Hymne Kota Bogor

Pernah dengar Hymne Kota Bogor? Tidak pernah? Dimaklum. Saya sendiri sebagai orang Bogor yang sehari-hari hidup di Kota Hujan ini sudah sangat jarang mendengar lagu pendek singkat tetapi enak didengar ini.

Padahal dulu, semasa masih berada di bangku Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, para guru sangat giat mengajarkan bait-bait dari Hymne Kota Bogor. Oleh karena itu, hingga saat ini pun lirik lagu karangan “Nursamsi” ini masih terus terngiang. Bahkan kalau dibandingkan dengan murid-murid SD di masa kini, saya masih yakin bisa menyanyikannya dengan baik.

Yah, tetapi memang sulit memaksakan untuk menghapalkan lagu yang tidak modern dan “rumit”. Apalagi tidak pernah dinyanyikan oleh para penyanyi cantik dengan gaya energik.

Sayang sekali.

Padahal hanya 2-3 bait saja dan mudah sekali menghapalnya. Silakan liat lirik lagunya seperti di bawah ini.

Bogor kota indah sejuk nyaman

bagai bunga di dalam taman

S’lalu disinggahi wisatawan

sungguh menarik perhatian

Di sana banyak pemandangan dan peristirahatan

nan indah tenang serta damai

Di sana aku dilahirkan dan aku dibesarkan di kota kesayangan

Sederhana sekali bukan?

Mudah-mudahan jangan sampai di suatu waktu mereka yang tinggal di Kota Bogor tidak lagi mengenal hymne yang berisikan cita-cita dari mereka-mereka tentang kota ini.

Memang, Kota Bogor sudah banyak berubah, tetapi tidak seharusnya lagu ini dilupakan begitu saja. Walaupun saya tidak lahir di kota ini, tetapi setelah berpuluh tahun tinggal disini, justru cinta saya kepada kota ini terus bertambah.

Kalau ada waktu, bagaimana kalau Anda ikut membantu supaya hymne Kota Bogor ini tidak punah begitu saja? Tolong hapalkan yah. Kalau mau tahu nadanya, bisa ikuti yang ada di link di bawah ini.

(Lirik lagu di dalam video memang agak berbeda, tetapi saya cukup yakin kalau yang di atas adalah versi yang biasa diajarkan dulu di sekolah-sekolah)

LEAVE A REPLY