Taman Soedjana Kassan

 

Tidak perlu menengadahkan kepala Anda untuk mencari sosok garuda di Taman Soedjana Kassan. Yang perlu dilakukan adalah menundukkan kepaka pada sudut tertentu dari undakan yang ada di dekat taman ini. Kalau Anda bisa menuju tempat yang lebih tinggi, sosoknya akan makin jelas. Sayangnya, di sekitar Taman Soedjana Kassan itu berarti kita harus naik ke atas pohon.

Meskipun demikian, LOVELY BOGOR (LB) akhirnya bisa mendapatkan sudut yang tepat sehingga, paling tidak, foto yang dihasilkan memperlihatkan sosok Garduda Taman Soedjana Kassan bisa cukup terlihat. Hasilnya bisa dilihat pada foto di atas ini.

Foto tersebut diambil dari tangga di arah Timur taman dengan menggunakan Kamera Fuji Finepic HS35EXR.

Taman Soedjana Kassan

Taman Soedjana KassanTaman Soedjana Kassan atau juga disebut sebagai Taman Lebak Sedjana Kassan merupakan sebuah bagian dari Kebun Raya Bogor. Posisinya terletak perses berseberangan dengan Lapangan Sempur di sisi Utara dan hanya dipisahkan oleh pagar Kebun Raya dan Jalan Jalak Harupat. Kalau Anda berjalan kaki di trotoar Jalan Jalak Harupat tersebut, dan menolehkan kepala, maka Taman Soedjana Kassan akan bisa dilihat.

Taman Soedjana Kassan diresmikan pada 18 Mei 1985 atau 30 tahun yang lalu. Tempat ini dibangun sebagai penghormatan terhadap seorang kurator dan kemudian menjadi kepala dari Kebun Raya Bogor selama 10 tahun antara tahun 1959 hingga 1969. Menurut  Website Kebun Raya Bogor , Soedjana Kassan adalah orang Indonesia pertama yang menjadi direktur Kebun Raya ini.

Taman Soedjana Kassan memiliki sebuah lapangan rumput yang cukup luas dan dikelilingi oleh pepohonan tinggi. Tidak jauh dari sosok Garuda terdapat sebuah air mancur kecil. Di sebelah Timurnya terdapat undakan beserta bangku-bangku batu yang teduh karena dinaungi oleh pepohonan rambat tua.

Sebelum tangga batu akan terlihat sebuah patung kepala dari sang Direktur Kebun Raya tahun 1959 tersebut. Wajahnya bisa dilihat dari arah tangga batu, sedangkan kalau dari arah taman sendiri, hanya bagian belakang kepalanya saja yang terlihat.

Taman ini merupakan spot favorit bagi grup pengunjung karena lapangan tersebut bisa menampung banyak orang. Biasanya mereka bergerombol dengan menggelar tikar sambil menikmati pemandangan sekitarnya.

Sosok Garuda di Taman Soedjana Kassan

Taman Soedjana KassanLambang Garuda di tengah Taman Soedjana Kassan terbentuk dari berbagai jenis tanaman perdu. Untuk membuat sosok garuda, tanaman-tanaman tersebut dibatasi oleh semen yang secara keseluruhan membentuk sosok Lambang Negara RI tersebut.

Sosok ini dibuat sebagai perlambang kembalinya Kebun Raya Bogor ke tangan Republik Indonesia yang ditandai dengan penunjukkan pria ini sebagai Direktur Kebun Raya Bogor.

Pada saat musim hujan, tettumbuhan yang membentuk sosok garuda tumbuh subur dan membuatnya terlihat sangat indah. Sayangnya, ketika musim kemarau, dimana kebanyakan tanaman perdu meranggas, kecantikannya agak pudar, meskipun akan kembali ketika hujan datang kembali mengguyur Bogor.

Cara mencapai Taman Soedjana Kassan

Jalan tercepat untuk menuju Taman Soedjana Kassan adalah melalui Pintu III Kebun Raya Bogor. Pintu ini terletak tepat di seberang Pangrango Plaza dimana pengunjung bermobil bisa membawa kendaraannya ke dalam pada hari Sabtu.

Letaknya tidak jauh dari Rumah Anggrek atau Taman Anggrek.

Catatan Tentang Direktur Pertama Kebun Raya

Soedjana KassanLovely Bogor ingin memberikan sebuah catatan tersendiri mengenai hal yang terkait dengan Direktur Pertama Kebun Raya Bogor. Bila, Anda mengakses situs dari Kebun Raya Bogor, maka Sedjono Kassan adalah orang Indonesia Pertama yang menjabatnya.

Meskipun, demikian, menurut beberapa situs lainnya, salah satunya adalah Wikipedia.org maka Soedjono Kassan bukanlah yang pertama. Ir. Kusnoto Setyodwirjo dianggap sebagai orang Indonesia Pertama yang mengepalai Kebun Raya Bogor.

Perbedaan ini mungkin terkait dengan Sejarah Kebun Raya Bogor sendiri yang sangat panjang. Terjadi berulangkali pergantian nama pada lembaga yang mengelola Kebun Raya Bogor sejak berdirinya.

Pada masa setelah Kemerdekaan Indonesia di tahun 1945, tempat kebanggan warga Bogor dan Indonesia ini, sempat mengalami perubahan nama menjadi  Lembaga Pusat Penyelidikan Alam) (LLPA) , atau Institue of Nature Study and the Garden (alias Kebun Raya).

Ir Kusnoto  Setyudwirjo adalah orang Indonesia pertama yang memimpin LPPA yang membawahi banyak cabang termasuk diantaranya Kebun Raya Bogor. Oleh karena itu, mungkin ia dianggap sekaligus mengepalai Kebun Raya Bogor. Sedangkan, Soedjono Kassan dianggap sebagai orang Indonesia Pertama yang langsung mengepalai langsung Kebun Raya Bogor, menggantikan J. Douglas.

——-

Apapun, perbedaan yang mungkin ada dalam sejarah tidak akan pernah bisa menghilangkan jasa kedua orang tersebut terhadap kebun ini. Tidak perlu mempertanyakan lagi tentang perlu atau tidaknya taman ini dibuat. Yang terpenting adalah menikmati keindahan Taman Soedjono Kassan dengan garudanya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.