Pusat Perbelanjaan Modern Bogor
Bogor Junction

Kota Bogor selain berjuluk Kota Hujan, Kota Kuliner, Kota Talas, Kota Budaya dan berbagai macam julukan lainnya, seharusnya juga mendapatkan satu julukan lainnya. Julukan tersebut adalah Kota Belanja.

Mengapa demikian? Dalam area kota ini yang hanya sebesar 118.5 kilometer persegi terdapat paling tidak 11 buah pusat perbelanjaan modern , 7 pasar tradisional, ratusan ruko, factory outlet dan tempat-tempat belanja lainnya. Banyak sekali bukan?

Oleh karena itu rasanya akan sangat tepat sekali kalau julukan sebagai Kota Belanja ditambahkan pada daftar nama kota hujan ini.

Dari semua pusat perbelanjaan yang ada di kota ini, tempat-tempat mana saja sih yang paling ramai dikunjungi. Pasar tentu saja tetap menjadi yang paling ramai setiap harinya karena terkait dengan kebutuhan sehari-hari. Meskipun demikian, sebenarnya selera masyarakat kota talas ini sudah sedikit beralih.

Banyak dari mereka mulai mengalihkan pandangan mereka pada pusat-pusat perbelanjaan modern alias shopping mall. Alasannya karena selain lengkap juga karena menawarkan fasilitas lebih berupa kenyamanan dalam berbelanja.

Nah, pusat perbelanjaan modern mana saja di kota Bogor yang merupakan tujuan utama warga Bogor dalam berbelanja di masa kini? Silakan lihat daftar di bawah ini.

Pusat Perbelanjaan Modern di kota Bogor

1. Botani Square

Pusat perbelanjaan modern di Jalan Pajajaran ini merupakan yang paling bergengsi dan paling disukai warga Bogor. Kelengkapan fasilitasnya, jenis barang yang diperdagangkan, hingga sarana parkir di shopping mall ini merupakan yang terbaik di kota Bogor.

Disini selain bisa membeli kebutuhan sehari-hari di Giant Supermarket, warga Bogor juga bisa berkuliner ria karena Botani Square memiliki banyak outlet kuliner.

2. Eka Lokasari Plaza

Berdiri di lahan yang dulunya merupakan asrama Institut Pertanian Bogor ini, memiliki ciri modern yang sangat mirip dengan Botani Square. Setting-annya juga terasa metropolis.

Lokasinya berada di ujung Jalan Pajajaran ke arah Tajur. Pengunjung selain berbelanja juga sering menjadikan pusat perbelanjaan modern ini sebagai arena nongkrong dan berkuliner.

3. Plaza Jambu Dua

Pusat Perbelanjaan Modern Bogor
Plaza Jambu Dua

Bila seseorang pergi ke Plaza Jambu Dua, biasanya tujuan utamanya bukan mencari sandang atau pangan. Pusat perbelanjaan ini menawarkan lebih karena tempat ini juga di kenal sebagai pusat smartphone dan komputer di Bogor.

Meskipun demikian, pusat perbelanjaan modern di kawasan Warung Jambu ini juga menyediakan kebutuhan sehari-hari ataupun busana karena disana ada Ramayanan Dept Store

4. Bogor Indah Plaza 

Shopping Mall ini tidak seberapa besar. Lokasinya ditempati sebagian besar oleh Yogya Group. Disana terdapat Yogya Dept Store maupun Yogya Supermarket.

Selain itu terdapat beberapa lokasi kuliner yang cukup terkenal seperti MM Juice dan juga Mie Baso Tasik 1987

5. Lotte Mart

Berlokasi di lokasi strategis, Simpang Yasmin (Jalan Soleh Iskandar dan Jalan Abdullah Bin Nuh), Lotte Mart merupakan tempat berbelanja dalam ukuran banyak. Sistem grosiran yang ditawarkan sering dipergunakan para pemilik warung atau toko kecil untuk berbelanja dalam jumlah banyak.

Lotte Mart juga melayani penjualan sistem eceran. Jenis barang yang dijual disini berbagai ragam mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga peralatan rumah tangga.

6. Giant Ekstra Taman Yasmin

Giant group rupanya memandang Bogor sebagai sebuah lokasi penting bagi perkembangannya. Selain membuka gerai di Botani Square, Giant juga membuka gerainya di perumahan kalangan menengah yaitu Taman Yasmin.

