Patung Kijang di Taman Kencana Bogor
Patung Kijang di Taman Kencana Bogor

Patung Kijang di Bogor –  Selain terkenal dengan macetnya, anda tentu sudah tahu ciri khas lainnya dari kota Bogor. Ciri khas tersebut berupa binatang.yang sudah ditetapkan sebagai binatang simbol kota hujan.

Betul ! Rusa totol. Hewan yang habitat aslinya berasal dari daerah sekitar India dan Bangladesh (lihat rusa totol – pendatang tetapi asli) ini sudah ditetapkan sebagai fauna Identitas kota Bogor sejak tahun 1995. Walikota Bogor saat itu merasa perlu mengeluarkan surat keputusan walikota no 520/SK..219-EKON/95 terkait dengan hal ini.

Warga Bogor sendiri mengenal sosok hewan ini tidak dengan nama ilmiahnya seperti rusa totol atau Axis-Axis. Fauna ini lebih sering disebut sebagai “uncal” alias kijang dalam bahasa Sunda. Apalagi anak-anak, mereka lebih sering menyebutnya dengan kijang daripada rusa totol.

Nah, selain sosok aslinya yang bisa dilihat di halaman Istana Bogor, ternyata di beberapa tempat rusa totol atau kijang memiliki kembaran. Bedanya kembaran mereka ini dalam bentuk patung. Sosok-sosok patung kijang ini seakan ingin memberitahukan bahwa selain kota macet juga kota kijang.

Patung Kijang di Bogor

Paling tidak ada empat tempat yang memajang patung kijang di Bogor.

1. Taman Kencana

Patung Kijang di Taman Kencana

Sosok beberapa kijang sedang bermain terlihat di bagian tengah taman yang dibangun tahun 1927 ini.

Ada yang sedang mengangkat kaki. Ada yang sedang mendongakkan kepala. Semuanya seakan menggambarkan sekelompok rusa totol yang sedang bermain.

Patung-patung ini dibuat untuk menyesuaikan dengan taman tersebut sebagai tempat bermain keluarga.

 

2. Taman Peranginan

Patung Kijang di Taman Peranginan
Patung Kijang di Taman Peranginan

Taman yang terletak di jalan Sudirman ini juga memiliki patung kijang di dalamnya.

Letaknya berada di sisi utara dan agak tertutup oleh pepohonan. Postur patung rusa totol yang ada di Taman Peranginan mirip dengan yang ada di Taman Kencana.

Sekelompok rusa totol digambarkan sedang bermain-main.

 

 

3. Simpang Yasmin

Patung kijang di simpang Yasmin
Patung Kijang di simpang Yasmin

Di perempatan Yasmin, terdapat sebuah taman kecil. Di dalamnya terdapat sebuah tugu berbentuk jam dan beberapa patung kijang di dalamnya. Posisinya berada di tengah taman kecil tersebut

Beberapa sosok rusa totol atau kijang terlihat menghadap ke berbagai arah. Mereka seperti berkata kepada siapapun yang melewati mereka “Selamat Datang di kota kijang”

 

 

4. Bukit Cimanggu City

Patung Kijang di Bukit Cimanggu City
Patung Kijang di Bukit Cimanggu City

Nah, bila sebelumnya kebanyakan berada di dekat jalan raya atau taman umum, ternyata ada perumahan yang juga menampilkan patung kijang di lingkungan perumahan.

Bila anda memasuki perumahan Bukit Cimanggu City anda akan bisa melihat beberapa sosok kijang dalam berbagai pose berjajar menjelang gerbang masuk perumahan.

Sosoknya agak berbeda dengan sosok patung kijang lainnya yang menyerupai rusa totol, patung kijang disini seluruhnya berwarna coklat tanpa totol.

——-

Jadi, kalau anda melihat patung-patung ini, anggaplah kami sebagai warga Bogor mengucapkan Selamat Datang di kota Kijang.

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.