Bukit Cimanggu City Bogor
Patung di depan pertokoan di Bukit Cimanggu City

Bukit Cimanggu City adalah sebuah perumahan yang terletak di Kecamatan Tanah Sareal Kotamadya Bogor.

Pertama dibangun di tahun 1990 dengan pengembang PT Perdana Gapura Prima. Luas awal 40 hektar dan terus berkembang hingga saat ini mencapai lebih dari 190 hektar.

Sekarang perumahan ini dihuni oleh kurang lebih 7000 kepala keluarga.

——–

Bukit Cimanggu City terletak di sisi kiri jalan Soleh Iskandar dari arah Parung. Sebuah kawasan yang telah berkembang menjadi sebuah pusat bisnis dan perbelanjaan di kota hujan.

Sebuah letak yang menguntungkan bagi para penghuninya berupa kemudahan akses ke berbagai pusat perbelanjaan.

Bukit Cimanggu City Bogor
Pemandangan jalan di perumahan Bukit Cimanggu City Bogor

Letaknya juga hanya berjarak sekitar 1.5 kilometer saja dari pintu masuk ke jalan tol Lingkar Luar Bogor. Hal yang tentu saja menguntungkan untuk mereka yang membutuhkan akses menuju ke ibukota, Jakarta.

——

Bila diukur dari bagian depan ke bagian paling belakang perumahan ini, maka panjangnya mencapai +- 2 kilometer dengan lebar sekitar 1 kilometer. Dibutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk dengan sepeda motor untuk menempuh jarak dari bagian paling dalam menuju ke bagian paling luar.

Perumahan ini juga diapit oleh perkampungan penduduk di sekitar yang terbagi menjadi beberepa desa seperti Kukupu, Pabuaran. Juga letaknya berdampingan dengan sebuah perumahan lain yaitu Taman Sari Persada.

Bukit Cimanggu City dipisahkan dari perumahan perkampungan di sekitarnya dan perumahan lainnya dengan tembok setinggi kurang lebih 3 meter.

Wilayahnya sebenarnya terbagi dalam dua wilayah administrasi yaitu Kelurahan Cibadak dan Mekar Wangi.

——–

Bukit Cimanggu City Bogor
Jejeran Ruko di Bukit Cimanggu City Bogor

Untuk menunjang dan memenuhi kebutuhan para penghuni di Bukit Cimanggu City, tersedia berbagai macam fasilitas dan pertokoan.

Di dalam kompleks perumahan ini terdapat dua buah sentra pertokoan.

Yang satu terletak di bagian muka berupa jejeran ruko yang memanjang di kiri kanan jalan. Terdapat berbagai macam jenis usaha mulai dari rumah makan, minimarket, praktek dokter hingga toko makanan hewan peliharaan.

Sentra yang lain terletak di bagian tengah ukurannya lebih kecil. Terdapat sebuah pujasera kecil yang menampung penjual makanan seperti sate, bakso . Terdapat pula sebuah rumah makan dan minimarket disana.

Selain pertokoan, Bukit Cimanggu juga memiliki fasilitas lain berupa sebuah Country Club yang menyediakan sarana olahraga dan hiburan. Di bagian inilah terdapat sebuah Water Park yaitu Marcopolo Water Adventure yang sering didatangi pengunjung dari luar Bogor.

Selain fasilitas fisik, Bukit Cimanggu City juga menyediakan sistem pengamanan. Petugas-petugas keamanan dari pihak pengembang berpatroli secara reguler ke seluruh area dalam perumahan. Meskipun demikian masyarakat di beberapa cluster dalam perumahan juga mengadakan sistem pengamanan tersendiri bagi mereka.

Bukit Cimanggu City Bogor
Salah satu cluster di Bukit Cimanggu City

Selain itu terdapat kantor Polsek Tanah Sareal di sisi dalam perumahan. Sebuah sentra Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tersedia di bagian depan dan beberapa tempat di dalam perumahan.

——–

Rumah-rumah di dalam perumahan bUkit Cimanggu City ditata dalam cluster-cluster yang terdiri dari 70-100 rumah setiap clusternya. Cluster-cluster tersebut memiliki juga nomor blok mulai dari A sampai Y . Cluster-cluster baru diberi huruf rangkap sebagai nama blok seperti AA/AB dan sebagainya.