Lokasinya berada di Jalan Abdullah bin Nuh di depan kantor Harian Radar Bogor. Tempat ini merupakan pusat perbelanjaan modern yang sering dikunjungi oleh warga di belahan Utara kota Bogor.

7. Bogor Trade Mall (BTM)

Bogor Trade Mall atau lebih sering disebut dengan BTM oleh warga Bogor memiliki kemiripan seperti Plaza Jambu Dua. Selain dikenal sebagai pusat perbelanjaan modern tempat ini juga dikenal sebagai salah satu pusat smartphone di Kota Hujan.

Toko-toko yang ada di BTM menawarkan hal-hal yang mirip dengan saingannya di wilayah Utara Bogor yaitu Plaza Jambu Dua.

Lokasinya berada di Jalan Juanda di dekat Kebun Raya Bogor

8. Plaza Dewi Sartika 

Pusat Perbelanjaan Modern Bogor

Bisa dikata yang tertua diantara pusat perbelanjaan modern lainnya. Wujudnya tidak semodern yang lainnya dan ukurannya juga lebih kecil.

Meskipun demikian Ramayana dan Robinson menjadikan plaza ini sebagai tempat mendulang keuntungan dari warga Bogor yang berada di tengah kota Bogor. Tempat ini juga merupakan salah satu pusat jual beli emas yang ada di Bogor dengan banyaknya toko perhiasan disana.

Lokasinya berada di Jalan Sawojajar di sebelah Pasar Kebon Kembang.

9. Bogor Junction

Bogor Junction atau sering disebut sebagai Yogya atau Jogja Junction berada di jalan Sudirman yang super sibuk setiap harinya. Berlokasi di pojokan pertemuan jalan tersebut dengan jalan Sawojajar.

Jogja Dept store merupakan tenant utama di lokasi ini. Salah satu sisi menarik dari shopping mall ini adalah adanya Raffles Food Life yaitu satu lantai khusus untuk kuliner di lantai paling atasnya.

10. Bogor Square

Ramayana dan Robinson berusaha menyaingi ketenaran Plaza Bogor Indah alias Jogja Jalan Baru dengan mendirikan gerainya di Jalan Soleh Iskandar. Baru berdiri di akhir tahun 2014, tempat ini menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi warga dari Utara Bogor dan perbatasan dengan Kabupaten Bogor.

Tempat ini juga rutin mengadakan acara dengan mengundang INSERT untuk tampil di halaman depan plaza ini.

11. Pusat Grosir Bogor alias PGB

Pusat Grosir rasa Mall. Itulah slogan yang diandalkan oleh pusat perbelanjaan modern yang dikenal dengan PGB ini.

Memang mirip dengan suasana sebuah pasar grosir tetapi dikombinasikan dengan kenyamanan dan kerapihan ala sebuah mall. Berlokasi tepat di sebelah Terminal Merdeka Bogor.

12 Giant Ekstra Dramaga

Pusat perbelanjaan modern ini pernah mengundang kemarahan Walikota Bogor dan ditutup sementara. Alasannya karena belum tersedianya cerukan bagi angkot untuk menaik turunkan penumpang.

Ketika akhirnya dibuka kembali, pusat perbelanjaan modern ini menjadi tujuan bagi warga di bagian Barat Bogor dan perbatasan dengan Kabupaten Bogor untuk berbelanja.

Lokasinya berada di Jalan Raya Dramaga.

13. Bogor Tech World

Masih terbilang muda usianya tetapi sudah menjadi salah satu tujuan berbelanja bagi warga Bogor di kawasan Gunung Batu atau pusat kota. Lokasinya di Jalan Veteran membuatnya tidak pernah sepi dari pengunjung.

——

Nah itulah ke 13 Pusat Perbelanjaan Modern atau Shopping Mall yang selalu ramai dikunjungi oleh warga Bogor. Sebenarnya ada satu lagi yaitu Pangrango Plaza, sayangnya tempat ini sudah hampir 3 tahun tidak aktif setelah pengelolanya dipailitkan.

Bukankah memang julukan Bogor sebagai Kota Belanja memang pantas disematkan pada kota ini? Apakah Anda setuju?

LEAVE A REPLY