Kantor Telepon. Bukan Kantor Telkom, tetapi “KANTOR TELEPON”. Sampai saat inipun, masih banyak warga Bogor yang masih menyebut bangunan, yang sekarang menjadi bagian dari Kantor Telkom Indonesia ini, dengan sebutan itu dan bukan menyebut nama perusahaan pengelola telekomunikasi di Indonesia.

Penyebutan itu bukanlah tanpa alasan dan bukan karena warga Bogor tidak menyadari bahwa gedung tersebut sudah beralih pengelolaan. Tetapi, karena memang itulah namanya sejak satu abad yang lalu. Gedung ini di masa Belanda menjadi tuan di negeri ini disebut dengan Telefoon Kantoor te Buitenzorg, yang kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi KANTOR TELEPON BOGOR.

Bangunan inilah yang disebut dengan Kantor Telepon. Lokasinya tidak jauh dari bangunan bersejarah lainnya, yaitu Pengadilan Negeri Bogor.

Bangunan ini, entah kapan pastinya berdiri, sudah ada sejak tahun 1910 (berdasarkan situs Indische Literaire Wandelingen). Situs berbahasa Belanda itu, mengutip dari De Locomotief menyebutkan kutipan berita yang berbunyi :

In 1910 nog zeer beperkte verbindingen. [De Locomotief 15 September 1910]

Het Nieuwsblad verneemt, dat het plaatselijk telefoonnet te Buitenzorg met 1 Juli is overgegaan aan het gouvernement voor een bedrag van f 15.000.

Kalau menggunakan Google Translate maka kutipan tersebut berbunyi :

“Jumlah koneksi yang sangat terbatas di tahun 1910. [Lokomotif 15 September 1910]

Nieuwsblad menemukan bahwa jaringan telepon lokal di Buitenzorg telah beralih ke pemerintah dengan jumlah f 15.000 pada 1 Juli.”

Bersama dengan tulisan singkat tersebut terdapat sebuah foto yang menunjukkan bentuk bangunan itu satu abad yang lalu.

Telefoon Kantoor te Buitenzorg - Kantor Telepon Bogor Cagar Budaya. 3

Dari foto hitam putih tersebut bisa terlihat bentuknya sekarang masih tidak berubah banyak. Kecuali warnanya yang sudah mengalami pengecatan.

Tidak ada keterangan lain yang bisa ditemukan tentang Kantor Telepon Bogor ini di masa lalu. Sejarah seperti berhenti di tahun 1910 karena meski sudah berusaha menelusuri dunia maya berkali-kali, tetap saja belum ditemukan sejarah lengkapnya.

Mungkin ada yang bisa membantu menambahkan? Kalau ada, tolong tulis di kolom komentar di bawah ya.

Telefoon Kantoor te Buitenzorg - Kantor Telepon Bogor Cagar Budaya. 2

(Catatan : Sayangnya satu buah lagi bangunan kuno masa Belanda dulu, yang berada tepat di depan Kantor Telepon sudah tidak ada. Dulu gedung itu dipakai untuk Sekolah GIKI, GITTA KIRTI, dimana saya bersekolah saat Sekolah Dasar dan dimana saya kerap melihat dan memandangi Kantor Telepon ini).

2 COMMENTS

  1. walau bangunannya disebut kuno, sepertinya diera zaman sekarang kok banyak yach model2 bangunan seperti itu.

    Bangunan yang dibuat dizaman Belanda, memang terkenal memiliki kualitas ketahanan yang cukup kuat.

    Kalau bangunan gedung seperti itu dizaman sekarang, saya ragu……..

    • Biasa kang.. kuno di masa sekarang bisa diartikan antik dan unik. Jadi, tidak heran kalau kemudian banyak yang meniru karena hal itu akan membuat pemiliknya merasa berbeda.

      Soal kualitas. Entahlah. Sulit dikatakan.

LEAVE A REPLY