Angkutan L-300 Bogor

Angkutan L-200 adalah jenis transportasi yang biasa dipergunakan oleh masyarakat di Bogor untuk menuju kawasan Puncak, Cipanas, Cianjur dan Sukabumi.

Tidak ada istilah resmi bagi angkutan ini. Masyarakat Bogor biasa menyebutnya dengan merek atau jenis kendaraannya, yaitu Mitsubishi L-300.

Jenis angkutan umum ini sangat berguna sekali bila kita hendak menuju ke kawasan yang merupakan salah satu daya tarik Kabupaten Bogor, yaitu Puncak. Apalagi, sejak dibukanya Jalan tol Cipularang, banyak bis Jakarta – Bandung, yang dulunya melewati Puncak beralih ke jalan tol tersebut yang menjanjikan waktu tempuh lebih cepat.

Hal itu mengurangi jumlah angkutan yang melewati area tersebut.

Angkutan L-300 jurusan Bogor CianjurBagi Anda yang hendak menuju ke beberapa lokasi wisata seperti Curug Cilember, Taman Safari, Kebun Raya Cibodas, Istana Cipanas dan tentu saja Puncak, bisa menggunakan angkutan L-300 ini.

Begitu pula yang hendak berwisata di Danau Lido atau Salabintana yang berada di jalur Sukabumi, maka angkutan ini bisa menjadi pilihan.

Untuk membedakannya, yang paling penting adalah perhatikan apa yang diterikkan para calo penumpang. Cianjur atau Sukabumi. Meskipun demikian ada ciri lainnya, yaitu angkutan L-300 yang menuju Cianjur biasanya tidak berwarna-warni. Sementara yang menuju Sukabumi lebih ceria dengan warna dan gambar.

Walaupun begitu, tetap perhatikan tujuan yang disebutkan para calo untuk menghindari salah naik.

Berapa ongkosnya? Entahlah saat ini, tetapi terakhir kali adalah Rp. 25.000.-/orang jarak jauh atau dekat sama saja. Angkutan L-300 Jurusan Bogor SukabumiAngkutan L-300 kedua jurusan ini memiliki beberapa ciri yang sama.

Pertama : kendaraan tidak akan diberangkatkan kalau penumpang belum penuh. Oleh karena itu, bila Anda ingin naik, carilah yang sudah agak penuh. Jadi bisa cepat berangkat. \

Mencari yang kosong percuma, karena mereka akan tetap menunggu hingga semua kursi terisi. Waktunya akan lebih lama.

Kedua : Raja ngebut bahkan di jalur Puncak yang banyak kelokan. Tidak jarang mereka mengambil sisi kiri untuk menyusul kendaraan lain. Bersiaplah untuk agak sport jantung bila menaikinya.

Hanya terus terang, mereka sangat menguasai medan dan pantas disebut sebagai raja kelokan.

Dimana bisa menemukan angkutan L-300 di Bogor ?

Biasanya mereka mangkal di depan Botani Square, Pool Damri. Tepat di dekat jembatan penyeberangan orang. Tempat lainnya adalah di dekat Mesjid Raya Bogor. Untuk mengetahui dimana mesjid ini berada silakan lihat Mesjid Raya Bogor : Jejak Pluralis. Disana ada penjelasan cara menuju ke tempat ini.

Ok Kawan. Mungkin kalau Anda suka sedikit bertualang dan merasakan adrenalin terpacu, ankutan L-300 Bogor ini bisa menjadi pilihan.

Selamat berwisata.

4 COMMENTS

  1. Pak, L300 ini lewat cibodas sebelah mananya ya? Klo ke pintu masuk kebun raya cibodas masih harus jln lgi gak?

    • L300 ini hanya melewati jalur normal menuju Puncak / Cianjur saja. Lokasi Kebun Raya Cibodas masih masuk ke dalam lagi dari tepi jalan raya Puncak, jadi harus nyambung naik ojeg atau kendaraan lain, atau mau jalan kaki (lumayan juga)

  2. Informasi menarik; – Ternyata ada juga bis transportasi dijalur yg kami perlukan. – Ternyata harus juga berfikir ulang utk menggunakan transportasi model ini. he he… Tunggu bis rombongan wisata kampung ajah kapan2 klo ada,atau klo ada temen yg punya mobil ngajak. Gak perlu weekand kepuncak deh, entar malah jadi theand..

    • hahahaha… memang… ngadaregded kadang naeknya

LEAVE A REPLY