Cara menuju Bogor dari Tangerang dengan Commuter Line
Commuter Line atau CL di Stasiun

Menuju Bogor dari Tangerang? Manakah pilihan transportasi yang terbaik?

Ada bus Pusaka/Perdana Jaya rutin melayani trayek antar kedua kota ini. Sayangnya kebiasaan ngetem membuatnya sering berhenti lama. Apabila waktu adalah prioritas, sulit untuk dijadikan pilihan utama. Sering diperlukan watu 3-3.5 jam untuk menempuh jarak yang sama dengan Bogor-Jakarta.

Menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil tentu lebih baik. Tetapi, tidaklah murah dan juga terkendala oleh kemacetan di beberapa titik di ruas jalan antara keduanya. Belum ditambah rusaknya banyak jalan bisa menyebabkan rusaknya kendaraan Anda.

Sepeda motor bisa menjadi pilihan tetapi melelahkan. Berkendara dengan sepeda motor selama kurang lebih 1.5 jam bila dilakukan berulang-ulang dapat membuat badan tidak pernah terasa segar.

Lalu adakah pilihan transportasi lain untuk menuju Bogor dari Tangerang? Yang tentu saja murah. Efisien dalam waktu dan tentu saja reliable atau bisa diandalkan.

Sejak beberapa tahun yang lalu, pilihan tersebut hadir ketika PT Kereta Commuter Jabodetabek (PT KCJ) melakukan pembenahan dan perbaikan pelayanan kereta komuter di Jabodetabek.

Pengembangan rute dan trayek yang dilalui. Penambahan frekuensi layanan kereta rel listrik dari kota-kota di Jabodetabek. Kesemuanya memberikan tambahan opsi bagi warga Tangerang yang ingin berkunjung ke Bogor atau sebaliknya.

Bogor dan Tangerang sekarang lebih terhubung dengan keberadaan sang CL.

Hanya sayangnya rupanya masih banyak yang belum paham tentang penggunaan CL ketika menuju Bogor dari Tangerang.

Oleh karena itu kali ini, Lovely Bogor akan coba menyediakan penjelasan singkat tentang bagaimana memanfaatkan layanan Commuter Line untuk Anda yang hendak bepergian ke Bogor dari Tangerang.

Cara menuju Bogor dari Tangerang dengan Commuter Line

Sebelum penjelasan dilakukan ada baiknya, kalau Anda baru pertama kali menggunakan sarana transportasi ini untuk membaca tulisan tentang Rute Commuter Line/KRL Jabodetabek

Bebeapa istilah yang dipakai akan memakai istilah yang sudah dijelaskan dalam tulisan tersebut.

Perhatikan gambar tentang rute Commuter Line di bawah ini

Cara menuju Bogor dari Tangerang dengan Commuter Line
Rute Commuter Line

Yang harus menjadi patokan dalam menuju Bogor dari Tangerang dengan Commuter Line adalah

Jalur Coklat atau Brown Line :

Di sepanjang jalur ini terdapat 11 stasiun, yaitu Tangerang, Tanah Tinggi, Batu Ceper, Poris, Kali Deres, Rawa Buaya, Bojong Indah, Taman Kota, Pesing, Grogol dan terakhir BUKIT DURI.

Jadi penjelasan tentang ini juga bisa dipergunakan bila Anda berlokasi di dekat ke 11 stasiun yang berada di jalur ini.

Jalur Kuning atau Yellow Line :

Di Jalur ini terdapat banyak stasiun mulai dari Jatinegara hingga ke Bogor.

Yang menjadi titik pemting adalah stasiun BUKIT DURI. Kedua jalur ini bersinggungan di stasiun ini.

Penjelasan tentang cara menuju Bogor dari Tangerang dengan Commuter Line sangat singkat.

Bila stasiun awal Anda adalah Tangerang atau yang manapun di jalur Coklat, pastikan Anda turun di Stasiun Bukit Duri.

Di stasiun ini Anda hanya harus menunggu kedatangan CL menuju Bogor. Untuk itu perhatikan pengumuman yang senantiasa dikumandangkan oleh announcer di stasiun agar tidak terlewat.

Setelah naik CL menuju Bogor, tidak perlu khawatir akan terlewat karena Stasiun Bogor adlaah stasiun terakhir dari Jalur Kuning.  Kalau ragu, perhatikan saja pengumuman ketika kereta berhenti di suatu stasiun di dalam kereta yang Anda tumpangi.

Kalau Anda baru baru pertama kali naik Commuter Line silakan

Baca jugaNaik Commuter Line – penjelasan cara

Kalau ingin mengetahui tarif dari Tangerang menuju Bogor

Baca jugaTarif Commuter Line (Update 1 April 2015)

Sangat simple alias sederhana. Bahkan ketika menulis artikel ini, saya sendiri cukup bingung karena kesederhanaan cara menuju Bogor dari Tangerang menggunakan Commuter Line.

Jadi bila Anda hendak menuju Bogor dari Tangerang, setelah merasakan sendiri semua transportasi yang tersedia antar kedua kota. Commuter Line adalah yang terbaik dan terefisien.

commuter line1

22 COMMENTS

    • Naik kereta yang ke arah Jatonegara/Duri/Angke.. turun di stasiun Bukit Duri (transit) dan lanjut dengan CL ke Tangerang

    • Pertanyaannya terlalu luas.. Puncak itu jauh sekali kalau dari stasiun Bogor, begitu juga curug di Bogor itu banyak sekali , jadi saya tidak bisa membantu kalau pertanyaannya seperti ini.

      Yang pasti di Bogor ada angkot, angkutan online, taxi, ojeg, dan sejenisnya.

    • Maaf saya nggak tahu Pinangsia di sebelah mana. Cuma kalau kawasan Pinangsia di Jakarta

      1. Dari Bukit Duri naik yang ke Jatinegara turun di Kampung Bandan.. lalu naik CL yang ke Kota. Cuma jadwalnya tidak banyak

      2. Dari Bukit Duri naik yang ke Bogor, turun di Manggarai. Lalu naik yang ke Kota. Turun di stasiun Jayakarta atau Kota. Terserah yang mana.

    • Keberangkatannya malah kadang 10-15 menit sekali… cuma waktu transit di Bukit Duri agak lama waktunya antara 20-30 menitan untuk setiap keberangkatan

LEAVE A REPLY