Foto di atas bukan pasangan yang sedang bertengkar sehingga saling meninju. Bukan pula seorang istri yang sedang marah karena uang belanja kurang. Adegan ini adalah seorang pengunjung Lapangan Sempur yang sedang belajar Muay Thai, sebuah seni bela diri asal negeri gajah putih, Thailand.

Tepatnya, pada hari Minggu yang lalu, di Taman Ekspresi diadakan Free Training (Pelatihan Gratis) Muay Thai. Ajang ini diinisiasi oleh beberapa sasana Muay Thai yang ada di wilayah Bogor, baik Kota atau Kabupaten.

Ini adalah untuk kali kedua free training ini diadakan, setelah sebelumnya yang pertama diadakan di acara Car Free Day di Jalan Sudirman.

Pada acara ini, para anggota sasana atau camp Muay Thai mengajarkan kepada para pengunjung berbagai teknik dasas seni beladiri yang dikenal juga dengan seni beladiri 8 tungkai itu.

Apa itu Muay Thai?

Muay dalam bahasa Thailand berarti TINJU. Jadi, Muay Thai bisa diartikan sebagai Seni Tinju.

Berbeda dengan tinju pada umumnya dimana para petarung mengandalkan kedua kepalan tangannya saja, Muay Thai memperbolehkan untuk saling menyerang dengan senjata lain, yaitu lutut, sikut, dan juga menendang.

Penggunaan tangan, sikut, lutut, dan kaki itulah yang melahirkan istilah lainnya bagi seni beladiri ini, yaitu seni beladiri 8 tungkai. Coba saja hitung sendiri. Manusia mempunyai 2 kaki, 2 lutut, 2 sikut, dan 2 tangan. Totalnya ada 8 tungkai pada diri seseorang yang bisa dipergunakan untuk bertarung.

Seni beladiri ini sudah cukup lama dikenal di Indonesia. Bila dirunut sedikit ke belakang, Muay Thai mulai berkembang sejak tahun 2000-an. Pertumbuhannya cukup pesat dan diminati banyak orang. Banyak camp atau sasana seni beladiri ini hadir di berbagai kota, termasuk Bogor.

Muay Thai itu Olahraga (Juga)

Untuk apa belajar Muay Thai? Bukankah Bogor aman-aman saja? Yap. Bogor memang aman, tetapi bukankah tidak ada salahnya untuk belajar seni beladiri?

Lagipula, Muay Thai bukanlah sekedar tentang bertarung saja. Sama dengan berbagai seni beladiri lainnya, Muay Thai juga sebuah olahraga.

Perhatikan saja bagaimana seorang atlet Muay Thai bergerak. Disana bisa terlihat kelenturan badan saat menghindari pukulan lawan. Di dalamnya juga ada tentang bagaimana mengatur stamina dan melontarkan pukulan.

Dinamis, layaknya sebuah seni beladiri. Bergerak, bergerak, dan terus bergerak.

Intinya, tidak berbeda dengan olahraga yang jika dilakukan secara rutin akan bisa membantu menjaga kesehatan dan saat bersamaan meningkatkan kepercayaan diri. Juga, meski Bogor aman dan damai, tidak ada salahnya juga untuk menguasai sebuah seni beladiri. Bukan begitu, Kawan?

Belajar Muay Thai di BogorFree Training Muay Thai Bogor

Free Training atau Pelatihan Gratis Muay Thai ini digagas oleh berbagai camp Muay Thai yang ada di Bogor. Tujuannya untuk semakin memasyarakatkan olahraga atau seni beladiri ini di Kota Hujan.

Program ini akan rencananya akan diadakan setiap bulan dan dilakukan di tempat yang berbeda setiap kalinya. Pertama kali diadakan di acara Car Free Day dan pada Minggu lalu, 2 April 2017 dilakukan di Taman Ekspresi, Lapangan Sempur.

Jika ada yang ingin mengikuti Free Training ini, bisa menghubungi salah satu koordinator acara tersebut, Michael via WA no 085811352220

Untuk yang ingin berlatih secara rutin, beberapa sasana Muay Thai di Bogor menyediakan kelas-kelas latihan. Salah satunya adalah Legacy Muay Thai Bogor, yang beralamat di Jalan Soleh Iskandar no 31, no telpon 081318383885. (Patokan jika hendak ke sasana ini adalah 1 kilometer dari Lotte Mart ke arah Salabenda – sebelah Indomaret)

Coba cek dulu website mereka di www.legacymuaythaibogor.com.

Nah, yang jelas, kalau Anda mau belajar Muay Thai, tidak perlu lah harus ke Thailand atau bahkan keluar Bogor. Betul tidak.

Bogor sudah punya banyak sasana yang tentunya akan mengajarkan kepada Anda berbagai hal tentang seni tinju ala Thailand ini.

Silakan dicoba sendiri.

—–

Terima kasih saya ucapkan kepada Dik Michael (dipanggil dik karena jelas usianya jauh di bawah saya), yang sudah mau diganggu menjawab pertanyaan-pertanyaan saya, padahal sedang memimpin latihan. Juga, untuk penjelasannya via email tentang apa itu Muay Thai dan acara Free Training-nya.

2 COMMENTS

  1. wah, sukses sekarang pakai wawancara pak..

    di kredit bawah ..

    ide yang sangat baik, karena pemilik sasana memberikan pelatihan gratis sekaligus pengenalan tentang beladiri sekaligus olahraga ini…

    • Hahaha.. sebenarnya sudah sejak dulu. Cuma terkadang saya terlalu terburu-buru jadi lupa melakukan sekedar berbincang.

      Yap. Karena itulah pantas dijadikan bahan tulisan. Iya nggak?

LEAVE A REPLY