bentuknya mirip dengan Leuwi Hejo yang juga hanya berbentuk seperti bebatuan yang miring saja.

Meskipun demikian, tidak mengurangi keindahannya.

Lokasi wisata ini tetap sama, memiliki keindahan alam dan air sejuk nan dingin khas air wilayah pegunungan.

Letaknya berada di kawasan Megamendung tidak jauh dari Curug Panjang dan Curug Cilember. Untuk mencapainya pun mirip sekali, membutuhkan perjuangan cukup lumayan.\

Posisinya berada kurang lebih 7-8 kilometer dari jalan raya dengan jalan berkelok dan menyempit. Di beberapa tempat kondisi jalan tidak begitu bagus dan mungkin akan mengocok perut Anda. Jadi, jangan sarapan terlalu banyak.

Dari gerbang masuk, pengunjung harus berjalan agak mengarah ke bawah untuk mencapai curugnya, sekitar 300-400 meter saja. Meskipun demikian dengan jalan setapak dan agak licin, Anda tetap harus berhati-hati dan sedikit mengeluarkan tenaga.

Jangan khawatir, setelah sampai di lokasi semua itu akan terbayar. Tempatnya indah dan masih sepi karena belum terlalu banyak yang mengetahui (atau mau berjuang mencapainya). Di saat tertentu, Anda bisa seperti memiliki curug pribadi.

15) Curug Pangeran

Tempat Wisata Di Bogor

Masih berada di kawasan yang sama dengan Curug Cigamea, Curug Seribu, Curug Ngumpet 2, yaitu di kawasan Taman Wisata Gunung Salak Endah . Taman wisata ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Salak Halimun.

Paling mini dibandingkan saudara-saudaranya yang lain. Ketinggiannya paling hanya 5-6 meter saja. Meskipun demikian, kualitas airnya tidak berbeda. Biru, bening, dingin.

Pemandangannya pun tidak kalah menenteramkan.

Entah kenapa curug ini tidak seramai yang lainnya, padahal aksesnya tersedia dan hanya berjarak 500 meter dari jalan utama di kawasan Gunung Salak Endah.

Tetapi, mungkin itu yang menguntungkan bagi para pecinta alam. Mereka sering menggunakan lokasi ini sebagai tempat kemping karena ada lahan yang bisa dipakai untuk kegiatan itu.

Untuk cara menuju ke lokasi, bisa memakai yang patokan yang sudah ada di Curug Cigamea. keduanya berada di lokasi yang sama, yang cukup jauh dari pusat Kota Bogor (+- 38 Kilometer).

16) Curug Leuwi Hejo

Tempat Wisata di Bogor
Leuwi Hejo

Mau disebut bukan curug, ada air yang jatuh dari ketinggian walau cuma beberapa meter saja. Mau disebut curug, sebenanrya cuma aliran sungai dan bebatuan.

Agak membingungkan.

Cuma untuk singkatnya disebut saja dengan Curug Leuwi Hejo, mengikuti standar umum saja.

Lokasinya di bilangan Sentul. Lumayan jauh dari kawasan Gunung Pancar dan harus melewati jalur yang cukup berat bagi kendaraan bermotor. Harus ditambah pula dengan berjalan kaki cukup lama untuk menuju lokasinya.

Mungkin karena itulah, curug kecil yang berarti Kolam Hijau (Leuwi = Kolam alami, Hejo = Hijau – Bahasa Sunda) masih belum banyak dikenal umum.Bahkan beberapa blogger menyebutkanya sebagai curug atau tempat wisata di Bogor yang tersembunyi. (Padahal kalau tersembunyi kok bisa ada yang datang ya?)

Kebanyakan yang datang adalah anak muda yang masih memiliki tenaga berlebih.

Walau kecil, tempatnya sangat menyenangkan untuk bermain air karena ada kolam. Aliran airnya pun cukup deras dan di beberapa tempat kedalaman air memungkinkan untuk melakukan penerjunan ke air.

17) Curug Cihurang

Tempat Wisata di Bogor Curug Cihurang

Seharusnya tulisan ini saya buat berdampingan dengan bagian Curug Cigamea, Curug Ngumpet 2, Curug Seribu dan Curug Pangeran. Alasannya karena curug mini nan kecil ini berada di lokasi yang sama, yaitu Kawasan Wisata Gunung Salak Endah.

Curug ini terdiri dari dua buah curug kecil dengan ketinggian 4-5 meter saja. Agak berbeda dengan Curug Ngumpet 2, alias si Kondang yang debit airnya cukup deras, air disini terasa jauh lebih kecil. Sebuah kolam yang tidak seberapa dalam menampung aliran air yang jatuh.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Kawasan Wisata Gunung Salak Endah, mungkin curug kecil ini bisa dijadikan sarana pemanasan sebelum berkunjung ke Cigamea atau Seribu. Lokasinya termasuk mudah karena tidak jauh dari jalan raya, serta medan yang tidak terlampau sulit.

18) Curug Cikaracak

Curug Cikaracak

Bagian Selatan Bogor yang berbatasan dengan Sukabumi pun memiliki kekayaan alam yang sama dengan bagian lainnya. Letak geograsi Bogor yang berada di antara tiga gunung, Gede, Pangrango dan Salak memberikan berkah kepada Kota Hujan.

Salah satunya adalah Curug Cikaracak.

Curug atau air terjun ini berada di jalur yang mengarah ke Sukabumi. Tepatnya di Desa Cibeling, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Air terjun ini merupakan salah satu tempat favorit bagi warga Sukabumi dan Bogor sebelah Selatan.

Untuk mencapainya lumayan memerlukan usaha. Jalur ke arah Sukabumi merupakan salah satu jalur macet. Selain itu, untuk menuju Curug Cikaracak memerlukan waktu kurang lebih 1 jam dengan berjalan kaki untuk menempuh jarak 2 kilometer.

Medannya masih sangat alami.

Meskipun demikian, pemandangan asri dan seperti belum tersentuh oleh manusia akan menanti siapapun yang berhasil mencapainya.

Ketinggian curug ini menyerupai curug Cigamea, yaitu sekitar 40 meter. Sebenarnya ada dua air terjun di lokasi, yang satu besar dan satu kecil berukuran 20 Meter dengan debit air yang lebih kecil pula.

Kalau Anda menyukai petualangan, tempat wisata di Bogor ini bisa menjadi pilihan Anda.

19) Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Tempat Wisata di Bogor Tirta Sanita Ciseeng

Pernah mencoba berendam di air hangat yang mengandung belerang? Cobalah sesekali. Air dengan kandungan belerang dipercaya dapat menyembuhkan banyak penyakit kulit.

Tidak perlu jauh-jauh sebenarnya untuk melakukan hal itu. Tidak perlu pergi ke kawasan pegunungan yang sulit dicapai. Pergi saja ke PemandianAir Panas Tirta Sanita di Ciseeng.

Bingung kan?

Memang namanya agak asing, tetapi sebenarnya dekat sekali dengan ibukota Jakarta. Ciseeng adalah nama desa di Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor. Kalau digambarkan berada di tengah-tengah Bogor-Jakarta.

Lokasinya sangat mudah dicapai baik dari Bogor ataupun Jakarta.

Disini memang wisata yang ditawarkan adalah pemandian air panas. Pengunjung dapat berendam di kolam-kolam baik umum atau pribadi yang berisikan air panas dari alam yang mengandung belerang.

