Tas Tajur Bogor
Outlet Tas Tajur Sumber Karya Indah di Bogor

Nah bingung kan? Supaya tidak bingung, begini ceritanya. Beberapa waktu yang lalu beberapa rekan sekantor berkisah tentang kunjungan ke “Tas Tajur” Bogor. Bayangan yang ada di kepala saya adalah sentra penjualan tas di daerah Tajur.

Ngobrol sana sini, lama-lama kok rada tidak “nyambung”. Kalau di ke sentra Tas Tajur di kawasan tajur, kok ada arena bermain untuk anak-anak. Rupanya setelah tanya “Tas Tajur” yang mana, barulah saya mengerti dimana perbedaannya. Rupanya yang diceritakan adalah tempat wisata Sumber Karya Indah dan bukan sentra penjualan tas di Tajur.

Memang beda ya antara yang disebut sentra penjualan Tas Tajur dan Tas Tajur Sumber Karya Indah (SKI)? Beda !. Kalau yang pertama ada di Tajur Bogor , yang kedua tidak berada di tempat yang sama. SKI berada di desa sebelahnya yaitu Katulampa. Desa Katulampa dan Tajur adalah dua tempat yang berjarak lumayan jauh.

Nah kali ini saya kasih gambaran supaya tidak ada “salah sambung” lagi ketika “ngobrol” .

Tas Tajur Sumber Karya Indah

Disebut salah 100% tidak juga. Di atas pintu toko tasnya memang terdapat tulisan “TAS TAJUR – SUMBER KARYA INDAH”.

Tas Tajur Bogor
Suasana di dalam outlet Tas Tajur Sumber Karya Indah Bogor

Alasan mengapa tertulis demikian, karena dulu tempat ini adalah outlet dari perusahaan yang sama di Tajur. Tempat ini adalah outlet yang awalnya menjual hasil produksi dair pabrik-pabrik tas yang ada di daerah Tajur.

Dalam perkembangannya, tempat ini justru berkembang sangat pesat. Namanya bahkan melejit mengimbangi ketenaran sentra penjualan tas-nya sendiri. Cerita yang disebutkan diatas menunjukkan betapa istilah “tas tajur” sendiri seakan sudah diidentikkan dengannya.

Alasannya sederhana, karena Tas Tajur Sumber Karya Indah tidak lagi sekedar menjual tas. Ya, lokasi ini sekarang jauh dari hanya sebuah tempat orang berburu tas. Lokasi SKI merupakan sebuah tempat wisata yang cukup komplit.

Apa yang ada di lokasi wisata SKI?

1. Outlet Tas Tajur

Tentu akan aneh kalau menyandang nama Tas Tajur tapi tidak menjual tas. Di lokasi ini masih terdapat outlet yang menjual berbagai macam hasil produksi pabrik-pabrik tas di Tajur. Berbagai jenis tas mulai dari tas wanita, tas pria, tas ransel terdapat disini.

Tas Tajur Bogor
Suasana Food Court Tas Tajur Sumber Karya Indah Bogor

Begitu juga produk sampingan tapi masih dalam satu kategori seperti dompet, ikat pinggang, sepatu dan seterusnya.

Mayoritas merupakan produksi domestik Bogor. Walaupun demikian terdapat pula produk-produk yang berasal dari luar Indonesia.

Tempatnya luas dan panjang. Di atas rak-raknya berjejer dipajang berbagai variasi tas. Pemandangan yang tentu menyenangkan untuk kaum wanita tetapi membahayakan buat kaum pria.

2. Food Court

Di muka outlet tas, ada sebuah sentra makanan. Untuk pengunjung yang lapar setelah berbelanja atau bermain, mereka bisa menghilangkan lapar di foodcourtnya. Pilihannya cukup banyak termasuk beberapa jenis makanan tradisional seperti laksa ,batagor cingcau terdapat disini. Harganya tidak mahal untuk ukuran tempat wisata.

(Laksanya enak padahal harganya hanya Rp. 10,000/mangkok. Patut dicoba ! Juga belum pernah tau kan ada Batagor buatan luar negeri, ada disini namanya Batagor Libiya)

Selain food courtnya terdapat pula toko roti di dekat kolam dan berbagai jajanan lain.

Tas Tajur Bogor
Kolam bermain di Tas Tajur Sumber Karya Indah Bogor

3. Arena bermain

Tersedia banyak tempat bermain di lokasi ini. Mulai dari sekedar memberi makan ikan Koi sampai bermain ATV atau bermain paintball. Bisa hanya melihat kura-kura atau bermain air bak kura-kura di kolam (dengan pelampung khusus tentunya).

Makanan ikan bisa bis dibeli di dekat kolam. Harap juga perhatikan anak anda ketika berada di kolam ikan . Selain takut tercebur ada satu kolam berisi ikan Arapaima dari sunga Amazon yang termasuk ikan ganas.

