Bogor Tempo Doeloe #6 : Rumah Melchior Treub Dulu Dan Sekarang

The Melchior, sebelumnya, namanya Wisma Nusa Indah, merupakan sebuah bangunan “rumah” yang berada di dalam Kebun Raya Bogor. Bangunan ini mudah ditemukan jika Anda masuk dari Pintu I (Utama) di depan Pasar Bogor karena hanya perlu berbelok ke kiri di pertigaan dekat Monumen Lady Raffles.

Namanya terdengar berbau asing dan memang tidak salah. Nama terbarunya ini memang mengambil nama seorang yang sangat berjasa bagi Kebun Botani Pertama di Asia Tenggara ini.

Melchior Treub.

Pria kelahiran Belanda tahun 1851 ini pernah menjabat sebagai Direktur Lands Plantentuin, cikal bakal Kebun Raya sekarang.

Nah, bangunan bergaya Eropa yang sekarang menjadi wisma bernama The Melchior itu merupakan rumahnya selama hampir 30 tahun bertugas disana. Tentu tidak sendirian karena ia ditemani oleh istrinya Louise.

Uniknya, hasil penjelajahan internet, memperlihatkan bahwa kondisi bangunan itu tidak banyak berbeda 106 tahun yang lalu (tahun 1914). Dari sebuah laman Pinterest dan hasil foto sendiri tahun 2016 yang lalu, terlihat bahwa bentuknya hampir sama.

Kebetulan hasil foto sendiri itu diambil dari sudut yang sama dengan foto lebih dari satu abad yang lalu.

Bogor Tempo Doeloe #6 : Rumah Melchior Treub Dulu Dan Sekarang
Tahun 1914 – Sumber Foto Sugimin Tukijan Pinterest
Wisma Tamu Nusa Indah
Treub Laboratorium di sebelah Wisma Nusa Indah – Tahun 2016

Bahkan, dudukan tiang lampunya masih ada setelah 1 abad lebih, meski tanpa tiangnya lagi. Meski di tahun 2016 bangunan agak sedikit terhalang oleh pohon pisang kipas yang menjulang tinggi.

Pernah coba menginap disana? Boleh kok. Siapa saja bisa menginap, asal membayar tentunya. Silakan hubungi pengelola KRB untuk mencoba menginap di tempat yang dulunya dihuni orang penting bergelar profesor ini.