Pemandangan disini juga lumayan meski terkesan gersang. Hal ini seharusnya tidak mengherankan karena lokasi pemandian ini berada di dekat sebuah bukit kapur.

Di dalam kawasan , selain berbagai kolam dan bak mandi, terdapat banyak penjual ikan cupang dan aula untuk anak-anak bermain. Live musik, dangdut dan pop juga bisa didengar selama berendam air hangat.

Ongkos masuknya murah dan sangat terjangkau.

20) Curug Bidadari

Tempat wisata di Bogor Curug Bidadari

Sentul, walau nama tepatnya sebetulnya Babakan Madang menyimpan juga banyak obyek wisata air. Yang paling tersohor disini adalah Curug BIdadari atau yang sebelumnya dikenal sebagai Curug Bojongkoneng. Nama resminya adalah Sentul Paradise Park.

Lokasinya sekitar 7-8 kilometer saja dari pintu tol Sentul Selatan dan Bellanova Country Mall.

Curug BIdadari termasuk salah satu yang cukup tinggi dengan ketinggian kurang lebih 40 M (lagi-lagi perkiraan saja ya, ngukur tepatnya tidak punya cukup ilmu ukur tanah). Di dalamnya bisa ditemukab beberapa wahana permainan, selain kolam renang yang cukup besar, seperti flying fox, perahu dan sebagainya.

Tarif masuk juga masih dalam batasan standar. Meskipun demikian, di luar area biasanya ada pungutan tidak resmi yang dilakukan beberapa kalangan.

Satu-satuinya yang kadang bikin pusing adalah cara menuju kesana. Meskipun kawasan dimana tempat wisata ini berada merupakan salah satu daerah yang berkembang sangat pesat, angkutan umum belum tersedia terlalu banyak. Apalagi untuk ke arah curug.

Taxi atau ojeg merupakan satu-satunya pilihan karena jaraknya cukup jauh. Biayanya juga menjadi agak besar. Jadi, kalau mau kesana pertimbangkan untuk menyewa kendaraan.

21) Situ Gede, Hutan CIFOR dan Penangkaran Rusa Dramaga

Situ Gede Bogor
Sepeda Air di Situ Gede

Satu paket!

Memang ketiga nama ini berada dalam satu wilayah. Bahkan ketiganya saling berhimpitan satu dengan yang lainnya.

Situ Gede adalah sebuah danau kecil penyimpan air yang diperuntukkan bagi pengairan atau irigasi. Tidak terlalu besar tetapi memiliki sebuah “pulau kecil” di sLah satu tepinya.

Sekarang situ ini sering juga didatangi oleh pengunjung yang ingin melepas kepenatan dengan memandangi air danau yang tenang dan hijaunya pepohonan di sekitar. Juga merupakan tempat favorit penggemar mancing. Permainan berupa sepeda air tersedia pula bagi mereka yang ingin menjelajahi danau kecil ini.

Nah, Situ Gede sendiri terletak di dalam kawasan Hutan Penelitian CIFOR.

Sebuah hutan yang dikelola sebuah badan internasional  yang meneliti tentang berbagai aspek pemanfaatan hutan sekaligus mencari solusi untuk melestarikannya.

Di dalam Hutan Penelitian ini juga terdapat sebuah tempat penangkaran rusa. Tempat ini dipergunakan untuk meneliti dan mengembangkan kemungkinan pemanfaatan rusa asli Indonesia sebagai sumber daging bagi rakyat negara ini.

Mengapa tempat ini dimasukkan sebagai salah atu tempat wisata di Bogor karena pada kenyataannya banyak pengunjung yang berkemah di dalam hutan ini. Apalagi lokasinya bersebelahan dengan Situ Gede yang mulai dikelola sebagai obyek wisata.

Saya hanya saran satu hal saja. Kalau monil Anda sedan, jangan pakai jalur melalui Hutan CIFOR karena jalannya buruk sekali. Saya menyebutnya dengan kubangan kerbau karena banyak lubang yang cukup untuk memandikan kerbau terdapat di akses melalui Hutan CIFOR ini. Pergunakan jalan beraspal biasa

22) Situ Cikaret

Situ Cikaret Kabupaten Bogor

Tidak beda dengan berbagai situ lainnya Bogor, Situ atau Setu Cikaret sekarang pun sudah menjadi sasaran orang untuk berwisata.

Aslinya tempat ini juga merupakan danau penyimpan air bagi irigasi. Lama kelamaan karena pemandangan dan suasana di sekitarnya menyenangkan, semakin lama semakin ramai dikunjungi orang.

Sekarang, danau kecil ini menjadi salah satu tempat yang hampir setiap minggu ramai didatangi orang.

Kebanyakan yang berkunjung kesini biasanya datang untuk memancing atau sekedar berleha-leha menikmati udara segar di danaunya. Di sekeliling Situ Cikaret terdapat banyak penjual makanan dan minuman untuk para pelancong yang datang kesini.

Silakan lihat ulasan lebih lengkap di Situ Cikaret – Indah Dengan Berbagai Mitosnya.

23) Situ Burung

Situ Burung - City Blogger
Situ Burung

Jangan bilang-bilang ya. Ada satu tempat yang akan cocok bila Anda mencari ketenangan dan kesunyian.

Situ Burung namanya.

Bukan sebuah tempat wisata dalam artian benar-benar untuk berwisata. Tempat ini hanya sebuah situ atau danau kecil penampung air. Dibangun oleh pemerintah Belanda di masa lalu untuk mengairi persawahan dan perladangan.

Tempat ini sekarang merupakan salah satu favorit bagi para pemancing dan belum begitu terkenal karena selain pemandangan, tidak ada lagi yang bisa ditawarkan. Belum dikelola secara profesional.

Justru itu yang menarik karena terasa damai.

Dimana adanya Situ Burung? Silakan lihat di Situ Burung Nan Tenang Dan Damai. Tapi, jangan bilang yang lain yah. Nanti jadi terlalu ramai.

 24) Puncak Lalana, Puncak Galau, Puncak Roti

Tempat wisata di Bogor

Puncak Lalana, Galau, dan Roti namanya. Kalau Anda bingung dimana adanya nama-nama ini, bukan masalah. Banyak juga warga Bogor yang akan bengong bila ditanya tentang nama-nama tersebut.

Dijamin!

Kecuali mereka yang suka hiking atau trekking, tidak banyak yang mengetahui tentang puncak-puncak ini. Kalau Anda menebak bahwa Puncak Lalana, Galau dan Roti adalah nama-nama bagian Gunung Salak, Anda juga salah.

Ketiga nama ini adalah bagian dari Gunung Kapur Ciampea. Begitu warga Bogor menyebutnya. Kalau mendengar nama ini pasti akan banyak orang Bogor yang tahu.

Sebenarnya disebut gunung juga agak lucu karena ketinggiannya hanya sekitar 385 Meter di atas permukaan laut.

Tempat wisata di bogor ini masih tergolong baru. Itu terjadi setelah banyak penggemar trekking menjelajahi bukit ini kemudian mereka menulsi ulasan yang mengundang semakin banyak orang kesini.

Bukan sebuah tempat wisata yang cocok untuk bersantai. Lebih cocok bagi Anda yang memiliki jiwa petualangan karena untuk mencapai puncak-puncak ini butuh ketahanan fisik yang lumayan. Anda akan diajak untuk menelusuri jalan setapak berbatu dan terus menanjak selama kurang lebih 45 menit hingga 1 jam.