4. Convention Hall (alias SKI Ballroom)

Merupakan sarana terbaru yang ditambahkan. Ruangan yang bisa dipergunakan untuk resepsi pernikahan ataupun untuk pertemuan. Tempatnya cukup luas dan bagus.

——-

Tersedianya berbagai fasilitas ini menunjukkan sebuah strategi yang sangat baik dan memanfaatkan psikologi calon pembeli.

Bukan berprasangka buruk lho! Hanya mengikuti istri berkeliling melihat-lihat tas bukanlah hal yang menyenangkan buat para suami. Nah, para suami bisa menunggu di foodcourt atau menemani anak bermain. Dengan begitu sang istri akan bebas “berbelanja” tanpa kawalan. Hahahaha…

Makanya saya sempat bilang di atas “berbahaya” bagi kaum pria. Berbahaya dalam artian godaan yang diberikan pada kaum wanita untuk berbelanja sangat besar disini.

Itu hanya pandangan saja lho bukan berarti akan terjadi seperti itu

Tas Tajur Bogor
Air Mancur di kolam Tas Tajur Sumber Karya Indah Bogor

——-

Nah kira-kira itulah penampakan dari lokasi wisata Sumber Karya Indah. Jadi kalau anda berkunjung dan menemukan tempat-tempat yang seperti disebutkan di atas berarti anda sedang berada di Tas Tajur yang bukan di Tajur. Berarti anda sedang berada di Katulampa.

Bagi anda yang ingin bermain disini , cara menuju lokasi ini ada di bawah ini

Memakai kendaraan pribadi

Bila memakai mobil, maka anda harus keluar di ujung jalan tol Jagorawi di Baranangsiang. Anda harus berbelok ke kiri (jalan Pajajaran). Kira-kira 1 kilometer dari ujung tol akan ada jalan kecil berbelok ke kiri.Setelah jalan menankan ada pertigaan dan anda harus berbelok ke kanan memasuki jalan Katulampa. Tidak jauh dari situ akan terlihat gerbang SKI.

Sebenarnya dului ada Bale Binarum (semacam gedung pertemuan) untuk dijadikan patokan tetapi sedang dibangun ulang. Kalau masih ragu bisa ikuti angkot no 13 Merah karena trayeknya akan lewat di depan jalan Katulampa. Cara terakhir kalau masih ragu ya bertanya.

Dengan kendaraan umum

Dari Stasiun Kereta, naik 03 Merah dan berhenti di jalan Juanda. Lalu naik angkot no 13 Merah. Berhenti di pertigaan dan bisa dilanjutkan berjalan kaki

Dari terminal bis Baranangsiang , menyeberang (di JPO yah!) lalu naik angkot 13 Merah

Mudah-mudahan bisa membantu anda sampai ke Tas Tajur yang bukan di Tajur ini.

(Alamat Sumber Karya Indah : Jalan Raya Katulampa no 6, Bogor)

9 COMMENTS

  1. Mau beli tas tajur dong..cmn nda tau beli tas tajur dimana?ada yg jual tas tajur online nda?bisa kirim via wa ke no 081296039082

    • Eka,

      Saya tidak jual tas neh.. Coba di Kresek Online.. ini wadah jual beli online versi Bogor. Cari di Google paka kata kunci Kresek Bogor nanti ketemu

  2. Saya adalah salah satu pemain yang menjual tas secara online. Informasi di blog ini memberikan informasi referensi untuk berbelanja tas guna melengkapi koleksi tas di toko online kami. terimakasih dan salam kenal!

    • Salam kenal. Senang bisa bermanfaat

  3. Lewat belakang galaxy jg bisa ad pintu masuknya jg buat mobil motor dan pejalan kaki. Dkt bgt sih sm terminal tas tajur. Sebenernya gak jauh dr ski ke tajur tas yg dijalan raya tajur, malah ski dibelakangnya terminal tas hehe

    • Iya teh… cuma kalu dikasih petunjuk jalan lewat Galaxy, kebanyakan ga mudeng. Mereka sendiri bingung cari yang namanya Bioskop Galaxy. Kebanyakan tahunya jalur Pajajaran aja..

      Terima kasih sudah berkunjung teh

  4. Saya pernah ke SKI, Kang.
    Terus terang saya baru tahu SKI dan baru sekali berkunjung kesana. Tempatnya sejuk dan tempat berjualannya tertata apik.
    Cuma waktu ke SKI itu saya bukan dalam rangka belanja tapi dalam rangka menghadiri festival jazz Bogor Jazz Reunion.

    Salam dari saya di Sukabumi,

    • Menyenangkan ya mbak.. saya sendiri orang Bogor suka kesana. Juga bukan buat belanja tapi buat ngadem… Salam juga dari saya

LEAVE A REPLY