Untuk menghasilkan sebuah foto yang menarik tidaklah boleh bergantung pada apa yang disediakan. Seorang fotografer harus bisa “mengeluarkan” keindahan dari si obyek dalam kondisi dan situasi yang bagaimanapun adanya. Begitu idealnya.

Meskipun demikian, menemukan sesuatu yang bisa menjadi “nilai tambah” bagi fotonya tetaplah sesuatu yang dianjurkan. Sebuah lokasi yang memiliki keindahan tersendiri tentunya akan mempermudah tugasnya. Oleh karena itulah, banyak fotografer, baik amatir atau profesional akan mempertimbangkan pemilihan spot foto sebelum melakukan pemotretan.

Di Kota Bogor sendiri, ada satu lokasi yang memiliki banyak sekali spot foto yang sangat potensial untuk dijadikan background sebuah pemotretan. Sayangnya, luasnya KRB sendiri kerap menyulitkan karena hampir tidak mungkin mengeliling kebun botani pertama di Asia itu sebelum memulai sesi pemotretan. Bisa gempor dan habis tenaga kalau itu dilakukan.

Mungkin informasi ini bisa membantu memberikan gambaran tentang beberapa spot foto yang secara fotografi memiliki kelebihan dan menjanjikan.

Silakan lihat beberapa lokasi tersebut.

1) Kolam Gunting

5 spot foto terbaik di kebun raya bogor - Kolam Gunting

Paling mudah dicapai. Juga paling “indah” di antara spot foto di KRB lainnya.

Spot foto yang satu ini cukup memiliki bidang kosong yang akan sangat membantu seorang fotografer. Ditambah dengan kehadiran bunga teratai dan seroja yang kerap bermunculan di atas permukaan kolam, maka lokasi yang satu ini harus dipertimbangkan.

Belum lagi kalau memperhitungkan Istana Bogor bisa dipergunakan sebagai backgroundnya.

2) Taman Astrid

Cantiknya Taman Astrid di Kala Hujan

Lapangan berumput tebal nan hijau. Kolam berisikan teratai raksasa. Jalan berhiaskan bunga Kana.

Semua ini akan menjadikan Taman Astrid, sebuah taman di sebelah Timur KRB yang dibangun untuk kunjungan Ratu Astrid dari Belgia ini, sebagai salah satu spot foto yang dijamin menghasilkan foto yang enak dilihat.

3) Taman Teijsman/Teysman

5 spot foto terbaik di kebun raya bogor 2 - Taman Teijsman a

Di sebelah Timur ada Taman Astrid dan di sebelah Barat ada Taman Teijsman/Teysman.

Hamparan rerumputan dihiasi dengan Tugu Memorial untuk salah satu kepala KRB di masa lalu yang sangat berjasa menjadikan taman yang satu ini kerap menjadi lokasi pemotretan.

Hal satu lagi yang membuat spot foto yang satu perlu dipertimbangkan adalah jalan setapak yang simetris. Jalan-jalan ini seperti membentuk sebuah pola dengan Tugu Teijsman sebagai pusatnya.

Garis-garis simetris ini akan sangat membantu memberikan “leading lines” dalam foto ke obyek utama.

4) Jalan Kenari II

5 spot foto terbaik di kebun raya bogor 3 - Jalan Kenari c

Hanya sebuah jalan, walau cukup panjang karena membentang dari Utara ke Selatan (atau sebaliknya).

Keistimewaannya adalah pepohonan di kanan kirinya yang besar-besar dan menghadirkan nuansa hijau nan teduh dimana-mana.

Hijaunya jalan Kenari II ini kerap ditingkahi warna kuning dari daun-daun tua yang berguguran.

Kalau sudut pengambilan fotonya memanfaatkan teknik “Mata Kodok” alias sejajar dengan tanah, garis-garis yang terbentuk oleh jalan akan sangat membantu menuntuk mata yang melihat ke obyek utama..

5) Taman Soedjana Kassan

taman lebak soedjana kassan 2

Bagi yang ingin membuat foto bercita rasa nasionalis, Taman Soedjana Kassan, tidak boleh terlewatkan. Disana ada simbol garuda yang bisa memberikan ciri kecintaan pemotret pada bangsanya.

Meskipun demikian, bukan itu yang menarik sebagai spot foto. Di taman yang dibangun untuk kepala KRB pertama yang berasal dari Indonesia ini, hampir sama dengan yang lain yaitu memiliki bidang yang luas sehingga penerapan prinsip KISS (Keep it Simple Stupid) bisa dilaksanakan dengan mudah.