Medannya pun tergolong lumayan karena merupakan perbukitan kapur. Belum ditambah dengan banyaknya arang monyet yang terdapat di area ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi siapapun.

Kalau berhasil sampai ke puncaknya pemandangan indah Bogor akan terpampang di hadapan. Sesuatu yang membuat perjuangan melakukan pendakian akan terbayar.

Entah juga siapa dan mengapa salah satu puncak bernama Galau. Mungkin karena tempatnya cocok untuk merenung membuang kegalauan.

Kalau fisik Anda kuat , semangat tinggi , dan menyukai tantangan , silakan coba yang satu ini.

25) Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Penggemar kemping dan olahraga bersepeda sangat suka berkunjung ke lokasi wisata Gunung Pancar di Kawasan Babakan Madang ini. Keduanya memiliki alasan yang berbeda tentunya.

Kalau penggemar kemping akan menikmati segarnya lingkungan hutan pinus, sedangkan pesepeda sangat menggemari jalan menanjak dan menantang yang ada di kawasan ini.

Keduanya memang merupakan daya tarik yang disediakan oleh Gunung Pancar.

Hampir setiap hari libur kawaan ini akan dipenuhi oleh pengunjung yang ingin menikmati udara segar dan pemandangan indah ala hutan pinus. Mereka biasanya akan mendirikan tenda di beberapa camping ground yang disediakan.

Selain itu terdapat sebuah pemandian air panas yang menambah daya tarik dari tempat wisata di Bogor ini.

Silakan lihat lebih lengkap di Gunung Pancar – Nikmatnya Kembali Ke Alam.

26) Agrowisata Gunung Mas

Tempat Wisata Di Bogor Agrowisata Gunung Mas

Pernah merasakan dinginnya udara perkebunan teh di kawasan Puncak? Terutama di pagi hari. Kalau belum pernah mungkin rasanya Anda perlu mencoba Agrowisata Gunung Mas.

Jangan khawatir bahwa Anda hanya dipaksa untuk melihat dan bermain di kebun teh saja. Lebih dari itu bisa ditemukan disini. Saya hanya ingin memberitahukan mengapa para pemetik teh sering memakai pakaian berlapis dan sepatu bot saat memetik pucuk teh disana.

Alasannya hanya satu karena suhunya sampai menusuk tulang. Memang begitulah adanya di kawasan Puncak.

Nah, di Agrowisata Gunung Mas ini Anda bisa mencoba kalau tahan untuk berjalan-jalan di perkebunan teh milik PTPN Nusantara ini. Rasakan saja betapa dingin temperatur udaranya.

Walau berbentuk perkebunan, sudah agak lama kawasan Gunung Mas pun menjadi sebuah tempat wisata juga. Tentu temanya terkait dengan apa yang mereka kelola.

Dsini pengunjung bisa melakukan tea walk (berjalan di antara pohon-pohon teh), paralayang, memancing, hingga melihat proses pengolahan teh.

Kalau Anda mau mencoba menjad cowboy pun juga bisa. Ada tempat penyewaan kuda bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berkuda sambil melihat pemandangan kawasan Puncak yang terkenal indah itu.

Tentu saja untuk merasakan udara sejuk dan dingin di pagi harinya, Anda akan butuh penginapan disana. Jangan khawatir juga karena terdapat wisma di kawasan Gunung Mas dengan fasilitas yang sangat nyaman.

Menikmati pemandangan, bertualang, beristirahat, semua bisa dilakukan disini.

27) Kawasan Puncak

Kawasan Puncak Bogor

Kalau harus menulis satu persatu tentang tempat wisata di Puncak, maka tulisan ini bisa mencapai 100.000 kata, alias tidak pernah selesai.

Memang itu kenyataannya. Bukan tanpa alasan setiap akhir pekan jalur jalan ke arah dataran tinggi di Gunung Gede ini mengalami macet yang parah. Para pengendara rela berada di dalam kendaraan untuk menuju kawasan ini.

Bukan tanpa alasan.

Rasa penat yang diakibatkan kemacetan memang seperti terbayar lunas ketika sampai di tempat ini. Sejuk, bahkan cenderung dingin, udara pegunungan akan membuat sirna rasa lelah. Pemandangan alam yang indah terhampar akan membuat lupa sebalnya berada di dalam kendaraan selama berjam-jam.

Belum ditambah ratusan tempat kuliner, dari yang di pinggir jalan hingga restoran mewah tersedia di kawasan ini. Semua menyajikan berbagai jenis masakan, mulai dari yang tradisional hingga yang modern bisa ditemukan disana.

Permainan? Jangan khawatir. Berbagai bentuk permainan, mulai dari yang sekedar hiking hingga paralayang bisa ditemukan di kawasan ini.

Itulah mengapa ribuan orang dari kota-kota di sekitar Bogor selalu mentargetkan Puncak sebagai tempat tujuan berakhir pekan. Untuk itu mereka rela terjebak di dalam kemacetan setiap minggunya.

42) Taman Wisata Gunung Salak Endah

Curug Ngumpet 2 - Curug Kondang Bogor

Taman Wisata Gunung Salak Endah, dimana tempat curug Cigamea, Ngumpet 2, Pangeran, Cihurang berada, lebih dari hanya sekedar curug. Tempat ini sangat luas dan sebagian besar wilayahnya merupakan hutan alam yang rindang.

Tempat wisata di Bogor ini, yang berada di bawah Taman Nasional Gunung Halimun dan Salak.

Udara yang segar, pemandangan yang indah, selain curug merupakan andalan Taman Wisata ini.  Bisa dikata wilayah ini merupakan Puncak-nya Bogor bagian Barat walau tentunya belum mencapai level yang sama dengan kawasan wisata legendaris di Bogor itu.

Banyak sekali resort dan camping ground yang bisa menjadi tempat bagi para pelancong untuk menikmati keindahan alam. Bagi penggemar tantangan jalur ke arah Kawah Ratu bisa menjadi pilihan.

Kalaupun Anda tidak gemar bermain air di air terjun, tidak masalah. Anda tetap bisa menikmati keindahan alam dan udara segar di Taman Wisata Gunung Salak Endah.

28) Taman Safari

Tempat wisata di Bogor

Bogor memang tidak punya kebun binatang. Saya akui itu.

Tetapi, warga Bogor tidak akan kesulitan bila mereka ingin melihat bagaimana hewan liar hidup di alamnya. Mereka hanya perlu pergi ke Taman Safari di Cisarua Bogor.

Tempat wisata di Bogor ini berada kurang lebih 30 kilometer dari pusat kota Bogor . tepatnya di jalur yang mengarah ke kawasan Puncak.

Disini, satwa merupakan kata kuncinya. Pengunjung dapat melihat berbagai jenis binatang yang biasanya hanya bisa dilihat di televisi, seperti singa, harimau, gajah, hingga penguin. Tentunya bukan dalam kerangkeng.

Hewan-hewan disini tinggal dalam wilayah yang dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai habitat mereka di alam liar.

Juga, para wisatawan yang datang berkunjung dapat melihat aksi hewan-hewan tersebut berperan dalam sandiwara di atas panggung. Mereka beraksi layaknya bintang film dalam sebuah tontonan yang sangat menarik.

Beberapa wahana permainan pun tersedia di Taman Safari ini. Juga jangan khawatir kalau lapar karena tersedia berbagai counter makanan di dalam area.

