Untuk rekan-rekan yang baru pertama kali, atau belum lama menggunakan jasa si ulat besi, Commuter Line alias Kereta Rel Listrik, terkadang masih sering terjadi kebingungan untuk tahu apakah saldo di e-ticket atau KMT (Kartu Multi Trip) masih cukup atau tidak untuk sebuah perjalanan. Sama seperti juga kita selalu tidak ingt berapa saldo tersisa di rekening kita, memang tidak mungkin untuk terus mengingatnya. Nah, sebenarnya PT KCJ atau KAI Commuter Jabodetabek sudah menyediakan alat cek saldo untuk mengurangi kemungkinan penumpang terkena penalti hanya karena saldo tidak mencukupi pada saat gate out.

Alat cek saldo commuter lineBentuk alat cek saldo itu seperti di samping ini.

Merah menyala dan mudah ditemukan.

Letaknya biasanya berada di samping atau berseberangan dengan loket.

Cara menggunakan alat cek saldo Commuter Line pun mudah. Cukup tempelkn KMT atau THB (Tiket Harian Berjaminan) pada tnda kuning yang bertuliskan TEMPEL DI SINI. Satu detik kemudian maka saldo dalam kartu akan muncul di layar.

Itu saja. Mudah kan.

Alat cek saldo ini juga berfungsi sebagai alat aktivasi kartu e-Money agar bisa dipergunakan seperti KMT. Cukup sekali aktivasi dan selanjutnya bisa dipergunakan seterusnya.

Selain di alat cek saldo ini, sebenarnya penumpang juga bisa melihat saldo tersisa pada gerbang gate in dan gate out. Setelah kartu ditempelkn dan lampu berwarna hijau menyala, maka akan tampil di layar kecilnya jumlah uang yang masih ada.

Jadi kawan, kalau Anda ragu kalau-kalau saldo e-tickat Anda mencukupi atau tidak pergunakan alat ini. Meluangkan waktu beberapa detik untuk menggunakannya bisa mengurangi kemungkinan timbul masalah.

Jangan lupa bahwa saldo minimum saat gate out atau menempelkan kartu di pontu keluar harus 11 ribu rupiah. Jangan sampai kurang. Hitungannya berarti ongkos + 11 ribu ruliah harus selalu ada di KMT atau e-Money Anda.

Pergunakan alat cek saldo untuk memastikan hal itu yah!

Alat cek saldo commuter line

2 COMMENTS

  1. Permisi pak,

    1. Numpang tanya kl sy mau naik comuter line dr st. citayam menuju st. Cibinong kira2 adanya jadwalnya jam brapa aja yg sampe ke stasiun tersebut?

    2. Kl dari st. Cibinong mau ke Mall cibinong naik angkot nmr brapa pak?

    Mohon dijawab yah Pak, Sblm & sesudahnya sy ucapkan trimakasih

    Jati

    • 1) Silakan lihat di jadwal CL.. soalnya saya tidak hapal jam berapanya. Kalau tidak salah 07.07, 10.34, 14.08, 17.39

      2) Maaf saya tidak hapal no angkot di Kabupaten. Sebaiknya tanya langsung di stasiun.

LEAVE A REPLY