Sebagai penghubung antar satu bagian dengan bagian lain di dalam perumahan ini, terdapat akses jalan yang cukup lebar. Jalan-jalan utama disini terbuat dari beton dan aspal.

Terdapat sebuah sungai buatan di tengah-tengah perumahan yang berhubungan dengan aliran sungai di luar kompleks.

Transportasi umum yang tersedia berupa “Ojek”. Tidak ada trayek angkot yang tersedia bagi para penghuni perumahan. Kebanyakan masyarakat disini menggunakan kendaraan pribadi. Sepeda motor adalah andalan para warga perumahan.

——–

Bukit Cimanggu City Bogor
Country Club di Bukit Cimanggu City

Perumahan Bukit Cimanggu City sering disebut oleh warga Bogor sebagai sebuah “Perumahan Elit”. Mungkin hal tersebut disebabkan oleh harga rumah yang ditawarkannya sangat tinggi.

Sebuah rumah baru (berdasarkan brosur pengembang tahun 2014-2015) dengan luas tanah 105 Meter persegi dan bangunan 60 Meter persegi diharga tunai 770 juta rupiah. Kalau dilakukan dengan cicilan harga melonjak menjadi sekitar 900 juta rupiah.

Hal tersebut tidaklah mengherankan karena harga tanah rata-rata di kisaran jalan Baru (jalan Soleh Iskandar) sangat tinggi. Harga permeter perseginya bisa mencapai 10-15 juta rupiah per meter-nya. Angka yang tentu saja hanya terjangkau oleh kalangan menengah ke atas.

Kesan tersebut masih  ditambah dengan berdirinya salah satu bangunan apartemen pertama di Bogor, yaitu Bogor Icon. Harga per-unitnya pun sangat tinggi. Semua ini seperti memberi kesan “elit” pada perumahan ini.

Hanya saja, bagi saya yang sudah tinggal di Bukit Cimanggu City sejak 10 tahun lalu, sesuatunya tidak seperti apa yang terlihat dari luar. Banyak penghuni perumahan ini membeli secara kredit rumah mereka disini dengan harga yang hanya 1/7 dari harga saat ini. Saya termasuk salah satunya.

——-

Bukit Cimanggu City Bogor
Patung di dekat gerbang Bukit Cimanggu City

Cara menuju Bukit Cimanggu City

Untuk menuju Bukit Cimanggu City adalah sama dengan cara menuju jalan Soleh Iskandar.

1) dengan kendaraan pribadi

    Bila anda mengawali dari jalan tol Jagorawi, keluarlah melalu pintu Tol Sentul yang menuju Lingkar Luar Bogor. Begitu keluar anda akan sudah berada di jalan Soleh Iskandar. Bukit Cimanggu City akan berada di sebelah kanan anda

    Bila anda dari arah jalan Raya Bogor (via Cibinong) di persimpangan lampu merah Kedung Halang, anda harus berbelok ke kanan untuk memasuki jalan Solis

    Bila anda dari arah Parung, BCC akan berada di sisi kiri anda

2) dengan kendaraan pribadi

   Dari stasiun Bogor anda harus memakai angkot no 07 Merah turun di Air Mancur dan lanjutkan dengan angkot no 16 Merah (menuju jalan Soleh Iskandar)

   Dari Terminal Baranangsiang , anda bisa memakai bus Pusaka (silakan lihat di web ini tentang bis ini) atau memakai Trans Pakuan dan turun di halte Bukit Cimanggu

   Dari arah Cibinong/Citeureup anda bisa memakai angkot no 32 Biru yang akan melalui jalan Solis

16 COMMENTS

  1. Pak saya sudah tinggal di BCC hampir 4 tahun tp itu salah satu patung kujang di pintu masuk sebelah kiri kepalanya gak ada sampe anak saya kalau lewat selalu bertanya, saya juga udah pernah bilang sama team salesnya tp hingga sekarang blm juga diperbaiki, apakah manajemennya tahu gak yah ?? Atau gak peduli sayang merusak keindahan dan pemandangan semoga ada tindak lanjutnya.
    Terimakasih

    • Pak Harri..

      Iya tuh.. sudah lama juga tuh patung begitu.

      Coba nanti dijadiin bahan tulisan yah siapa tahu mereka baca

  2. saya dari soeta mauk ke icon hotel naik apa sebaiknya?