Saya langgar janji untuk tidak merekomendasikan satu tempat wisata di Bogor. Untuk yang ini rasanya perlu untuk Anda kunjungi karena bukan hanya memberikan kegembiraan berwisata tetapi juga mengajarkan kepada siapapun untuk mencintai alam, dalam hal ini, satwa.

29) Danau Lido

Tempat Wisata di Bogor

Pernah baca berita bahwa Donald Trump, yang sekarang menjadi calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, berencana membangun Disneyland di Bogor? Kalau pernah, nah di sekitar Danau Lido lah ia berencana membangunnya.

Selama ini memang Danau Lido, yang berlokasi di jalur ke arah Sukabumi ini sudah menjadi salah satu tempat wisata yang cukup punya nama di Bogor. Alamat tepatnya di Desa Wates Jaya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Andalannya disini adalah danaunya yang cukup luas dan pemandangannya indah. Luasnya mencapai 1700 hektar sehingga sangat leluasa untuk berbagai permainan. Pemandangan indahnya tidak kalah dengan tempat wisata di Bogor lainnya mengingat lokasinya berada di kaki Gunung Gede dan Pangrango.

Pengunjung dapat menyusuri danau dengan sepeda air atau speedboat. Berbagai permainan air lainnya seperti paralayang atau flying fox dan berbagai permainan lain yang cukup atraktif. Kalau ingin sesuatu yang unik dan agak mendebarkan Anda bisa menyusuri Danau Lido dengan menggunakan rakit bambu, mirip dengan yang dipakai orang di zaman dulu.

Lokasinya juga sudah dikembangkan secara cukup profesional dimana ketersediaan penginapan dan sarana penunjang sudah tersedia. Beberapa resort sudah dibangun di sekitarnya.

Yang dibutuhkan untuk menuju kesini adalah sedikit kesabaran karena jalur ke arah Sukabumi juga terkenal sebagai jalur yang macet. Tetapi, kalau kita hendak bermain bukankah tidak terlalu masalah mengalami kemacetan?

———

Kategori  : Wisata Budaya

Meskipun sebenarnya agak bingung tentang istilah wisata budaya seperti yang pernah saya tulis pada 10 Tempat Wisata Budaya di Kota Bogor, saya memutuskan tetap membuat kategori ini. Semuanya agar bisa klop dengan istilah yang sangat umum ini dan pembaca tidak kebingungan.

Dalam kategori ini, daftar akan dimulai dengan beberapa museum, seperti

30) Museum Etnobotani

Museum Etnobotani Bogor
Peralatan Tenun

Ingin melihat berbagai jejak peradaban manusia dalam memanfaatkan alam sekitarnya, Museum Etnobotani merupakan tempat yang cocok.

Salah satu cagar budata Kota Bogor ini menyimpan berbagai artefak peninggalan ,sejak masa prasejarah hingga kini, terkait dengan berbagai cara manusia mempergunakan akal budinya mengolah  alam.

Bangunan yang dulu dikenal sebagai Herbarium Bogoriense ini juga masih menyimpan berbagai specimen tanaman dari seluruh penjuru Indonesia.

Sebuah tempat yang sesuai untuk mendapatkan pengetahuan sambil berwisata.

Kalau Anda tertarik untuk melihatnya, artikel di bawah ini akan memberikan gambaran lebih jelas tentang apa yang bisa ditemukan di museum ini.

31) Museum Zoologi

Tempat wisata di Bogor

Ingin melihat berbagai speaies fauna atau hewan di Indonesia, tidak ada tempat lain di Indonesia yang cocok selain Museum Zoologi. Bukan sebuah kebun binatang atau taman safari, hanya sebuah museum saja, tetapi isinya memperlihatkan berbagai macam hewan dalam bentuk yang sudah diawetkan.

Terdapat lebih dari 2000 specimen binatang di Indonesia yang dipamerkan disini. Koleksinya lengkap mulai dari serangga kecil hingga badak. Jumlah ini hanya sebagian dari belasan ribu specimen yang ada yang sayangnya hanya sebagian kecil dipamerkan. Sisanya disimpan di museum terpisah di kawasan Cibinong yang dibuka hanya pada momen tertentu saja.

Tidak mengherankan karena sejatinya museum ini dibangun oleh pengelola Kebun Raya Bogor di masa Belanda untuk mengumpulkan berbagai contoh spesies fauna yang ada di Indonesia. Koleksinya dikumpulkan dalam ratusan kali ekspedisi ke seluruh Indonesia.

Tempat ini dikenal juga di masyarakat Bogor sebagai si Kantor Bulao karena warnanya yang biru. Sebuah bangunan bersejarah yang usianya sudah melebihi 100 tahun.

Silakan lihat artikel berikut untuk mengetahui lebih jauh tentang museum ini

32) Museum Perjuangan Bogor

Tempat Wisata Budaya di Bogor
Senjata Masa Perang Kemerdekaan di Museum Perjuangan

Rakyat Bogor juga berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Sama dengan rakyat Indonesia lainnya. Buktinya busa dilihat di Museum Perjuangan Bogor.

Disini dipamerkan berbagai peninggalan sejarah yang terkait dengan perjuangan rakyat Bogor, Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan. Ada berbagai jenis peralatan yang dipergunakan para pejuang Indonesia pada masa itu.

Koleksinya terdiri mulai dari pistol, senapan, senapan mesin, hingga baju pejuang Indonesia yang ternoda darah. Juga terdapat banyak diorama yang menggambarkan pertempuran antara para pejuang dengan musuh.

Museum ini juga memajang berbagai foto di masa perjuangan, uang lama, hingga koran-koran tua yang sudah menguning dalam etalase kaca.

Kurang begitu terurus karena kekurangan dana pemeliharaan tetapi isinya sangat bernilai.

Silakan baca artikel di bawah ini untuk melihat seperti apa museum ini

33) Museum PETA ( Pembela Tanah Air)

Gedung Museum PETA

Penyimpan sejarah yang berada di sebuah bangunan sejarah, itulah Museum PETA.

Museum ini menyimpan berbagai peninggalan yang terkait dengan perjuangan para pemuda Indonesia yang berada dalam pasukan Pembela Tanah Air pada masa pendudukan Jepang.

Di dalam museum banyak sekali terdapat diorama dan barang yang merupakan saksi sejarah perjuangan para pemuda itu.

Museum ini berada di sebuah lingkungan yang sekarang bernama Monumen dan Museum. Dulunya bangunan ini merupakan tangsi/markas tentara KNIL/Belanda yang bertugas menjaga De Buitenzorg atau Istana Bogor masa kini. Pembangunannya pun bersamaan dengan istana tersebut.

Di kawasan ini terdapat banyak patung dan monumen terkait perjuangan pasukan PETA. Bisa ditemukan patung Soeprijadi, sang pemimpin pemberontakan PETA di Blitar, yang hingga kini jasadnya belum ditemukan. Juga terdapat patung Jenderal Besar Sudirman.

Beberapa peralatan tempur seperti Tank dan Panser AMX 13 menghiasi halaman kawasan ini.

Meskipun Museum PETA hanya terbuka bagi rombongan, untuk menikmati sebuah cagar budaya bersejarah di Kota Bogor ini tidak sulit. Pada hari Minggu semua orang bisa melihat-lihat ke dalam area dalam rangka Car Free Day. Jalan Sudirman dimana museum ini berada dijadikan kawasan tanpa kendaraan bermotor.

