Bis Pusaka Bogor
Bis Pusaka sedang melintasi jalan Soleh Iskandar Bogor

“Istiah” Bis Pusaka beberapa kali ditulis dalam beberapa artikel terdahulu pada saat menjelaskan cara menuju ke sebuah tempat di web ini.

Istilah? Ya, memang kata tersebut tepat dipakai. Saat ini kedua kata “Bis Pusaka” sudah menjadi istilah sendiri dan bergeser dari makna aslinya.

Untuk mengerti hal tersebut, maka silakan lanjut membaca.

Apa itu Bis Pusaka ?

“Bis Pusaka” adalah jenis transportasi umum di kota Bogor yang menggunakan bis ukuran 3/4. Ukuran bis yang sama dipergunakan untuk Metromini dan Kopaja di Jakarta.

Rute yang biasa dilalui oleh moda transportasi ini adalah jurusan Terminal Baranangsiang (Bogor) ke arah Lebak Bulus/Ciputat atau Tangerang. Ada juga yang melayani trayek Bogor Sukabumi.

Istilah bis Pusaka tidak ada kaitannya dengan sloga Bogor Kota Pusaka. Kebiasaan memakai kedua kata ini sudah lahir lama sebelum slogan tersebut dicetuskan.

Mulanya sangat sederhana yaitu karena operator pertama jenis transportasi ini bernama Perusahaan Otobus (PO) Pusaka. Di bagian sisi kendaraan yang dipergunakan terdapat tulisan PO Pusaka.

Dari sinilah nama tersebut berasal dan dikenal oleh warga Bogor. Meskipun setelah itu terdapat PO lain yang beroperasi, seperti PO Perdana Jaya, warga Bogor akan tetap mengatakan naik Bis Pusaka ketika mereka naik transportasi umum ini.

Meskipun demikian istilah ini hanya berlaku di rute dimana PO Pusaka beroperasi. Di jalur berbeda seperti Bogor – Depok dimana salah satu operatornya adalah Metromini, istilah yang dipakai adalah Metromini.

Bis Pusaka Bogor
Bis Pusaka mengarah ke Salabenda -Parung

Kemiripan Bis Pusaka dengan Metromini atau Kopaja di Jakarta

Kemiripannya bukan hanya dalam hal ukuran bis yang dipergunakan. Banyak hal lain yang membuatnya bisa disebut sebagai saudara kembar sang raja jalanan di ibukota.

Hal-hal tersebut seperti

– Ugal-ugalan , bukan hal yang aneh kalau terjadi kejar-kejaran antar dua “Bis Pusaka” terutama yang berbeda operator di jalan raya. “Ngebut” bukanlah hal yang tidak lazim.

– Suka “ngetem” , sistem setoran membuat supir sering tidak mau berangkat kalau penumpang belum penuh atau belum ada Bis Pusaka lain yang datang.

– Menjejalkan penumpang, pada saat penuh sekalipun, penumpang akan tetap dijejalkan ke dalam bis. Tidak jarang, penumpang dipaksa bergelantungan di pintu yang terbuka

– Fasilitas seadanya , bagian dalam bis pun memang sangat mirip Metromini atau Kopaja. Bangku plastik yang kadang sudah rombeng. Jarak antar kursi yang sempit sehingga kaki penumpang harus ditekuk. Hanya ada satu atau dua bis yang memiliki fasilitas memadai.

Serta masih banyak lagi hal yang biasa dilakukan Metromini atau Kopaja di Jakarta dilakukan pula oleh transportasi ini. Bisa dikata semua yang ada di Metromini/Kopaja ada pula di Bis Pusaka.