    • Kalau dari Soetta ke Bogor Icon di Bukit Cimanggu City mudah kok.

      Pakai saja Damri dari Soetta ke Bogor. Turunnya di Pool Damri sebelah Botani Square. Nah, dari situ bisa naik Trans Pakuan saja.. pasti lewat depan Bukit Cimanggu. Berhenti di Halte Bukit Cimanggu dan menyeberang saja.. jalan sedikit pasti sampai ke Bogor Icon.

      Kalau mau naik taxi atau ojeg juga bisa, cuma lumayan mahal sekitar 50 ribuan. Kalau naik Trans Pakuan sekitar 4500 sekarang

  3. maaf Pa anton turut membantu.

    benar kata pa anton untuk perumahan BCC lama mulai dari Masjid Besar BCC s.d Cluster bali & Taman Chryssan apabila hujan deras lebih dari 1 jam posisi air naik s.d jalan raya setinggi Kanstin jalan.

    pabila mau mencari yang bebas banjir dimulai dari Blok A s.d Blok N atau kalau mau safety ya di Kencana Residence (Blok BB, KB, KA, KD, KC) dan Greenland Residence (Blok AA, DD, EE, (Masih project FF, GG, HH, II, JJ)) view bagus Gunung salak rumah type besar.

    silahkan bu survey langsung, kalau yang namanya akses pasti ramai padat bahkan macet di jam tertentu.

    • Maaf sekedar infoKencana dan grend land emang bagus fiu nya tapi serem suka ada yg getayangan soal nya dulu bekas kuburan soal nya dulu ada sebagian kuburan yg ga di pindah cm di doser lsg di jadikan rumah sy Ralat untuk info banjir nya sy tinggal di bcc hujan dri malam.sampai pagi rumah sy tidak pernah banjir sampai saat ini posisi rumah sy depan nya x tuh dan rumah sy di blok S bersebelahan dengan blok T thanks

      • Ooh serem juga ya mas..

        Kebetulan saya di blok w5 dan mengalami sendiri. Kalau banjir saya sering jalan di depan blok t dan x.. air sampai sepinggang mas… jadi ga bisa diralat mas, kebetulan saya ngalamin sendiri sejak tinggal 11 tahun yang lalu daerah daerah yang saya sebut

        • soal hantu kagak usah dipirkan pak… kita kan lebih kuat dari hantu itu sendiri

  4. Di blok AA banjir tidak pak? Thanks

  5. Berarti BCC tdk bebas banjir ya, pak? Kalau boleh tanya, cluster apa yg nyaman dan bebas banjir? Berapa lama perjalanan dr BCC ke sekolah Regina Pacis? Terima kasih sebelumnya utk info bapak..

    • Disebut bebas banjir, tidak. Beberapa sektor terutama di cluster-cluster lama terendam. Kalau mau yang bebas genangan air berarti di bukaan baru sepertu Cluster Greenland atau Kencana Residence yang posisinya lebih tinggi dari bukaan lama.

      Kalau dari BCC ke Regina Pacis, akan tergantung jam berapa berangkat. Kalau antara jam 06.07.00 bisa lumayan sampai 45 menit-1 jam karena kemacetan di Jalan Soleh Iskandar, Kebon Pedes dan juga Sudirman. Biasanya, kalau dari BCC kebanyakan berangkat di bawah jam 6 supaya terhindar dari kemacetan ini. Kalau lancar sebenarnya 30 menit sudah cukup.

  6. Halo pak Anton..
    Saya mau tanya nih.. kalo hujan sebentar aja mengakibatkan jalan tergenang air di sepanjang jalan perumahan bcc apakah kalo hujannya lama menyebabkan banjir di perumahan tsb?
    Terus yg rawan banjir di bcc itu blok apa saja ya pak?
    Terimakasih banyak atas jawabannya pak Anton..
    Salam..

    • Di beberapa bagian, ya. Sekitar blok W, X, Y, R dan juga T beberapa kali mengalami genangan air yang cukup tinggi. Terutama di bagian yang berdekatan dengan sungai.

      Kalau curah hujan tinggi tidak jarang air memasuki rumah. Apalagi drainase di beberapa wilayah tidak lancar.

LEAVE A REPLY