Untuk melihat sedikit lebih jelas seperti apa bangunan bersejarah ini bisa lihat di

34) Museum Pasir Angin

Museum Pasir Angin
Arca di Museum Pasir Angin

Satu lagi museum yang terdapat di Bogor, adalah Museum Pasir Angin.

Berbeda dari museum-museum lain yang terletak di tengah kota Bogor, museum ini berada cukup jauh dari pusat kota. Tepatnya berada di sekitar Cibungbulang, Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Jarak yang harus ditempuh sekitar 25-30 kilometer ke arah barat.

Letaknya yang jauh ini disebabkan museum tersebut berada di sebuah situs prasejarah di Bogor. Situs ini berusia lebih tua, bahkan dibandingkan dengan  ogor sendiri.

Di situs dimana Museum Pasir Angin berada, berbagai artefak yang ditemukan diduga berasal dari beberapa abad Sebelum Masehi dari kebudayaan yang jauh lebih tua dari yang disimpan di museum lainnya.

Silakan baca artikel Museum Pasir Angin – Peninggalan Prasejarah untuk mendapat gambaran yang lebih jelas.

——-

Intermezzo :

Setelah berkeliling museum dan melihat-lihat, bagaimana istirahat sebentar disini. Supaya mata tidak pegal, bagaimana kalau saya tampilkan sebuah foto hasil jeprretan sendiri.

Bunga Kamboja

Okay, intermezzo selesai. Bagaimana kalau kita lanjutkan dengan tempat wisata di Bogor berikutnya.

Untuk kelas tempat wisata di Bogor yang ini, sebenarnya tidak tepat benar dianggap sebagai lokasi wisata. Meskipun demikian, nilai sejarah, keunikan arsitekturnya dan juga ciri khas budaya yang terkandung membuatnya bernilai tinggi dan menarik banyak pengunjung.

Pada lokasi-lokasi ini, walau bukan lokasi wisata, pengelolanya menyadari hal-hal tersebut sehingga mereka tidak berkeberatan kalau ada yang ingin melihat-lihat dan mengagumi bagian-bagiannya. Untuk itu diperlukan kearifan pengunjung untuk tetap menjaga sopan santun dan tidak mengganggu orang lain yang sedang melakukan aktifitas.

Sebagian besar lokasi dan bangunan ini tercatat sebagai cagar budaya kota/kabupaten.

Mari kita mulai lagi perjalanan menyusuri berbagai tempat wisata di Bogor, kali ini dalam kategori wisata budaya dengan melihat :

35) Vihara 8 Po Sat Dan Patung Budha Tidur

The Giant Sleeping Buddha Statue

Ingin melihat patung Budha raksasa sedang ngaso (istirahat)? Tidak perlu jauh-jauh ke Thailand atau Trowulan, Mojokerto. Di Bogor juga ada.

Patung Budha raksasa yang sedang tidur ini ada di kawasan Parung, Kabupaten Bogor. Tepatnya, di Vihara 8 Po Sat.

Bukan merupakan sebuah cagar budaya karena keduanya berusia sangat muda, tetapi vihara tri dharma ini sudah sering menjadi sasaran kunjungan para pelancong budaya di Jabodetabek.

Sosoknya memang besar sih.

Panjang mencapai 15 meter dan tinggi hampir 5 meter. Bisa bayangkan berapa kali ukuran normal manusia asli.

Di lokasi ini juga ada ratusan patung Budha Kecil.

Silakan lihat artikel selengkapnya di Patung Budha Tidur di Vihara 8 Po Sat. Di dalam artikel ini juga ada penjelasan mengenai cara mencapai lokasi. Gampang-gampang susah.

36) Klenteng Hok Tek Bio / Mahacetya Dhanagun

Tempat Wisata Budaya di Kota Bogor
Vihara Mahacetya Dhanagun – Klenteng Hok Tek Bio

Kalau Anda baru keluar dari Kebun Raya Bogor (lewat Gerbang Utama di Pasar Bogor/Sebelah Selatan), ada baiknya sempatkan waktu sebentar untuk melihat tempat ini.

Bukan sebuah bangunan mewah dan letaknya agak “nyempil” di antara bangunan Plaza Bogor. Meskipun demikian, Anda tidak akan tersasar karena dari pintu utama Kebun Raya akan terlihat yang namanya Lawang Suryakancana.

Bangunan ini berada tepat di sampingnya.

Vihara atau Klenteng Hok Tek Bio atau Mahacetya Dhanagun. Sangat istimewa karena bangunan ini berusia sangat lanjut, diduga sudah berumur 300 tahun. Merupakan salah satu vihara tertua yang ada di Bogor.

Keberadaan vihara ini merupakan ikon dari sejarah panjang keberadaan etnis Tionghoa dalam masyarakat Bogor.

Saya sudah pernah menulis tentang vihara ini di Vihara Dhanagun – Simbol Keberadaan.

37) Klenteng Pan Kho Bio

Tempat Wisata Di Bogor

SETARA Institut pernah bikin survey yang mengatakan Bogor Kota Paling Tidak Toleran di Indonesia.

Pasti para peneliti yang melakukan survey itu , kalau tidak sembarangan mensurveynya, mereka juga tidak pernah masuk ke Klenteng Pan Kho Bio.

Klenteng ini menyediakan sarana musholla untuk beribadah umat muslim. Juga salah satu klenteng tertua di Bogor ini sering mengadakan pengajian untuk warga sekitarnya. Kalau hal itu tidak menunjukkan toleransi antar umat beragama yang kuat, lalu menunjukkan apa?

Terlepas dari kesewotan saya terhadap Setara Institute, Klenteng Pan Kho Bio merupakan salah satu tempat yang bisa Anda lihat untuk menambah pengetahuan tentang budaya (dan toleransi tentunya).

Bangunan asli klenteng ini dibangun tahun 1703, hanya kemudian sudah hancur total dan dibangun ulang. Meskipun demikian usianya tetap saja sudah sangat tua.

Di dalamnya terdapat petilasan beberapa tokoh seperti Eyang Sakee dan Eyang Jayaningrat dan masih banyak lagi. Di dalam klenteng ini terlihat berbagai budaya bercampur baur dibandingkan sekedar budaya etnis Cina

Lokasinya berada di Pulo Geulis atau Pulau Parakan Baranangsiang atau Rawa Bangke . Kalau kurang jelas, itu perumahan di belakang Terminal Bus Baranangsiang. Luasnya sekitar 3.5 hektar saja tetapi penduduknya 2500 orang.

Mungkin Anda berniat menyaksikan sendiri bagaimana Klenteng ini mewujudkan yang namanya toleransi dalam kehidupannya?

38) Vihara Hok Tek Bio Ciampea

hok tek bio ciampea12

Namanya sama dengan Vihara tertua di Kota Bogor, mungkin karena aliran yang dipakai keduanya sama. Meskipun demikian klenteng atau vihara yang ini berada cukup jauh di Kabupaten Bogor, Ciampea, tidak begitu jauh dari lokasi Prasasti Tapak Gajah atau Kebon Kopi I.

Hal ini merupakan salah satu peninggalan etnis Tionghoa dari beberapa abad yang lalu. Usianya vihara ini sekitar 250 tahun “saja”. Hingga saat ini, vihara tersebut masih aktif dipergunakan sebagai tempat ibadah.

