[FOTO] Berbagai Wajah Ki Lengser

Berbagai wajah Ki Lengser

Tokoh Ki Lengser tidak akan bisa terpisahkan dari kehidupan di Kota Bogor. Figur kakek-kakek yang satu ini merupakan cermin dari kebanggaan masyarakatnya terhadap Tanah Pasundan dan keterikatan secara historis dengan Kerajaan Sunda terbesar di masa lalu, Pakuan Pajajaran (Galuh Pakuan).

Oleh karena itulah, figur kakek-kakek berbaju kampret, bertotopong, dan memiliki gerak tari yang khas ini akan selalu diupayakan hadir dalam berbagai acara spesial, mulai dari perkawinan atau hajat lainnya.

Ki Lengser, Abah Lengser, atau Owa Lengser adalah simbolisasi dari keterikatan dan pengakuan masyarakat Bogor sebagai urang Sunda (Orang Sunda). Ia memiliki posisi spesial dan sulit tergantikan.

Cuma, sebenarnya, wajah Ki Lengser tuh seperti apa sih?

Saya tidak bisa jawab. Karena, seperti apa rupa Ki Lengser tidak memiliki standar yang pasti. Tidak ada kriteria jelas, selain kakek-kakek dengan gaya yang khas dan lucu.

Masing-masing seniman yang melakoni akan menginterpretasikan tokoh ini sesuai dengan pengetahuan dan idenya masing-masing. Jadi tidak heran kalau wajah dan pakaiannya bisa berbeda-beda.

Silakan lihat saja berbagai wajah Ki Lengser yang terekam kamera oleh salah satu kru Lovely Bogor saat perhelatan Bogor CGM Street Festival atau Cap Go Meh Bogor, Februari 2020 yang lalu.

Ada yang terlihat benar-benar tua, agak muda, modern, dan sebagainya. Semua cerminan dari ide dan interpretasi bagaimana seorang Lengser seharusnya.

Wajah-wajah ini adalah para Ki Lengser yang bergabung dalam Komunitas Lengser Ambu, Bogor.

Atau, yang versi “preman” juga ada..(terekam sebelum acara)

Masih ada lagi yang terekam oleh kamera di luar acara tersebut.

Ki Lengser Yang Terlalu Muda di Acara Perpisahan Bogor Center School
Ki Lengser dalam tradisi Mapag Panganten di Bogor

Yang manapun, selama memakai baju kampret, totopong, berjenggot putih, dan tentunya punya gerak gerik lucu dan uni, itulah Ki Lengser, simbol kebanggaan masyarakat Sunda di Kota Hujan.

(Foto : Arya Fatin Krisnansyah / @nafmedia)

2 thoughts on “[FOTO] Berbagai Wajah Ki Lengser”

  1. Pada kreatif yaaaa bikin dandanan Ki lengser nya :D. Lucu2 dan total semua bikinnya :D. Aku paling suka yg foto pertama yg jadi cover foto tulisan juga. Ekspresi nya juga bagus :D.

    Aku jadi tau kalo ada tokoh ini di dlm masyarakat Sunda mas 🙂 . Jadi pengen tau juga, Krn aku Batak, apa dalam masyarakat Batak ada tokoh seperti ini juga yg selalu muncul di tiap acara tapi pasti dengan nama dan tampilan berbeda . Ntr aku mau cari tahu :D.

    • Maaf telat baru jawab..

      Iyah.. makanya saya seneng ke CGM..

      Aku rasa pasti ada Fan tokoh tokoh kayak gini. Biasanya dalam setiap budaya pasti ada figur-figur yang menjadi ciri khas budaya itu. Coba cari Fan.. Terus diperkenalkan.. sayang sekali kalau sampai ditelan zaman

Comments are closed.