Banner molawindo

Ketika Trotoar Jalan Suryakencana Jadi Studio Foto Dadakan

Ketika Jalan Suryakencana Jadi Studio Foto Dadakan

Ucapan terima kasih harus dialamatkan kepada Pemda Kota Bogor yang sudah melakukan revitalisasi pada Jalan Suryakencana. Dibandingkan ketika Lovely Bogor terakhir mengunjungi jalan ini, yaitu pada ajang Bogor CGM Street Festival 2020, penambilannya sudah berubah sekali.

Kesannya lebih bersih dan rapi. Tidak lupa juga kata cantik harus ditambahkan. Selain trotoar di kanan kiri yang sudah lebih lebar dan rapi, penambahan beberapa ornamen jalan, seperti tiang lampu bercorak retro dan bangku pengunjung, membuat penampilannya lebih enak dipandang mata.

Tidak heran kalau trotoar Jalan Suryakencana berubah menjadi studio foto dadakan. Banyak sekali pengunjung di salah satu kawasan tua ini memanfaatkannya untuk berfoto-foto. Bukan hanya dengan kamera smartphone dan iseng saja, tetapi juga mereka yang diperlengkapi dengan kamera DSLR atau Mirrorless.

Disebut “studio foto” dadakan karena pemotretan tidak dilakukan a la street photography (nyetrit) yang merekam kehidupan manusia secara alami. Pemotretan di sini dilakukan dengan menggunakan “model” dimana yang menjadi sasaran kamera berpose sesuai dengan arahan fotografer.

Cukup banyak juga yang melakukannya. Situasinya memang seperti di studio foto dimana sang model tidak ragu bergaya di depan kamera, sedangkan para fotografer memberikan arahan sambil merekam.

Ketika Jalan Suryakencana Jadi Studio Foto Dadakan 2

Repotnya, pada saat berkunjung ke sana Minggu, 30 Mei 2021 yang lalu, tim Lovely Bogor berangkat bersama dengan dua anggota dari tim Putar Lensa, dua fotografer pro. Keduanya memang sudah terbiasa nyetrit, tetapi masalahnya keduanya adalah fotografer modelling.

Tambah repot lagi, salah satu anggota tim Lovely Bogor, si Kribo cilik juga juga menganut genre yang sama.

Alhasil, alih-alih berburu momen kehidupan di jalan yang dulunya bagian dari Great Postweg atau Jalan Raya Pos, sesi hunting foto berubah menjadi sesi pemotretan model.

Berbekal kemampuan komunikasi dan membujuk a la fotografer, tim Lovely Bogor dan Putar Lensa akhir berhasil membujuk dua orang gadis yang kebetulan sedang berjalan-jalan untuk menjadi model.

Yang pertama Rosalinda Vhera (akun IG @Rosalindavhera), asal dari Grogol Jakarta dan bisa dikata Bogor Lover karena sudah menjadikan Kota Hujan ini sebagai tempat wisata favoritnya. Saat diminta tim, ia kebetulan bersama 3 orang temannya juga sedang iseng bermodel ria.

Model dadakan kedua, seorang gadis asal Bogor yang sedang nongkrong bersama kawannya menikmati suasana Surken bernama Yusi (harus dikonfirmasi lagi nama lengkap dan akun Instagramnya).

Hasil pemotretan model di studio foto dadakan a la Jalan Suryakendana bisa dilihat di bawah ini.

Rosalinda Vhera

Yusi

  • Catatan : Nama panggilan selama pemotretan

Tidak jelek sama sekali. Tanpa Make Up Artist dan Lighting yang memadai hasil memotret di studi foto dadakan trotoar Jalan Suryakencana memberikan hasil yang menarik dan bagus.

Yang paling menyenangkan bukan hanya foto-foto yang bagus saja, tetapi juga pertemanan yang terjalin selama proses itu. Tidak terbayangkan sebelumnya kalau manusia-manusia yang asing satu dengan yang lain, bisa tergelak tertawa bersama ketika ada momen lucu hadir selama itu. Tidak sedikit juga canda dan ledek-ledekan terjadi.

Pada akhirnya, sesi nyetrit di Jalan Suryakencana kali ini berubah jadi sesi pemotretan model yang menyenangkan karena mendatangkan kegembiraan.

Meski terjadi perubahan di lapangan, tidak berarti sesi tersebut gagal mencapai tujuannya, yaitu merekam kehidupan. Tetap ada hasil dan cerita yang diboyong pulang untuk dijadikan pengisi website ini.

Contohnya saja, tulisan ini. Bukankah yang sekarang Anda baca ini adalah bagian dari kehidupan di sana? Juga masih ada beberapa yang akan diterbitkan menyusul sesuai jadwal.

Nah, kalau Anda sedang berwisata di kawasan Jalan Suryakencana, jangan kaget kalau tiba-tiba ada seseorang mendekati dan kemudian mengajak melakukan sesi pemotretan. Mungkin saja Anda kebetulan sedang bertemu dengan Tim Lovely Bogor dan Putar Lensa yang sedang butuh model.

Jangan ditolak yah! Fun kok!

Mari Berbagi

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.