Lokasinya yang berada tepat di Pasar Ciampea Lama, menunjukkan keberadaannya sebagai salah satu simbol pembauran antar etnis di wilayah Bogor.

Untuk selengkapnya silakan baca Kelenteng Hok Tek Bio Ciampea.

39) Vihara Bio Dewa Rejeki

Pekarangan Vihara Chen It Thian Kun
Penampakan Vihara Chen It Thian Kun atau Bio Dewa Rejeki

Empat ratus tahun. Menurut penuturan penjaganya, itulah usia klenteng atau vihara tri dharma ini.

Bagi Anda yang pernah ke Gunung  Pancar hampir pasti Anda pernah melihat tempat ini. Posisinya berada di sebelah kiri kalau dari arah Cibinong.

Warna merah gerbngnya dan khasnya gaya arsitektur Cina membuatnya sulit untuk diabaikan. Terutama karena disini terdapat juga dua buah pagoda di depan pintu masuknya.

Seharusnya memang bukan dianggap sebagai tempat wisata di Bogor, tetapi nilai sejarahnya yang tinggi dan juga keunikannya yang mencerminkan sebuah budaya, tidak seharusnya dilewatkan ketika Anda melewatinya.

Penunggu vihara ini akan memperkenankan Anda berkeliling di dalamnya bahkan untuk sekedar melihat-lihat. Ada banyak benda yang sangat menarik perhatian di dalamnya, termasuk lilin berukuran jumbo.

Kalau mau lihat lebih lagi tanpa harus pergi kesana, silakan lihat di artikel Vihara Bio Dewa Rejeki.

40) Kebun Wisata Ilmiah

Kebun Wisata Ilmiah Bogor

Kalau Anda belum pernah mendengar tempat wisata di Bogor yang satu ini, saya maklum. Jangankan Anda, banyak warga Bogor yang tidak menyadari bahwa tempat ini bisa dikunjungi umum.

Bukan karena lokasinya. Tempat ini berada di Jalan Tentara Pelajar Cimanggu yang hanya berjarak 2 kilometer saja dari Istana Bogor. Dekat bukan?

Ketidaktahuan banyak orang disebabkan semua menganggap tempat ini adalah lahan penelitian dan hanya orang berkepentingan dengan penelitian yang boleh berkunjung.

Padahal tidak.

Publik atau masyarakat umum diperkenankan untuk memasuki lahan seluas beberapa hektar ini. Di dalamnya mirip kebun raya mini. Banyak sekali tanaman rempah-rempah dan obat-obatan yang ada disini.

Tempat yang cocok bagi Anda bila ingin mengetahui tentang berbagai jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Silakan lihat artikelnya di Kebun Wisata Ilmiah – Kebun Raya Mini Yang Tersembunyi.

41) Prasasti Batu Tulis

BATUTULIS INSCRIPTION BOGOR
The view inside Batutulis Inscription Site

Tidak ada salahnya kan bermain ke Bogor sambil belajar mengenai sejarah Bogor di masa lalu. Mencocokkan apa yang dipelajari di sekolah dan sekaligus melihat bentuk fisiknya.

Nah, Prasasti Batutulis bisa menjadi salah satu pilihan jikalau Anda ingin melihat sebuah peninggalan dari abad beberapa abad yang lalu. Apalagi prasasti ini merupakan peninggalan sebuah Kerajaan yang dianggap menjadi cikal bakal Bogor, Pajajaran.

Luangkan waktu Anda untuk melihat peninggalan luar biasa ini. Tidak memakan waktu banyak kok.

Silakan lihat tentang fungsi Prasasti Batutulis di zamannya pada artikel Prasasti Batutulis – Jejak Pajajaran.

42) Kampung Budaya Sindang Barang

tempat wisata di bogor

Ingin melihat bagaimana kehidupan masyarakat Sunda di masa lalu? Juga ingin melihat berbagai upacara tradisional adat Sunda?

Silakan datang ke Kampung Budaya Sindangbarang.

Memang tempat wisaya budaya di Bogor ini bentuknya berupa kampung. Di dalamnya terdapat rumah-rumah yang berada disana mencerminkan bentuk bangunan khas masyarakat Sunda. Bentuknya tidak menyerupai bangunan beton yang ada di Bogor pada masa kini.

Selain itu, masyarakat yang ada disini pun mengenakan pakaian adat Sunda, seperti yang biasa dipergunakan oleh PNS Bogor setiap hari Rabu.

Kehidupan disini juga mengikuti tata cara kehidupan berasaskan budaya Sunda.

Kampung Budaya Sindangbarang memang bertujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya Sunda yang sedang berada dalam ancaman. Kampung ini terbuka untuk dikunjungi oleh umum.

Yang berkunjung disini bisa melihat bagaimana kehidupan masyarakat Sunda di masa lalu. Bahkan, bila mengikuti paket yang tersedia, para turis bisa menginap dan ikut serta dalam kegiatan yang dilakukan di sini.

Lokasinya berada di Pasir Eurih, Sindangbarang , Kabupaten Bogor.

43) Pabrik Gong Pancasan

Tempat Wisata di Bogor

Bingung? Kenapa kok ada pabrik dimasukkan dalam daftar tempat wisata di Bogor?

Jangan! Saya sebutkan alasannya.

Pertama, pabrik gong ini sudah berusia kurang lebih 370 tahun. Hebat bukan. Usianya bahkan lebih tua dari Istana Bogor. Patutlah untuk dikunjungi.

Kedua, banyak pelancong yang datang kesini untuk membeli oleh-oleh spesial berupa gong kecil.

Gong Factory , itu namanya memang bukan sebuah tempat wisata, tetapi keunikan tempat ini sudah mengundang ribuan orang untuk datang kesini. Kebanyakan mereka ingin melihat proses pembuatan alat musik tradisional ini, mulai dari dipanaskan hingga di tempa menjadi bentuk gong. Kesemua terbuka bagi khalayak umum untuk melihatnya.

Pemilik pabrik gong, yang merupakan usaha turun temurun, memang memberikan keleluasaan bagi siapapun untuk mengamati bagaimana sebuah gong dihasilkan. Usaha ini sudah turun menurun dilakukan lebih dari 3 abad.

Nah, bila Anda penggemar wisata budaya, tempat ini bisa menjadi salah satu tujuan karena bernilai sejarah tinggi dan justru sesuatu yang sangat langka. Bukan hanya di Bogor tetapi juga di Indonesia dan dunia.

44) Prasasti Kebon Kopi I dan II

Prasasti Kebon Kopi I
Prasasti Kebon Kopi I

Memang sih melihat batu, meskipun bertulis tidak semenarik naik roller coaster. Bukan sebuah jenis wisata yang diidamkan banyak orang.

Tetapi, prasasti-prasasti itu menyimpan sejarah panjang sebuah bangsa. Seperti yang prasasti Kebon Kopi I dan II. Siapa sangka bahwa sebongkah batu ini merupakan peninggalan dari abad ke 5-6 Masehi atau 1600 tahun yang lalu.

Kedua prasasti ini merupakan peninggalan dari masa sebelum kerajaaan Pajajaran berdiri. Artefak ini merupakan peninggalan dari sebuah kerajaan bernama Tarumanegara yang rajanya dikenal sebagai Purnawarman.

Kerajaan itu berkuasa di wilayah yang sekarang menjadi Bogor, Tangerang, Bekasi dan Jakarta.