Trayek dan Rute Bis Pusaka

Trayek yang dilayani oleh angkutan ini biasanya melewati jalur lama Jakarta Bogor yaitu via Parung. Ada beberapa rute yang dilayani seperti

– Terminal Baranangsiang (Bogor) – Tangerang

– Terminal Baranangsiang (Bogor) – Lebak Bulus

– Terminal Baranangsiang (Bogor) – Ciputat

Rute yang biasa dilalui di dalam kota Bogor adalah Jalan Pajajaran – Jalan Soleh Iskandar – Jalan Raya Bogor (via Parung) – Tangerang/Lebak Bulus/Ciputat

Bis Pusaka Bogor
Metro Mini menunggu penumpang dekat terminal Baranangsiang Bogor

Tarif Bis Pusaka

Untuk trayek Bogor – Tangerang, tidak pernah ada selebaran tarif resmi yang pernah ditempelkan dalam bis. Hanya di tahun 2014, saya membayar kepada kondektur total Rp. 14,000.- untuk rute tersebut.

Ada kata total” karena saya harus dua kali naik alias ganti kendaraang di Pasar Parung. Jenis kendaraan yang dipakai sama.

Kebiasaan tidak resmi dari “Bis Pusaka” adalah mereka akan ngetem dulu di Pasar Parung. Jadi dari Tangerang penumpang diminta membayar sebesar Rp. 8,000.- sampai Parung. Kemudian penumpang harus pindah ke Bis Pusaka lain yang sudah ngetem duluan dan tarif yang dikenakan Rp. 6,000 sampai ke Terminal Baranangsiang.

Hanya beberapa waktu lalu ketika terjadi kenaikan harga BBM, banyak keluhan bahwa awak bus menerapkan tarif seenaknya. Kenaikan bisa mencapai 200%

———

Pengalaman pribadi cukup lama menggunakan Bis Pusaka membuat saya tidak menyarankan anda untuk menempatkan moda transportasi ini sebagai pilihan utama.

Waktu tempuh Bogor Tangerang yang 50-55 Kilometer sering harus ditempuh dalam waktu 3.5-4 jam. Bahkan menggunakan Commuter Line yang harus 2 kali ganti rute bisa lebih cepat dan murah.

Apalagi kalau anda memakai motor atau mobil bisa menghemat waktu banyak.

Tentu saja, kecuali anda terdesak ketika tidak ada jalan lain, maka saya menyarankan anda untuk berhati-hati. Usahakan agar anda seringkas mungkin untuk memastikan anda bisa bergerak lincah ketika diperlukan.

Juga saat penuh jangan pernah bergelantungan di pintu bis karena jalur yang dilewati bis Pusaka adalah jalur yang cukup padat. Banyak kendaraan besar seperti truk lalu lalang.

Karena sang saudara Metromini/Kopaja si raja jalanan Jakarta ini ternyata juga raja jalanan di Bogor yang kadang tidak bisa diprediksi kelakuannya.

100 COMMENTS

  1. pak kalo dr bogor yasmin ke cikokol naik motor turun dimana aja ya soalnya saya pke ojek online & harus bbrpa x ngorder krna jarak tmpuh maksimalnya 25km

    • Kalau begitu harus dua kali saja.. karena jarak Yasmin-Cikokol kurang lebih 52 kilometer.

      Saya tidak tahu harus berhenti dimana saja karena saya kesana naik motor sendiri dan nggak pake ojeg online. Bagaimana kalau berhentinya pasar parung saja

  2. Pa permisi, jalan mau ke Midi Utama Indonesia Alfamidi Jl. M.H.Thamrin No.9 Cikokol, Tangerang-Banten 15117, naek kenadaraan apa aja ya, kalo saya dari bogor terminal siang? Terima kasih

    • Naik CL ke Bukit Duri, sambung dengan kereta ke Bogor. Dari stasiun Bogor, silakan cari tulisan di blog ini juga tentang itu.

      Bisa jalan kaki kok

    • Naik yang ini.. tidak ada yang enak..