Sebagai tambahan istimewa, kalau yang memotret jeli,, dan beruntung, bisa memanfaatkan bunga Bougainville yang banyak ada disana. Tentunya, tambahan warna-wanri si kembang kertas bisa menjadi asesori yang menarik bagi sebuah foto.

6. Pemakaman Belanda Kuno

Pemakaman Belanda Kuno di Kebun Raya Bogor 2

Spot foto di KRB yang satu ini cocok buat mereka yang menggemari tema misteri. Entahlah kalau untuk prewed (sulit membayangkan ada calon pengantin yang ingin tampil sebagai kuntilanak atau genderuwo).

Makam-makam tua dan ditunjang dengan nuansa temaram karena berada di kawasan pohon bambu yang tebal bisa memberikan suasana seram nan misterius dalam foto.

Sebaiknya kalau melakukan pemotretan disini dilakukan di waktu siang saja karena kalau di malam hari, cukup santer desas desus kerap ada penampakan “sesuatu” disana. Tentunya, sulit melakukan pemotretan dengan bulu kuduk yang berdiri dan tangan gemetaran.

(Simak Juga : Kebun Raya Bogor – Tempat Mana Yang Menarik?)

Kira-kira itulah 6 spot foto di KRB yang sangat potensial bagi tempat pemotretan apapun. Hanya saja, tentunya harus kembali pada idealisme fotografer, bahwa tempat bukanlah segalanya. Lagi pula, masih cukup banyak tempat lain yang bagus disana.

16 COMMENTS

  1. Semoga bisa piknik ke Kebun raya Bogor 😊

    • Semoga juga.. saya doakan diberi kesempatan bermain kesini

  2. Preweddingku di Bogor tapi sama sekali nggak menyentuh di Kebun Raya Bogor. Bulan depan insyaallah pengen staycation di Bogor sama suami, pengen kulineran sekaligus nyari banyak spot foto. Terima kasih ya sudah dikasih rekomendasi.

    • Wahh… coba disana keren padahal.. hahaha Semoga menjadi keluarga yang Samwa yah teh..

      Hayuk atuh.. selamat jalan-jalan di Bogor deh

  3. Postingan fotonya bikin hati tertarik buat kesana, kayaknya cocok banget buat foto prewedding

    • Hahahaha.. mau sekalian prewed mbak?

  4. Mantap kang tlisannya menarik, sayangnya ampe umur setua gini belum pernah main ke kebun raya bogor duh sedihnya..

    Nanti deh lebaran pengen main kesana, sekalian didatangin tuh 6 spot foto terrbaik karwna saya lmyan suka selfih wkwkwk makasih kang

    • Yah berarti tulisan ini bermanfaat kan bisa membuat penggemar selfie senang.. hahahaha

  5. Yaampuun.. ini postingan foto fotonya manggil banget sih pak?
    asri sekali ya,,, Bogor kota hujan, pingin kesana..
    ke jalan kenari II 🙂

    • Hayuk atuh Nia ke Bogor.. lagi musim hujan nih.. biasanya tambah bgus

  6. tiap kali maen kesini, selalu menjadi kangen pada pak Munajat (kepala dapur istana Bogor), seorang pembuat kopi ke 7 Presiden Indonesia ketika mereka berada di Istana Bogor, kami sangat dekat karena hampir 8 bulan setiap hari saya bertemu beliau di tahun 2015, ketika Istana Bogor di renovasi…apa kabarnya beliau ya?

    • Sharing kang pengalaman di Istana Bogor disini.. mau nggak kang.. Entahlah apa kabarnya, saya tidak pernah kenal sama beliau. Sayang sekali.

  7. cukup cerdik jg yach…Pak. Memanfaatkan koleksi foto yg tersimpan lama menjadi sebuah tulisan yg menarik.

    spot no 6, sepertinya lebih asik dimanfaatkan saat malam jum’at krn ada foto modelnya dari alam ghaib. 🙂

    • Iyah… sudah lama tidak berkeliling Bogor karena berbagai hal, jadinya hanya bisa memanfaatkan yang masih tersisa di komputer saja.

      Mungkin baru minggu depan bisa kembali full aktif seperti semula

      • daerah puncak kbrnya longsor yach pak….

LEAVE A REPLY