Oleh karenanya, bila Anda sedang menuju ke lokasi curug yang banyak terdapat di bagian Barat Kabupaten Bogor, sempatkanlah mampir ke Ciaruteun untuk melihat kedua prasasti ini. Tempatnya tidak jauh dari Klenteng Hok Tek Bio Ciampea yang sudah saya tuliskan sebelumnya.

Silakan lihat tentang Prasasti Kebon Kopi I di artikel Prasasti Kebon Kopi I – Peninggalan Tarumanegara.

——–

 

Kategori : Wisata Permainan

Untuk kategori tempat wisata di Bogor yang ini, sebenarnya agak rancu juga. Beberapa tempat di Wisata Alam dan Air bia dimasukkan ke dalam kategori ini. Tetapi karena penekanannya adalah tentang bermain air secara khusus, The Jungle dan Marcopolo Water Adventure dimasukkan ke kategori tersebut dan bukan disini. Harap maklum.

45) Taman Topi Dan Taman Ade Irma Suryani

Taman Ade Irma Suryani Bogor

Bukan sebuah obyek wisata yang fenomenal. Tidak pula menyediakan wahana permainan modern.

Meskipun demikian, Taman Topi dan Taman Ria Ade Irma Suryani adalah sebuah tempat wista di Bogor yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Setiap minggunya taman ria tertua di Kota Bogor ini akan tetap mendapatkan pengunjung bukan hanya dari warga Bogor tetapi juga dari luar kota.

Lokasinya yang sangat strategis, berada di sebelah Stasiun Bogor menjadi salah satu alasannya.

Tidak semua orang datang ke Bogor untuk mencari rekreasi yang menantang dan mahal. Banyak yang datang sekedar memberikan pengalaman naik Commuter Line atau KRL bagi putra putri mereka. Pengalaman yang sama mengasyikkannya dengan naik roller coaster bagi seorang anak.

Nah,  biasanya mereka juga akan mencari tempat untuk beristirahat, makan dan bermain sejenak sambil menanti kereta. Lalu pulang.

Wisata sederhana.disitulah peran Taman Topi dan Taman Ade Irma Suryani, keduanya menyediakan sesuatu yang meskipun tidak mewah tetapi bisa memberikan kegembiraan tambahan pada anak-anak.

Oleh karena itulah, bila Anda membutuhkan tempat wisata di Bogor yang paling dekat stasiun, mungkin Anda bisa mempertimbangkan kedua tempat ini. Keduanya berada di dalam satu lokasi.

Kalau ingin tahu ada apa di Taman Ade Irma Suryani bisa baca artikel Taman Ade Irma Suryani – Ceria!

46) The Jungleland

Tempat wisata di bogor

Dunia Fantasinya Bogor. Itulah padanan kata yang tepat untuk menggambarkan tempat wisata di Bogor yang satu ini.

Sebagai kota yang memiliki masyarakat yang semakin modern, kebutuhan akan tempat wiata yang tidak mengandalkan pada kemurahan alam tertangkap dengan baik oleh pengelola.

The Jungleland memang merupakan taman bermain modern yang mirip sekali dengan Dunia Fantasi di Jakarta. Berbagai wahana permainana yang ada di dalamnya tidakjauh berbeda. Yang membedakannya hanyalah dalam hal ukuran. The Jungleland berukuran lebih kecil.

Wahana permainan yang ada disini bisa disebutkan seperti versi mini Halilintar, sejenis roller coaster, Niagara, Kurai Ontang Anting dan lain sebagainya.

Lokasinya berada di kawasan yang juga sedang berkembang pesat di Kabupaten Bogor, Sentul City.

Bila Anda bosan berwisata hanya melihat pemandangan alam atau bermain air, The Jungleland bisa menjadi pilihan Anda.

O ya. Jangan tertukar dengan The Jungle karena tema tempat berbeda. Kalau The Jungle bertemakan main air kalau The Jungleland temanya permainan modern. Keduanya juga terpisah jauh satu dengan yang lainnya.

47) Taman Budaya Sentul

Tempat wisata di Bogor Taman Budaya Sentul

Gemar kegiatan yang menguras tenaga, tetapi juga ingin yang tidak terlalu berat karena masih memiliki anak kecil? Mungkin Taman Budaya Sentul bisa menjadi jawaban .

Walaupun namanya seperti berkaitan dengan pendidikan budaya, tempat wisata di Bogor ini sebenarnya area outbond yang menarik. Disini tersedia berbagai permainan yang mengandalkan keterampilan dan olah fisik, seperti panjat jaring, papan goyang dan jembatan gantung.

Semua memang ditujukan selain memberi kesenangan juga menyediakan tantangan terkontrol bagi pengunjungnya.

Nah, kalau Anda masih memiliki balita pun tidak perlu khawatir karena Taman Budaya Sentul membagi areanya ke dalam beberapa zona sesuai umur. Ada Anak-Anak dengan permainan yang tidak terlalu berat, zona Remaja, dan zona Dewasa.

Permainan di tiap zona berbeda dan disesuaikan dengan kemampuan sesuai umur pengunjung.

Sangat lumayan membuat keringat bagi mereka yang jarang berolahraga. Disini akan terlihat betapa sesuatu yang terlihat sederhana ternyata tidak mudah dilakukan, contohnya panjat jaring dan papan goyang.  Cobalah sendiri, seberapa cepat Anda bisa menyelesaikan permainan ini.

48) The Jungle Fest

Tempat Wisata di Bogor

Nah, kalau The Jungle Water Adventure adalah untuk Anda yang gemar berbasah-basahan, the Jungle Fest untuk mereka yang menyulai adrenalin terpacu di atas wahana permainan modern.

Lokasinya terpiah dari The Jungle Water Adventure, tetapi tetap dalam lingkungan Bogor Nirwana Residence. Hanya berjarak kurang lebih 300-400 meter saja.

The Jungle Fest memiliki tema yang berbeda dengan The Jungle Water Adventure tetapi sama dengan The Jungle Land alias Dunia Fantasinya Bogor. Tentu dalam ukuran yang lebih kecil.

Permainan yang ada di dalamnya seperti Kincir Raksasa, roller coaster dan sejenisnya. Walaupun kecil, cukup untuk membuat Anda berteriak kegirangan dan memacu adrenalin.

Silakan pilih ini bila Anda ingin melepas kekesalan dan kejenuhan. Disini Anda bisa berteriak lepas.

49) Taman Wisata Matahari

Tempat wisata di Bogor

Nah, tempat wisata di Bogor yang ini lebih susah lagi mengkategorikannya. Susah banget,

Four in one. Empat dalam satu.

Taman Wisata Matahari yang terletak di Jalan Raya Puncak ini memang mengusung 4 konsep dalam satu tempat.

Di dalam kawasannya ada Wahana Wisata Air yang memungkinkan pengunjung bermain arung jeram, berenang hingga water ball. Bisa juga sekedar berwisata di atas danau dengan perahu Naga.

Selain itu ada Wahana Edukasi dimana wisatawan bisa belajar nyawah atau ngebun di lokasi yang disediakan. Ada agro sawah buat yang ingin tahu rasanya menanam padi atau agro sayur buat yang ingin berladang. Ada juga Taman satwa bagi yang ingin melihat hewan.

Kalau sudah bosan bermain seperti yang disebut di paragraf atas, pengunjung bisa bertualang sedikit merasakan seramnya rumah hantu atau mengendarai ATV.