      Dari Bubulak naik 32 dan turun di Jalan Soleh Iskandar lalu naik bus Pusaka jurusan Tangerang

  3. pak, kalau dari baranangsiang bogor ke perumahan taman sari persada naik bus pusaka kira-kira berapa jam ya di jam sibuk kerja pagi dan sore? mohon tanggapannya. terima kasih

    • Tergantung kemacetan, tetapi kira-kira akan makan waktu sekitar 1 jam. Bisa juga lebih kalau sedang parah-parahnya di Jalan Soleh Iskandar. Tidak bisa dipastikan

    • Bisa naik bus 3/4 dari Lebak Bulus yang mengarah ke terminal Baranangsiang dan lewat Parung. Turun di pertigaan semplak salabenda dan lanjut naik angkot.

      Bisa juga turun di Pasar Parung kemudian naik angkot no 06 Biru dan pasti akan lewat Semplak

  4. Pak kalo dari bogor menuju Perum binong permai blok f14 no 8 .kel binong kec curug kab tangerang. Banten naik apa ya pak yg cepat?

    • Maaf saya tidak tahu Perum Binong itu di sebelah mana, jadi tidak bisa memberikan panduan pasti.

      Saya hanya tahu stasiun tangerang saja, jadi saya bantu menuju kesana saja. Silakan naik Commuter Line jurusan Jatinegara dan turun di Bukit Duri. Dari sana langsung naik Commuter Line menuju ke Stasiun tangerang. Lama perjalanan 2 hingga 2.5 jam tergantung jadwal kedatangan kereta.

      Atau bisa juga pakai bus Pusaka, tetapi sering ngetem di Parung dan macet di Serpong. Sampai terminal Tangerang butuh 3 hingga 3.5 jam.

  5. Pak….sy tinggal di yasmin bogor, mau berkantor di alam sutera, mohon info kendaraan umumnya (jarak tempuh & biaya); klo menggunakan angkot/bis; dan klo menggunakan KA, terima kasih

    • Gini aja Intan

      1. Pakai CL/Krt : dari Cilebut atau Stasiun Bogor naik CL ke arah Jatinegara turun di Tanah Abang. Dari sana lalu naik yang ke arah Sudimara, turun di Serpong. Nah dari situ baru cari angkutan lain ke arah Alam Sutra. Biaya murah sekitar 10-11 ribuan untuk CL nya. Masalahnya adalah di waktu. Perjalanan ke Tanah Abang saja sudah makan waktu 1 jam setengah belum disambung menunggu kereta ke arah Serpong dan kemudian angkot ke Alam Sutra. Bisa 2 setengah jam lebih

      2. Pakai Bus Pusaka : bisa naik dari Jalan Solis, biaya sampai ke arah Alam Sutra sekitar Rp. 15.000 dari sana baru ke lokasi yang dituju. Normalnya cepat sekitar 2 jam (karena Bus Pusaka atau Perdana Jaya banyak ngetemnya), tetapi seharusnya lebih cepat daripada naik Krt.

      3. Bisa juga naik angkot ke arah Parung dan dari Parung nyambung lagi, ongkos bisa lebih besar dan waktu tempuh juga lumayan.

      Kalau dulu, saya pilih memakai sepeda motor sendiri ke arah Tangerang/Cikokol untuk menghemat waktu. Kira-kira 1 jam setengah sudah sampai dan butuh 1 setengah liter bensin saja, cuma capek banget.

      Tidak ada yang mudah dan enak kalau ke arah Tangerang sih

    • Waduh agak repot juga yah.. Harus beberapa kali naik kayaknya.

      Pertama naik angkot ke Terminal Bubulak. lalu lanjut dengan angkot no 32 ke arah Jalan Soleh Iskanda dari situ baru naik Bus Pusaka atau Perdana Jaya yang mengarah ke Tangerang. Pasti lewat Alam Sutra/Serpong..

    • Mau naik bis ini bisa juga karena biasanya pasti lewat Serpong. Mau naik Commuter Line juga bisa..

