Banner molawindo

Mau Tahu Ketinggian Air Bendung Katulampa? Buka Website Ini Saja!

Mau Tahu ketinggian air bendung katulampa kunjungi website ini saja 2
DAS Ciliwung di Bendung Katulampa

Antara bulan Desember sampai dengan Februari, setiap tahunnya itu memang periode “panen” di Jabodetabek, yaitu panen air. Curah hujan di Jabodetabek, terutama Bogor sedang akan tinggi-tingginya dan bisa setiap hari terjadi hujan lebat.

Efeknya, biasanya Google juga ikut “panen”. Mesin pencari itu juga akan panen pencari informasi tentang ketinggian air bendung Katulampa. Bisa ribuan dalam sehari yang mencoba mencari tahu situasi di bendung yang sering salah disebut dengan bendungan itu.

Bisa dimaklum karena bendung Katulampa salah satu fungsinya, selain untuk pengairan juga sebagai pos peringatan dini bahaya banjir bagi ibukota saat ini, Jakarta. Bila kondisinya sudah masuk siaga 1-2 hampir bisa dipastikan dalam waktu sekitar 6 jam, maka akan ada wilayah Jakarta yang terendam banjir, terutama di wilayah Timur.

Oleh karena itulah, tidak heran setiap tahun di antara bulan-bulan itu masyarakat berusaha mencari tahu tentang ketinggian air di bendung yang dibangun tahun 1911 itu. Banyak terkadang menelpon langsung pos pengamatan di sana.

Padahal, sebenarnya tidak perlu pusing juga untuk sekedar mencari tahu informasi itu. Tidak perlu buang pulsa juga. Cukup pakai ponsel juga bisa.

Caranya, kunjungi saya website Pusat Data dan Informasi Sumber Daya Air
Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta
. Klik saja link poskobanjirdsda.jakarta.go.id .

Di sana bukan hanya ada informas tentang ketinggian air di Katulampa, tetapi juga di berbagai aliran sungai yang mengalir ke Jakarta, termasuk Ciliwung.

Mau Tahu Ketinggian Air Bendung Katulampa? Buka Website Ini Saja!

Website ini informatif sekali. Pengunjung bisa melihat ketinggian air, perubahan yang terjadi (naik atau turun), statusnya apakah siaga atau bahaya. Datanya juga update.

Beberapa simbol terlihat mempermudah, dimana kalau hijau berarti normal, kuning waspada, dan merah bahaya.

Bisa diakses lewat komputer atau ponsel, meskipun kalau lewat ponsel tampilan agak kacau. Rupanya template yang dipergunakan masih jadul dan tidak responsive.

Banyak informasi lainnya ditampilkan, seperti prakiraan cuaca dan juga kondisi cuaca di beberapa wilayah Jabodetabek. Pastinya bisa membantu memberi peringatan dini kalau memang akan terjadi banjir.

Mau Tahu Ketinggian Air Bendung Katulampa? Buka Website Ini Saja!

Datanya akurat? Percayalah, banyak wartawan media yang menggunakan informasi ini dalam berita yang mereka tulis untuk masyarakat.

Kebetulan saya bergabung dengan salah satu grup WA pecinta lingkungan di Kota Bogor. Beberapa rekan wartawan menjadi anggota grup ini juga untuk mencari informasi dan di antaranya ada yang berasal dari Kantor Berita Antara.

Jadi, kalau memang khawatir akan terjadi banjir di Jakarta dan ingin tahu kondisi terkini ketinggian air di Katulampa, pergunakan saja website ini. Banjir tidak bisa dicegah, tetapi setidaknya kalau kita bersiap siaga, tentu korban, termasuk harta benda bisa diminimalisir.

Iya nggak?

Mari Berbagi

2 thoughts on “Mau Tahu Ketinggian Air Bendung Katulampa? Buka Website Ini Saja!”

  1. Gilak, keren banget ya Jakarta aplikasinya..

    Simpel tapi informasinya pas, cukup, bikin ga overload informasi

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.