Uji Nyali Dengan Memotret Dari Jarak Dekat
Jalan Merdeka, 2016

Ingin uji nyali? Tidak perlu pergi ke Dunia Fantasi atau tempat-tempat permainan seperti itu. Cobalah memotret dari jarak dekat.

Syaratnya, obyek yang menjadi sasaran kamera haruslah orang yang tidak dikenal. Kemudian, jarak antara Anda dan yang dipotret sekitar 1.5-2 meter saja.

Silakan rasakan.

Kalau dibandingkan dengan naik halilintar atau roller coaster, rasanya tidak berbeda jauh. Adrenlin seakan terpacu. Ketegangan. Kecemasan. Tetapi juga ada kegembiraan dan gairah disana.

Tegang karena khawatir adanya respon negatif dari sang obyek. Cemas karena takut tindakan yang kita lakukan bisa menimbulkan kemarahan. Pada sisi lain, rasa penasaran dan gairah serasa terpompa untuk mencoba melakukan hal tersebut.

Paling tidak itulah rasanya ketika mengambil foto di artikel ini.

Tingkah laku sang obyek sangat menarik untuk diabadikan. Sayangnya, dengan ramainya lalu lalang orang yang lewat, sulit untuk mengambil fotonya secara sembunyi-sembunyi. Belum lagi kemungkinan hilangnya momen membuat akhirnya diputuskan untuk face to face dengan sang nenek, si calon obyek foto.

KLIK! Beberapa foto tersimpan dalam SD Card si Finepix HS 35EXR.

Ternyata sangat tidak diduga, reaksi spontan dan kenekatan, tidak mendapatkan reaksi negatif. Walaupun kaget, tetapi ia tidak marah bahkan setelah pengambilan foto dilakukan ia tersenyum.

LEGA.

Padahal sempat kacau tangan untuk mengatur setting kamera hingga hasilnya masih kurang memuaskan.

Meskipun demikian, setidaknya kali ini, tantangan pertama dalam mencoba genre fotografi jalanan sudah terlaksana. Motto 80% keberanian dan 20% skill/tehnik, ternyata kurang tepat juga.

Harusnya 100% keberanian.

Pada saat memotret dari jarak dekat, sedekat itu kurang dari 2 meter ternyata sangat membutuhkan keberanian. Tehnik, seperti menguap begitu saja. Otak blank sama sekali.

Mungkin karena baru pertama kali dan belum terbiasa.

Mengapa hal ini saya lakukan? Karena ide fotografi jalanan sangat cocok untuk diterapkan pada Lovely Bogor, terutama di bagian Bogor Dalam Lensa/Foto. Foto-foto dari jalanan di Bogor akan membantu memberikan gambaran riil tentang kehidupan di Kota Talas ini.

Foto-foto itu akan membantu memberikan gambaran tentang kehidupan di Bogor secara apa adanya. Sesuatu yang jarang diperhatikan oleh para pengunjung Bogor.

Untuk itulah tantangan apapun, bahkan berada sedekat mungkin dengan obyek, haruslah dihadapi dan dilakukan.

Kesemuanya demi menghadirkan sesuatu kepada Anda semua, pembaca Lovely Bogor.

Semoga bisa memberikan sesuatu yang berbeda, selain tentang wisata, kuliner dan sekedar berita.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.