      Tinggal pilih yang mana

    • Terus terang saya tidak tahu kelurahan Kadujaya Curug itu di sebelah mana Tangerang. Kalau menurut Google Map stasiun yang harus dituju adalah stasiun Tangerang.

      Jadi kalau dari Bogor pakai CL menuju Jatinegara turun di Stasiun Duri. Dari situ naik CL yang ke arah Tangerang

      • Ha…3x saya ingin coba2 naik angkutan umum dari Lebakwangi ke Bogor ( Warung Jambu )
        Wah serem juga tuh bis Pusaka.
        Saya sih biasanya bawa kendaraan sendiri, namun ya itu tadi karena saya pengin coba naik kendaraan umum gimana gitu rasanya naik kendaraan tanpa AC.
        Mungkin sebaiknya naik angkut aja ya ? Daripada naik Pusaka ?

        • Emang serem Mbak.. saya juga serem apalagi kalau lagi kejar-kejaran sama sesama Bus. Kayak naik roller coaster.

          Kalau mau lebih tenang memang naik angkot, kalau naik si raja Jalanan ini memang terkadang butuh nyali yang lumayan kuat

    • Naik bus Pusaka/Perdana Jaya turun di Jalan Soleh Iskandar depan Yogya atau Bogor INdah Plaza.. nyeberang ke arah Cimanggu Permai (Tulisannya terlihat di sebelah Yogya).. dari situ naik angkot 12 Merah dan minta berhenti di depan BB Biogen

  6. Pak Anton saya ikutan mau tanya kalau dari RS Omni alam sutera mau ke perumahan telaga kahuripan parung bogor pakai kendaraan umum apa ya, atau kalau pakai kereta dari serpong .terima kasih

    • Pakai Bus Pusaka ini saja… kalau pakai kereta malah ruwet dan panjang.

      Kalau pakai bus PUsaka / Perdana Jaya ini pasti lewat depan Telaga Kahuripan. Dari arah Parung, ada di sisi kanan jalan. Untuk masuk ke dalam perumahannya harus pakai ojeg.

      Bisa juga pakai angkot dari Parung yang ke arah Bogor, pasti lewat depan Telaga Kahuripan. Dari Omni cari angkot yang ke arah Parung. Banyak kok

    • Bisa naik kereta yang ke arah Jurang Mangu, Sudimara atau Rawa Buntu…

      Dari Bogor naik ke arah Jatinegara turun di Tanah Abang, lalu lanjut dengan CL yang ke Sudimara. Dari stasiun naik angkot…

    • Dari Dramaga.. Naik angkot ke arah Terminal Laladon, no 05 Biru.

      Turun di pertigaan Dramaga atau terminal bubulak, lalu naik angkot 32 biru.

      Turun di Jalan Soleh Iskandar, lanjutkan dengan naik Bus Pusaka atau Perdana Jaya yang ke arah Tangerang

  7. Pak kalau dr stasiun serpong mau ke Jl. Raya Pemuda Kel. Pedurenan Kec. Gn. Sindur Kab. Bogor , naik apa ya Pak? Terimakasih Pak

    • Waduh panjang sekali..

      1) berangkat dari ustralia pakai pesawat ke Jakarta.. pasti itu karena tidak mungkin naik bis langsung dari australia ke Bogor

      2) dari Bandara Soekarno Hatta, naik damri langsung ke Bogor.

      Itu saja cukup

  8. Pak, rumah saya dicilebut kalo kerja ke daerah taman tekno naik motor or mobil biasa pagi berangkat jam brp yg tidak terlalu macet? Masuk kerja jam 8.30.

    • Kalau saya dulu waktu kerja di Tangerang biasanya jam 6 pagi berangkat naik motor. Sebenarnya tidak macet karena saya lewat Ciseeng. Tapi kalau lewat Parung, jam segitu juga belum terlalu macet.

      Apalagi Taman Tehno belum sampai uungnya serpong, jadi kalau jam 8.30, berangkat jam 6.30 juga masih aman kayaknya.