Semua ada.

Bahkan ketika sudah lelah bermain, Anda akan diajak untuk bersantai di cafe-cafe yang ada. Hati-hati uang Anda bisa terkuras karena di sekitar kawasan banyak juga terdapat tempat belanja. Tetapi , kalau itu mendatangkan kegembiraan dan kesenangan, mengapa tidak?

Jadi, asal Anda siap menghadapi kemacetan di jalur Puncak yang terjadi setiap akhir pekan, Taman Wisata Matahari bisa menjadi pilihan. Bisa juga Anda atur ulang cuti sehingga tidak perlu misuh-misuh di kemacetan? Iya tidak?

50) Taman Buah Mekarsari

Tempat Wisata di Bogor Taman Buah Mekarsari

Ingin mencoba tinggal di penginapan unik, pergilah ke Taman Buah Mekarsari di Cileungsi, Kabupaten Bogor. Lalu tinggal lah di Rumah Pohon Leo.

Bentuknya unuk dan memang seperti tinggal di atas pohon tetapi dengan fasilitas yang nyaman.

Itulah salah satu daya tarik dari tempat wisata di Bogor ini.

Selain itu pengunjung juga bisa berperahu di atas danau yang ada . Perahu yang dipergunakan, ada speed boat dan perahu berkepala naga).

Para wisatawan juga bisa melihat berbagai tanaman buah. Selain sebagai obyek wisata, Taman Buah Mekarsari juga merupakan area pembibitan berbagai varietas tanaman buah unggul untuk disebarkan ke seluruh Indonesia.

Tidak berhenti sampai disitu, para pengunjung pun bisa melihat berbagai pertunjukan, seperti operete yang dilakukan para badut buah atau Pongo Show. Yang manapun akan membuat Anda tertawa.

Kalau bosan dengan semua itu, bisa mencoba fasilitas outbound yang sepertinya sekarang sudah menjadi wahana wajib di setiap tempat wisata di Bogor.

Manapun yang Anda pilih, banyak kesempatan bergembira di Taman Buah Mekarsari.

——–

owl-158409_640-320x313Nah, itulah kawan pembaca. Lima puluh buah tempat wisata di Bogor yang saya janjikan. Capek bukan?

Apakah hanya sebegitu saja tempat wisata di Bogor? Hanya 50 saja?

Jangan salah paham dulu.

Masih banyak, bahkan terlalu banyak untuk dituliskan dalam satu artikel saja. Bohong besar, jika ada yang bilang dapat menuliskannya dalam satu artikel. Kalaupun dibuat satu buku belum tentu cukup juga. Masih terlalu banyak.

Apakah Anda menyadari bahwa Anda hampir membaca hampir 10.000 kata. Jumlah yang sangat banyak. Anda akan merasa mata Anda capek, bukan begitu?

Sekarang coba Anda bayangkan saya sebagai tour guide. Saya nyerocos tanpa henti menjelaskan ini dan itu, rasanya pasti lebih capek lagi. Itu kalau di dunia nyata, ngomong terus saja melelahkan.

Apalagi ini di dunia maya. Membuat artikel sepanjang hampir 10.000 kata luar biasa melelahkan. Mencari bahan tulisan, mengedit foto, menempatkan foto dalam artikel dan lain sebagainya adalah perjalanan yang sangat melelahkan.

Sudah dua minggu saya hanya berkutat di satu artikel saja, yaitu artikel tentang tempat wisata di Bogor ini. Tentu saya merasa senang bisa berbagi tentang hal itu kepada Anda semua, tetapi kali ini izinkan saya untuk beristirahat sejenak.

Tentu saja, tidak berarti saya berhenti untuk menulis tentang tempat wisata di Bogor. Tidak akan. Masih terlalu banyak yang belum diceritakan kepada Anda.

Hanya izinkanlah saya menuliskannya dalam bentuk update pada artikel ini atau bisa juga dalam jilid II atau sambungan dari artikel ini.

Untuk sementara ini, mudah-mudahan artikel sepanjang hampir 10 ribu kata ini bisa memberikan sedikit informasi tentang berbagai tempat wisata di Bogor yang mungkin sesuai selera Anda.

Semoga. Kalau ada pertanyaan atau komentar tentang artikel ini, jangan ragu untuk mengatakannya di kolom komentar. Saya akan merespon secepat mungkin.

Selamat malam. Selamat beristirahat.

 

12 COMMENTS

  1. Natasya Irani Putri

    Bogor memang salah satu tujuan wisata yang sangat lengkap. Tak hanya dikenal sebagai surga wisata kuliner, belanja dan tempat-tempat wisata sejarah budayanya juga yang banyak, ternyata wisata alam Bogor menyimpan sejuta pesona yang memikat hati wisatawan untuk berburu keindahan alam khas bumi parahyangan ini.

    • Iya Dik..

      Memang demikian adanya.

      Kalau adik bersedia menyumbang artikel disini juga bakalan diterima kok. Bisa kolaborasi.

      Untuk sementara, link tidak bisa ditempatkan di kolom komentar.

      Tetapi, kalau memang mau ada link, bisa buat tulisan mengenai sesuatu dan kirim ke LB. Nanti akan diarrange supaya bisa tampil

  2. Dari sekian banyak tempat wisata yang mas Anton sebutkan diatas, baru beberapa lokasi saja yang berhasil saya kunjungi.. Pengen sih eksplore alam Indonesia yang keren ini, tapi timingnya yang gak pas, sibuk dgn deadline yang super padet… hehe

    • Pelan-pelan saja.. butuh tahunan dan biaya yang lumayan besar buat mengunjungi semuanya .. hahaha

  3. terima kasih kang ,, lier ari teu aya alamat lengkap mah bade ulina oge

    • sami-sami kang… pasti lah.. mudah-mudahan bisa membantu

  4. Comment:sekedar masukan,
    mungkin bisa lebih menarik klo surveynya bisa lebih lengkap seperti budget atau transportasi…
    thanks

    • Usul yang bagus.. hanya biasanya ada ulasan terpisah tentang setiap tempat. Ini hanya sebuah summary saja

  5. masih ada pembagian kategori wisata yang belum disebutkan:
    1. Kategori Wisata Belanja (Terminal Tas Tajur, SKI, Rumah Gaya, Grande, Blossom, Bogor Factory Outlet dsb)
    2. Kategori Wisata Kuliner Tradisional (Toge Goreng, Doclang, Soto Bogor, dll)
    3. Kategori Wisata Kuliner Modern (Macaroni Panggang, Pia Appel Pie, Death by Chocolate, Kedai Kita, Momo Milik, Cimory, Sop Buah Pak Ewok, Sop Duren Lodaya, Lemon Grass, Bakso Seusuepan, Martabak Air Mancur, Ah Poong dll)
    4. Kategori Wisata Murah Meriah (memberi makan rusa istana, dsb)
    5. Pada saat ini ditulis belum terpikirkan

    • Memang kang.. nulis soal wisata bogor mah bisa satu blog sendiri. Makanya saya tutup di angak 50 dulu.

      Kalau diterusin mah bisa ga ada artikel lain…

      Nanti ada jilid 2 nya kang.. 😊

      • yang saya sebutkan barangkali bisa jadi bahan tulisan satu per satu… kita tunggu kang 🙂

        • siaaapppp akang…. tentu saja harus bisa…:D

LEAVE A REPLY