Taman astrid
Lapangan di Taman Astrid

Taman Astrid adalah salah satu bagian dari Kebun Raya Bogor yang paling berbeda dengan bagian lain dari Kebun kebanggaan warga Bogor ini. Bila di bagian lainnya, rimbun dengan pepohonan, maka taman ini justru sangat terbuka minim pepohonan.

Memang Taman Astrid berbentuk sebuah lapangan luas di bagian Timur Kebun Raya Bogor yang berdekatan dengan Jalan Pajajaran. Cara paling mudah mengaksesnya adalah dengan masuk dari Pintu Khusus Pejalan Khaki atau melalui Pintu III Kebun Raya Bogor.

Taman ini sebenarnya terdiri dari beberapa bagian. Masing-masing bagian seperti memiliki fungsinya sendiri-sendiri tetapi menghasilkan sebuah pemandangan yang sedap dipandang mata.

Bagian pertama dan paling besar dari Taman Astrid adalah lapangan hijau. Hijaunya tempat ini berasal dari rumput yang tumbuh subur dan gemuk disini. Melihatnya seperti memandang permadani hijau.

Lapangan ini seperti memiliki undakan ke arah pagar Kebun Raya. Jadi juga bisa dikatakan mirip dengan sistem persawahan di Bali yang terkenal, yaitu Subak. Di bagian paling atasnya terdapat sebuah cafe yaitu Dedaunan.

 

Taman astrid
Kolam Astrid

 

Bagian kedua dari Taman Astrid tidak kalah menariknya. Sebuah kolam cukup luas dengan air menyembur ke udara seperti ingin memberikan kesejukan pada siapapun di sekitar.

Kolam ini memiliki keistimewaan. Sayangnya jarang yang menyadari hal tersebut. Keistimewaannya adalah Teratai yang beratebaran di atas kolam tersebut.

Teratai di kolam Astrid ini adalah versi yang pada saat sekarang justru di habitat aslinya sudah sulit ditemukan. Namanya adalah Veronica Amazonica atau sering dikenal sebagai Teratai Raksasa.

Disebut raksasa karena ukuran daunnya bisa mencapai 3-4 M. Daunnya bisa menanggung beban seorang bayi tanpa takut tenggelam. Sulurnya yang berada di bawah air bisa mencapai 7-8 Meter. Bunganya berwarna putih.

Habitat aslinya di Rimba/Sungai Amazon saat ini sudah mengalami degradasi. Habitatnya terancam dan semakin berkurang dari hari ke hari.

 

Taman astrid
Jalan Astrid

Bagian ketiga yang tidak bisa dilepaskan dari Taman Astrid adalah sebuah jalan kembar. Mengapa disebut kembar ? Karena terdiri dari dua buah jalan dengan dipisahkan oleh taman kecil berada di sepanjang jalan.  Jalan ini disebut jalan Astrid

Taman pemisah ini ditanami dengan bunga Tasbih atau Canna Hybrida. Ada jenis yang berwarna kuning kemerahan, ada juga yang berwarna merah kehitaman. Taman memanjang ini akan terlihat selalu berwarna warni terutama pada musim kemarau.

Pada musim kemarau bunga-bunga tasbih yang mekar secara penuh membuat suasana sepanjang jalan Astrid terlihat ceria. Berbeda dengan pada saat musim hujan, suasananya tetap berwarna warni, tetapi sosok bunganya terlihat agak layu. Sebenarnya bukan layu tetapi karena tertimpa hujan bentuknya tidak penuh dan agak merunduk.

——–

Kapan dan untuk apa Taman Astrid dibangun

Taman astrid
Taman Astrid

Nah, sebenarnya siapa sih Astrid itu? Mengapa ia begitu diistimewakan hingga mendapatkan tempat tersendiri di dalam Kebun Raya Bogor?

Taman Astrid dibuat di tahun 1929 untuk menyambut kedatangan Ratu Astrid dan Raja Leopold dari Belgia.

Ratu Astrid terkenal karena kecantikannya. Ia juga seorang yang sederhana selama hidupnya. Dari rahimnya lahir dua orang yang kemudian menjadi raja di negara tersebut yaitu Baudouin dan Albert. Ia lahir di tahun 1905

Sayangnya, Ratu Astrid meninggal dunia pada usia yang muda , 29 tahun karena kecelakaan mobil pada tahun 1935 di Swiss.

Melihat fotonya Ratu Astrid tidak mengherankan bahwa untuk menyambutnya saja dibuatkan Taman Astrid yang cantik ini. Ia memang cantik kok. Hanya saja, rasanya bukan karena itu Taman Astrid dibuat.

Belgia adalah salah satu kerajaan yang lokasinya bersebelahan dengan Belanda. Bahkan 2 negara tersebut ditambah dengan Luxemburg sering disebut sebagai poros atau negara Benelux (Belgia, Netherland, Luxemburg) memperlihatkan kerjasama yang kuat antar mereka.

Karena Indonesia pada tahun 1929 masih berada di bawah Belanda, maka tidak mengherankan sambutan bagi negara tetangga mereka tersebut dibuat secara spesial.

Apapun alasannya, Taman Astrid memang sangat indah dan memukau. Tidak heran kalau para pengunjung Kebun Raya Bogor sangat menyukai berada disana.

Bagaimana dengan anda ?

 

LEAVE A REPLY