      Kalau naik bus Pusaka, mah harus lebih pagi karena sering ngetem di Parung

  9. Pak saya ingin ke perumahan graha pura kemang yg berlokasi di jampang hambulu ( gang pendopo 45 )
    Saya dari stasiun tangerang bisa naik cl? Yg saya lihat stasiun terdekatnya st.cilebut dan stasiun bojong gede..
    Dari stasiun bojong gede atau cilebut saya harus naik angkot apa ya pak?
    Mohon pencerahannya..terima kasih

    • Lebih baik dari Stasiun Bojong saja karena kalau dari Cilebut tidak ada kendaraan yang menuju kesana.

      Dari Bojong keluar di sisi sebelah kiri, lalu jalan sekitar 50 meter disana akan ada angkot yang mengarah ke Tonjong/Parung . Kalau tidak salah no 117.

      Karena saya tidak tahu secara tepat lokasi perumahan itu, silakan tanyakan langsung pada supir angkotnya

  10. Pak..sya mau tanya, klo dr serpong ke kota bunga puncak kan naik pusaka dlu turun di baranangsiang, lalu dilanjutkan naik angkot apa ya?

    • Kang, Saya tidak hapal daerah Tangerang. Tidak punya gambarab pasar kemis di sebelah mana.

      Kalau pakai motor biasanya saya lewat jalur serpong dan kemudian ke parung atau lewat ciseeng. Setelah itu tinggal ikuti saja sampai Bogor.

    • Naik Bus Pusaka aja… Tapi cari yang ke arah Lebah Bulus karena kalau yang ke Tangerang, biasanya akan berbelok ke arah Serpong

    • Itu di dekat putaran mall.. Saya lupa namanya, tapi yg di jalan ke arah gading serpong..biasanya bis lewat situ

    • Kalau pakai bus Pusaka berhenti di Terminal Baranangsiang. Lalu lanjut dengan angkutan L300 untuk ke arah Sukabumi.

      Bisa juga nyambung kalau ada Bus Pusaka (atau PO lain yang ke arah Pelabuhan Ratu/Sukabumi)

  11. Assalamualaikum.. pa mau nanya ,, klau dari trminal baranangsiang ke jalan baru underpass naik angkutan umum no brp yah? Dan kalau naik bis pusaka sampai jalan baru bisa ga yhh
    Dtnggu jwbanny pa terima ksih

    • Paling mudah naik bus Pusaka. Kalau naik angkot hRus 2-3 kali. Bisa juga pakai Trans Pakuan tapi harus nyebrang ke jl CidNgiang dulu dan hanya sampai pertigaan Yasmin.

      Pilih bus Pusaka saja

    • Mbak Gina.. kalu dari Parung, pakai bus Pusaka saja.. biar ga repot. Langsung ke terminal Baranangsiang.

      Nah dari situ, di depan Botni square atau depan Terminal biasanya ada angkutan L-300 yang menuju ke arah Cianjur, jadi bisa langsung naik itu ke arah Taman Safari.

  12. Pak saya dari tangerang mau ke rumah sakit atang sanjaya. Tadinya saya mau naik bis pusaka tp saya pikir2 lagi karna saya bawa anak kecil. Kalau saya ke stasiun bogor menuju rumah sakit atang sanjaya naik angkot apa?makasi

  13. Kalau dari bogor kota mau ke PT Hale Int di Jalan Serpong Parung No.15, Gunung Sindur, Bogor. Lebih praktis & cepat naik apa ya?
    Terimakasih

    • Kalau mau cepat naik kendaraan sendiri. Sepeda motor yang terbaik.

      Kalau memakai angkutan umum seperti bus Pusaka ini akan banyak ngetemnya. Bisa juga pakai angkot 06 Biru untuk ke parungnya.. lalu lanjut dengan angkot ke serpong.

      Cuma tetap saja, lebih efisien waktu kalau memakai sepeda motor

    • Ampun Om Muchlis… kalau cara ke Tangerang sih saya tahu. Soalnya pernah kerja disana. Cuma kalu rute menuju ke tempat wisata di Tangerang, saya nyerah. Soalnya saya tinggal di Bogor…:D

    • Waduh mas.. kalau Jalan Curug di Tangerang saya tidak hapal. Kebetulan saya tinggal di Bogor. Cuma kalau menurut google maps bukannya Jalan Curug ada di Depok?

    • Bisa naik bus Pusaka atau Perdana Jaya dari Terminal Baranangsiang. Bisa juga melalui jalan Pajajaran dan Jalan Soleh Iskandar karena bus ini akan melewati kedua jalan ini.

      Saya kebetulan pernah kerja di Cikokol juga dan bus Pusaka langsung berhenti di kawasan Cikokol

    • Kalau dari serpong ke Ciawi, bisa pakai

      1. Commuter Line : turun di Stasiun Tanah Abang. Lalu lanjutkan dengan CL dari arah Jatinegara ke Bogor. Turun di stasiun Bogor lalu lanjut dengan angkot no 02 Merah dari depan stasiun. Turun di Pasar Gembrong / Sukasari dan lanjut dengan angkot ke Ciawi

      2. Bisa juga pakai Bus Pusaka atau Perdana Jaya dari Serpong dan turun di depan Botani Square. Lalu bisa naik angkot 02 Merah ke arah Sukasari dan selanjutnya sama dengan no 1

  14. Skr bus pusaka sdh ga sampe serpong 🙁 saya naik tgl 5/4/16 n 6/4/16 selalu d turunkan di pasar parung dgn tarif 10rb dan tidak ada bis pusaka yg ke serpong..jd harus nyambung angkot biru ke serpong dgn tarif 8 rb..atau bis tanggung yg lewat alam sutra dgn tarif 10 rb jg tapi nunggu nya lamaaa krn nunggu penumpang full ( bs 1 jam)..sebenarnya bis pusaka itu ijin rute nya sampai parung aja atau sampai serpong kah ?? Tq

    • Kalau diturunkan di pasar parung, memang sudah biasa. Dari dulu begitu. Biasanya di depannya ada satu bus lagi yg nunggu. Jadi yg baru dateng akan ngetem dan kita pindah ke yang depan untuk menuju Serpong/Tangerang. Jadi sepertinya yang teteh naiki ya “Bus Pusaka” walau mungkin nama PO-nya sebenarnya Perdana Jaya atau apalah. Tapi itulah biasanya mereka

      Trayeknya sesuai yg tertulis di kacanya. Kalau yang ke Tangerang ya ke Tangerang. Terakhir kali saya ke Tangerang akhir tahun yang lalu, pulang masih pakai Bus Pusaka/Perdana Jaya kok dan masih jalan lewat Serpong, Parung , Gunung Sindur dst.

      Wuuiihh ongkos nya naik yah… 😀 Naik Commuter Line saja teh.

    • Kemayoran lama atau Kebayoran Lama. Dua tujuan yang berbeda.

      Kalau ke Kemayoran, bisa memakai CL jurusan Jatinegara dan turun di stasiun Kemayoran.

      Kalau ke Kebayoran Lama, naik CL ke Jatinegara turun di Tanah Abang, lalu lanjutkan dengan CL ke arah Sudimara dan turund i stasiun Kebayoran

        • Kalau g mau macet bisa pake Busway atau CL. Bisa naik CL turun di Tanah Abamg lalu lanjut dengan CL ke Bogor turun di Manggarai. Lalu lanjut dengan CL yang ke Bekasi turun di Kemayoran.

          Kalu naik Trans Jakarta, dari Parung naik di Lebak Bulus. Setelah itu bisa menuju ke arah Harmoni. Dari Harmoni ganti Trans Jakarta yang ke arah Pulo Gadung

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.